Mengenal Gurita Industri Smartphone BBK Electronics, Lengkap dengan Silsilah Merek

Bukan Samsung atau iPhone, rupanya industri ponsel dikuasai oleh BBK Electronics, main keroyokan pakai brand Oppo, Vivo, OnePlus dan realMe

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 01 Desember 2022 | 21:25 WIB
Spesifikasi Realme 10 Pro Plus. (Realme China)

Spesifikasi Realme 10 Pro Plus. (Realme China)

Hitekno.com - Pasar smartphone memiliki beberapa pemain utama saat ini, di luar merek yang sudah dikenal seperti Apple dan Samsung. Huawei mencoba mengukuhkan dirinya sebagai merek terbesar kedua, berhasil masuk ke pasar Asia dan Eropa. Tetapi posisinya terancam karena larangan Huawei dari pasar dan teknologi AS.

Sekarang, BBK Electronics sedang melaju di depan persaingan, bahkan menantang goliat pasar seperti Samsung dan Apple. BBK adalah perusahaan multinasional Cina. Perusahaan tersebut memiliki sejumlah merek populer di berbagai pasar elektronik konsumen, termasuk headphone, pemutar Blu-Ray, dan smartphone.

BBK Electronics juga mengawasi sejumlah merek smartphone, seperti Oppo, Vivo, Realme, dan OnePlus. Penasaran siapa BBK Electronics? Berikut penjelasan mengenai BBK Electronics yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Situs Game Online Web Gratis, Cocok untuk Orang Senggang

Kamera Oppo Reno 9 Pro Plus. (Oppo China)
Kamera Oppo Reno 9 Pro Plus. (Oppo China)

Siapa BBK Electronics?

BBK Electronics telah beroperasi di berbagai bagian industri elektronik China sejak tahun 1990-an. Duan Yongping, seorang miliarder yang mempelopori perusahaan ini. Setelah berhasil menghasilkan lebih dari 1 miliar Yuan dari konsol game "Subor", pesaing Nintendo, Duan meninggalkan posisinya menjalankan pabrik China pada tahun 1995.

Dia kemudian memulai perusahaan Bubugao, yang akhirnya menjadi BBK. Perusahaan kini memiliki pabrik yang tersebar di lahan seluas 10 hektar dan lebih dari 17.000 karyawan. BBK Electronics dimulai dengan memproduksi berbagai pemutar CD, MP3, dan DVD, bersama dengan peralatan rumah tangga lainnya. Ini muncul di bawah berbagai merk global.

Baca Juga: Kumpulan Foto Profil WA Keren Lengkap dengan Link Download, Cari Tahu di Sini

Silsilah Merek Smartphone BKK Electronics

Vivo V25e. (Vivo Indonesia)
Vivo V25e. (Vivo Indonesia)

Pada tahun 2004 Duan mendirikan Oppo dengan CEO Tony Chen. Oppo membangun pengalaman Duan di pasar video dengan menjual pemutar DVD dan Blu-ray, sebelum pindah ke pasar smartphone. Vivo adalah anak perusahaan BBK besar pertama. Didirikan oleh Duan dan CEO Vivo Shen Wei pada tahun 2009.

Smartphone Vivo pertama muncul pada tahun 2011 dengan fokus pada faktor bentuk ultra-tipis, sambil mengandalkan dukungan selebriti untuk memanfaatkan iklan smartphone tersebut. Bisnis inti Vivo adalah mid-ranger yang penuh fitur, tetapi menjadi berita utama dengan HP konsep eksperimental Apex dan seri Nex.

Baca Juga: MPL Indonesia Buka Suara Atas Kasus Fearless, Siap Beri Penalti

Tampilan layar OnePlus 8. (WinFuture)
Tampilan layar OnePlus 8. (WinFuture)

Hari ini, Vivo paling terkenal dengan handset seri X dan Y-nya. Realme adalah spin-off Oppo yang serupa tetapi jauh lebih baru. Didirikan oleh Sky Li, sebelumnya adalah Wakil Presiden Oppo Electronics, pada 4 Mei 2018. Merek ini awalnya muncul di China sebagai Oppo Real pada tahun 2010 sebelum melakukan rebranding dan memasuki serangkaian pasar baru, termasuk Eropa dan India, pada tahun 2018 dan 2019.

