5 Panduan Memilih TWS, Apa yang Harus Diperhatikan Biar Tak Salah Beli?

Sebelum kepincut berat sama TWS, periksa dulu beberapa hal biar tak menyesal di kemudian hari.

Cesar Uji Tawakal

Posted: Rabu, 14 Desember 2022 | 20:40 WIB
TWS Yamaha. (Gizmochina)

TWS Yamaha. (Gizmochina)

Hitekno.com - Headphone True Wireless atau TWS adalah yang terbaru dalam teknologi audio yang menakjubkan saat ini. Dari Apple Airpods hingga seri TaoTronics SoundLiberty, earbud True Wireless telah menjadi yang terdepan dalam teknologi audio saat ini. Saat kamu memakainya, kamu memiliki kebebasan penuh untuk bergerak: tidak ada kabel untuk menyambungkan earbud ke smartphone, atau bahkan ke satu sama lain.

Sudah banyak TWS yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Untuk itu ada beberapa tips untuk memilih TWS terbaik. Panduan memilih TWS ini bisa membantu kamu mempertimbangkan TWS apa yang cocok untuk kebutuhan kamu. Berikut panduan memilih TWS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Kualitas Suara

Baca Juga: Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko, Lengkap dengan Trik Nonton Gratis Pakai VPN

Tugas TWS adalah memberikan suara yang lebih baik, tetapi tidak semua earbud TWS berhasil dalam hal ini. Banyak komponen yang bertanggung jawab atas suara di TWS mana pun. Jika kamu pernah melihat spesifikasi earbud TWS, kamu pasti memperhatikan ukuran drivernya, yang juga ditonjolkan oleh merek tersebut.

Driver adalah komponen yang bertanggung jawab atas suara setiap earbud TWS. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran; semakin signifikan ukurannya, semakin baik kualitas suaranya. Saat ini, bahkan di earbud TWS murah, telah dilengkapi driver berukuran sekitar 13mm.

2. Kualitas Mikrofon

Baca Juga: Bikin Semrawut, Begini Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi di HP Android yang Tak Diperlukan

Menggunakan earbud TWS tidak hanya untuk mendengarkan lagu atau menonton film tetapi juga untuk menelepon, dan yang terpenting dalam hal ini adalah mikrofon. Saat ini, beberapa earbud TWS tersedia dengan mikrofon quad, di mana empat mikrofon telah diberikan di kedua earbud, memberimu pengalaman menelepon yang lebih baik.

3. Baterai & Pengisian

Earbud TWS biasanya memberi kamu masa pakai baterai sekitar 4 hingga 5 jam, tetapi dengan casing, kamu dapat memperpanjangnya hingga lebih dari 20 jam. Ingatlah bahwa TWS apa pun yang kamu beli menyediakan setidaknya 4 hingga 5 jam baterai dengan sekali pengisian daya dan dapat diisi setidaknya dua kali dengan wadah pengisi daya.

Baca Juga: Edisi Spesial, Bleach akan Tayang 1 Jam pada 26 Desember, Part 1 Kelar?

Jika kurang dari itu, hilangkan dari list TWS kamu. Akan lebih baik jika earbud TWS menyediakan konektivitas Type-C juga.

4. Konektivitas

Konektivitas earbud yang bagus akan mempertahankan koneksi tanpa gangguan ke smartphone. Mereka juga akan terhubung dan terputus dengan mulus setiap kali kamu menghidupkan atau mematikannya.

5. Noise Cancellation

Noise Cancellation adalah salah satu fitur yang paling dicari saat ini. Kamu dapat memeriksa perbedaan antara ANC dan ENC di sini, tetapi ketahuilah bahwa yang mungkin kamu cari saat memikirkan peredam bising adalah ANC. Sejumlah earbud memiliki ANC, tetapi ANC mungkin tidak selalu bagus.

Periksa ulasan untuk earbud yang kamu minati untuk mengetahui apakah ANC pada produk benar-benar bagus dalam meredam suara seperti kipas angin, angin, lalu lintas, dan lain-lain.

Itulah beberapa panduan memilih TWS yang bagus agar tidak salah pilih. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
Berita Terkini

Cek fitur apa saja yang ditawarkan POCO F6 ini....

gadget | 11:02 WIB

Lama dinantikan, apakah POCO F6 memberikan banyak peningkatan dibanding seri sebelumnya?...

gadget | 18:09 WIB

Ada beberapa fitur menarik dari Samsung Galaxy Tab S9 FE yang mendukung berbagai aktivitas mahasiswa....

gadget | 10:41 WIB

Butuh hardisk potabel dengan kapasitas besar? Cek WD My Passport 6TB....

gadget | 13:40 WIB

Berikut ini beberapa kelebihan POCO Pad yang harus diperhatikan....

gadget | 11:05 WIB