Kenali 5 Jenis Layar LED Lengkap dengan Perbedaanya: Mulai dari OLED hingga LTPO AMOLED

Ternyata ada beragam jenis layar, bahkan di kategori layar LED sendiri masih ada banyak jenisnya. Apa saja jenisnya dan bagaimana perbedaanya?

Cesar Uji Tawakal
Senin, 05 Desember 2022 | 17:01 WIB
Smartphone baru dengan layar AMOLED. (HiTekno.com)

Smartphone baru dengan layar AMOLED. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Layar pada smartphone menjadi salah satu spesifikasi yang penting untuk dipertimbangkan. Sekarang, orang menghabiskan banyak waktu di smartphone.

Hal pertama saat bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari adalah memeriksa smartphone. Orang-orang secara teratur memeriksa dan memperbarui media sosial sepanjang hari.

Karena smartphone adalah perangkat banyak digunakan, para vendor terus meningkatkan tampilan smartphone terutama pada layar untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

Baca Juga: Terdampar di Alaska, Fitur Emergency SOS Apple Selamatkan Pria Ini dari Kematian

Ukuran layar, resolusi, dan kerapatan piksel adalah fitur utama yang bertanggung jawab untuk menjalankan aktivitas dengan mudah, efektif, dan efisien.

Ada beberapa teknologi layar yang digunakan pada smartphone. Itu adalah OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, dan LTPO AMOLED.

Lantas apa perbedaan dari kelimanya? Dan mana yang paling baik? Berikut penjelasan perbedaan OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, dan LTPO AMOLED yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Cara Daftar Seleksi Bersama BUMN Online: Paling Telat 7 Desember, Ini Jadwal dan Syaratnya

Perbedaan OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, dan LTPO AMOLED

1. OLED

OLED singkatan dari Natural Light-Emitting Diode, sejenis teknik LED yang memanfaatkan LED dimana cahayanya adalah molekul organik yang menyebabkan LED bersinar lebih terang.

Baca Juga: Cara Memperkecil Ukuran File PDF untuk Daftar BUMN, Simak Trik Simpelnya

LED organik ini digunakan untuk membuat apa yang dianggap sebagai panel tampilan terbaik di dunia. Saat membuat layar OLED, diletakkan film organik di antara dua konduktor untuk membuatnya.

Hasilnya, cahaya terang keluar saat listrik digunakan. OLED dapat digunakan untuk membuat tampilan memancarkan, yang berarti bahwa setiap piksel dapat dikontrol dan memancarkan cahayanya sendiri.

Hasilnya, layar OLED memiliki kualitas gambar yang sangat baik. Mereka memiliki warna-warna cerah, gerakan cepat, dan yang paling penting, kontras yang sangat tinggi. Desain OLED yang sederhana juga memudahkan pembuatan tampilan fleksibel yang dapat ditekuk dan bergerak.

2. AMOLED

AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diodes dan merupakan jenis teknologi layar OLED.

Layar AMOLED memberikan kualitas foto yang superior, reproduksi warna yang intens, dan mengkonsumsi lebih sedikit daya, menjadikannya pilihan terbaik untuk smartphone generasi berikutnya.

Bagian OLED dan AMOLED berarti layar menggunakan jutaan LED mikroskopis (lampu kecil) untuk mendefinisikan ulang warna yang kamu lihat di layar.

Layar AMOLED dapat menerangi piksel individu yang menawarkan warna realistis yang sensasional dan tingkat kejernihan warna yang luar biasa.

3. Super AMOLED

Layar AMOLED generasi pertama memiliki fungsi layar sentuh yang berada sebagai lapisan terpisah di atas layar AMOLED. Sebaliknya, tampilan Super AMOLED adalah versi yang lebih canggih yang menyematkan layar sentuh langsung ke layar.

Tampilan Super AMOLED dirancang dengan keuntungan dari rasio kontras 100.000:1 yang mengesankan memberikan pengalaman menonton yang luar biasa, tampilan yang lebih hidup, layar yang responsif, dan desain yang lebih tipis.

Layar Super AMOLED akan secara otomatis beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda untuk secara konsisten memberikan kualitas gambar yang luar biasa, baik saat kamu menjelajahi web, memainkan game favorit, atau streaming boxset terbaru.

4. Dynamic AMOLED

Layar Dynamic AMOLED adalah generasi berikutnya dari teknologi layar smartphone Super AMOLED yang dibangun di atas kesuksesan Super AMOLED. Dynamic AMOLED pertama kali dirilis pada tahun 2019.