HP Realme memadukan teknologi mutakhir dengan label harga yang terjangkau. Itu bahkan berhasil merebut penghargaan Best of Android 2019. Duan juga tidak mendirikan OnePlus, merek BBK yang mungkin paling dikenal oleh pelanggan Barat. Sebagai gantinya, mantan wakil presiden Oppo Pete Lau dan salah satu pendiri Carl Pei mendirikan perusahaan pada tahun 2013.

Realme 10 Pro Plus. (Realme China)
Realme 10 Pro Plus. (Realme China)

Meskipun OnePlus memiliki profil global tertinggi dari merek BBK mana pun, OnePlus masih merupakan anak perusahaan Oppo, menjadikannya anak perusahaan dari perusahaan induk BBK. OnePlus juga bisa dibilang merek paling premium dari kelompok itu. Namun, dibutuhkan pendekatan berbeda untuk model bisnis berbasis ritel Oppo dan Vivo.

OnePlus menargetkan penjualan online melalui platform seperti Amazon, yang telah membantu BBK memasuki pasar Eropa dan AS. BBK Electronics tidak puas hanya dengan memimpin di China. Merek gabungan perusahaan telah mengalahkan Xiaomi di India, yang tetap menjadi pusat pertumbuhan utama.

Ilustrasi logo iQOO pada iQOO 9T 5G. (iQOO)
Ilustrasi logo iQOO pada iQOO 9T 5G. (iQOO)

Sementara itu, Realme dan OnePlus memperluas cakrawala perusahaan di luar Asia. BBK juga meluncurkan merek lain bernama iQoo beberapa tahun lalu. Sub-merek smartphone ini memanfaatkan pengalaman dalam mainan elektronik pendidikan anak-anak untuk menciptakan handset pendidikan pertama di dunia.

BBK telah berhasil menyesuaikan produknya agar sesuai dengan berbagai segmen pasar dengan menyebarkan dirinya ke berbagai merek. Strategi tersebut telah membuahkan hasil di China dan dengan cepat berkembang di seluruh India, dan sekarang juga di beberapa bagian Eropa.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Jumlah karyawan yang kena PHK massal ini setara 5 persen dari total karyawan Dell secara global.
gadget | 08:17 WIB
Jauh melebihi Samsung dan Vivo, Oppo menguasai pangsa pasar HP di Indonesia pada Q4 2022.
gadget | 08:01 WIB
Absennya Exynos 2300 memicu spekulasi tamatnya chipset flagship Samsung, tapi tampaknya isu tersebut terbantahkan.
gadget | 21:50 WIB
HP Poco seri X dan F akal kebagian MIUI 14 lebih dulu, tipe apa saja?
gadget | 21:42 WIB
Ridley Scott ingin bikin film pakai kamera dari ponsel flaghsip Samsung Galaxy S23 Ultra.
gadget | 20:00 WIB
Dengan ukuran sistem operasi sebesar itu, pengguna ponsel bermemori 128 GB tentu bakal cepat kehabisan ruang untuk aplikasi.
gadget | 17:16 WIB
Lebih dekat dengan sederet fitur baru status WhatsApp yang akan dihadirkan. Lebih Seru!
gadget | 15:19 WIB
Seberapa ciamik calon penerus Nothing Phone 1 ini? Berikut bocorannya.
gadget | 14:53 WIB
Chipset jempolan ini sudah ada tapi di Indonesia, dan POCO X5 Pro tentu bakal harus meladeni perlawanan alot dari kompetitor.
gadget | 14:46 WIB
POCO X5 diklaim bisa melibas game populer seperti MLBB, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact.
gadget | 11:32 WIB
Realme GT Neo 5 akan membawa fast charging 240 W.
gadget | 09:04 WIB
Spesifikasi POCO X5 Pro sangat menarik di kelas menengah.
gadget | 08:36 WIB
Mirip tapi beda, ini yang perlu kamu tahu tentang perbedaan prosesor dengan chipset.
gadget | 19:07 WIB
Setelah lakukan PHK massal, Meta ingin berforkus untuk kembali meraih keuntungan.
gadget | 18:00 WIB
Anjloknya penjualan smartphone telah berdampak pada banyak produsen dan mitra mereka.
gadget | 17:42 WIB
Pixel kemungkinan bakal menjadi HP pertama dengan Android 14.
gadget | 16:38 WIB
Gempa Turki ini sempat memancing alarm peringatan tsunami di pesisir Eropa.
gadget | 15:10 WIB
Apple mengirimkan 22.5 juta unit pada Q4 2022.
gadget | 14:32 WIB
Tampilkan lebih banyak