Dynamic AMOLED adalah layar Super AMOLED dengan tambahan sertifikasi HDR10+ untuk kecerahan, warna, dan kontras yang lebih baik.

Layar Dynamic AMOLED disertifikasi oleh VDE Jerman untuk 100% Volume Warna Seluler dalam rentang warna DCI-P3 memastikan bahwa kamu akan selalu mengalami warna yang hidup terlepas dari tingkat kecerahan yang berbeda.

Cahaya biru berbahaya yang dipancarkan dari layar juga semakin berkurang dengan layar Dynamic AMOLED, membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan kualitas tidur malam.

5. LTPO AMOLED

LTPO adalah singkatan dari polikristalin oksida suhu rendah. LTPO adalah teknologi backplane untuk tampilan OLED yang memungkinkan tampilan mengubah kecepatan refresh secara dinamis tergantung pada berbagai kondisi. Kondisi, dalam hal ini, merujuk pada apa yang dilakukan pengguna.

Misalnya, jika kamu memainkan game yang sangat intensif seperti Call of Duty Mobile, layar kamu harus mengikuti gerakan yang cepat.

Tampilan LTPO akan menaikkan kecepatan refresh untuk memenuhi kebutuhan kamu. Saat kamu berhenti bermain game dan mulai melakukan hal-hal biasa seperti membuka media sosial, kamu tidak memerlukan kecepatan refresh yang lebih tinggi.

Oleh karena itu tampilan akan mengurangi kecepatan refresh. Teknologi LTPO sudah menjadi norma untuk smartphone kelas flagship. OnePlus 9 Pro dan Samsung Galaxy S21 Ultra adalah beberapa smartphone pertama dengan teknologi ini. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Mulai banyak dilirik, intip dulu daftar harga dan spesifikasi HP Infinix di bulan Februari 2023.
gadget | 18:16 WIB
Ingin beli HP Tecno? Intip dulu harga jualnya, sembari mencari info sebelum memutuskan untuk beli.
gadget | 17:40 WIB
Apple kemungkinan akan sangat terbuka untuk seri ultra di iPhone baru yang akan rilis di tahun 2024 mendatang.
gadget | 17:35 WIB
Ingin beli iPhone tapi tak punya cukup uang? Apple sedang siapkan solusinya.
gadget | 16:30 WIB
Ikuti dan gunakan salah satu cara freeze danunfreeze kolom atau baris di Google Sheet ini.
gadget | 16:23 WIB
Dengan spesifikasi Oppo Reno8 T yang ditawarkan, apakah sesuai dengan harga yang diberikan?
gadget | 16:10 WIB
Realme Narzo 50A membawa RAM 4 GB dan memori internal 128 GB.
gadget | 16:06 WIB
Oppo Find N2 membawa spesifikasi menarik di kelas premium.
gadget | 15:43 WIB
Rumor menyebutkan bahwa ponsel V-series ini akan dibekali spesifikasi yang mirip dengan Vivo S16.
gadget | 14:19 WIB
Pembukaan kantor baru Nokia Indonesia di Jakarta ini menjadi capaian penting bagi pertumbuhan Nokia di Indonesia.
gadget | 12:22 WIB
Pangsa pasar Chromebook global turun hingga 48 persen.
gadget | 11:54 WIB
Pengiriman tablet menyentuh 162,8 juta unit pada 2022.
gadget | 09:40 WIB
Perangkat yang diyakini sebagai Vivo V27 ini mengusung Android 13 dan chipset anyar.
gadget | 08:46 WIB
Spesifikasi POCO X5 sangat mumpuni untuk melibas banyak game populer kekinian.
gadget | 08:18 WIB
Jumlah karyawan yang kena PHK massal ini setara 5 persen dari total karyawan Dell secara global.
gadget | 08:17 WIB
Jauh melebihi Samsung dan Vivo, Oppo menguasai pangsa pasar HP di Indonesia pada Q4 2022.
gadget | 08:01 WIB
Absennya Exynos 2300 memicu spekulasi tamatnya chipset flagship Samsung, tapi tampaknya isu tersebut terbantahkan.
gadget | 21:50 WIB
HP Poco seri X dan F akal kebagian MIUI 14 lebih dulu, tipe apa saja?
gadget | 21:42 WIB
Tampilkan lebih banyak