PeduliLindungi Lenyap dari Gojek dan Grab, Coba Cek

Coba cek di aplikasi Gojek dan Grab kamu, apakah masih ada scan PeduliLindungi.

Agung Pratnyawan
Senin, 26 September 2022 | 17:46 WIB
Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

Hitekno.com - Pemerintah menghadirkan aplikasi PeduliLindungi untuk pelacakan penyebaran Covid-19. Tidak hanya tersedia sebagai aplikasi sendiri, layanan PeduliLindungi ini juga ditemukan dalam aplikasi populer seperti Gojek dan Grab.

Tidak hanya Gojek dan Grab, layanan scan PeduliLindungi tersedia juga di aplikasi populer lain seperti Tokopedia, Shopee dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: - Cara Beli Minyak Goreng Pakai Aplikasi PeduliLindungi, Lengkap Langkahnya - Sempat Hilang, Akhirnya Aplikasi PeduliLindungi Kembali ke Apple App Store - Aplikasi PeduliLindungi Lenyap dari Apple App Store, Kominfo Tengah Koordinasi dengan Kemenkes - Aplikasi PeduliLindungi Mendadak Lenyap dari Apple App Store, Jadi Sorotan Netizen

Namun apakah kamu menyadari kalau fitur scan PeduliLindungi telah menghilang dari aplikasi populer seperti Gojek dan Grab tersebut.

Berdasarkan pantauan HiTekno.com, hari ini Senin (26/9/2022), fitur scan PeduliLindungi yang biasanya dipakai untuk check-in di tempat publik kini tak lagi tersedia di beberapa platform populer tersebut.

Himmatul Ulya (26), seorang pegawai swasta asal Jakarta menyadari kalau fitur scan PeduliLindungi itu memang sudah hilang dari beberapa platform sejak tiga minggu lalu.

Ia menyampaikan kalau biasanya melakukan scan PeduliLindungi menggunakan aplikasi Gojek yang terinstal di perangkat miliknya.

"Oh iya di Gojek sudah enggak ada. Dulu biasanya sih memang pakai Gojek, tetapi sekarang ya pakai aplikasi PeduliLindungi," cerita Ulya pada Senin (26/9/2022).

Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)
Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

Ia mengatakan kalau hilangnya fitur scan QR PeduliLindungi dari Gojek membuatnya harus menginstal aplikasi PeduliLindungi. Tapi dirinya menyebut kalau itu justru membuat aplikasi terlalu banyak di smartphone miliknya.

"Kalau fungsinya sama ya kenapa harus ribet pakai aplikasi terpisah. Kan bisa saja digabung seperti aplikasi JKN (milik BPJS Kesehatan: red)," keluh dia.

Ulya mengakui kalau aplikasi PeduliLindungi kerap kali eror dan lag. Dirinya sering kali mendapati aplikasi PeduliLindungi tiba-tiba meminta pembaruan ketika mau scan QR ke suatu tempat.

"Dan kalau tak diperbarui ya enggak bisa dipakai. Tapi pas diperbarui kadang enggak langsung bisa scan juga. Sebab dari aplikasi enggak bisa baca barcode-nya," tuturnya.

PeduliLindungi Terhubung ke Aplikasi Lain

Terhubungnya fitur scan QR code PeduliLindungi ke aplikasi lain pertama kali diumumkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada tahun 2021 lalu. Saat itu fitur sudah tersedia ke lebih dari 50 aplikasi mitra yang dihadirkan secara bertahap.

Melansir laman covid-19.go.id, aplikasi yang menjadi mitra PeduliLindungi di antaranya termasuk Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, Dana, Living Mandiri, Cinema XXI, Link Aja, Goers, Jaki, Shopee, BNI Mobile, Loket.com, dan Mcash.

"Dalam melakukan integrasi QR Code, sistem keamanan data PeduliLindungi terus ditingkatkan. Tidak ada data pribadi yang disimpan dalam aplikasi mitra, sistem integrasi PeduliLindungi hanya memberikan kode informasi untuk kategori warna," kata Kemenkes pada 9 Oktober 2021 lalu.

Apakah kamu sudah cek layanan scan PeduliLindungi sudah tidak lagi tersedia di aplikasi populer seperti Gojek dan Grab? Atau kamu memang memakai aplikasi PeduliLindungi utama untuk scan QR check in di tempat publik? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait

TERKINI

Sejauh ini, program tersebut hanya menjangkau beberapa tipe ponsel tertentu.
gadget | 21:59 WIB
Gorilla Glass Victus 2 diklaim jauh lebih tahan banting, betulkah?
gadget | 21:42 WIB
Berikut adalah cara membuat Instafest Spotify.
gadget | 20:43 WIB
Samsung Galaxy M04 diharapkan mempunyai banderol harga terjangkau.
gadget | 20:33 WIB
Berikut adalah link lengkap piala dunia 2022 grup C lengkap, berikut dengan jadwalnya!
gadget | 19:53 WIB
Akankah salah satu dari dua tim ini mampu lolos ke fase selanjutnya?
gadget | 19:10 WIB
Berikut adalah jadwal pertandingan plus link live streaming antara Polandia vs Argentina.
gadget | 19:00 WIB
Manfaatkan cara unreg kartu SIM ini, sesuaikan dengan operator seluler yang kamu gunakan.
gadget | 16:04 WIB
Setelah ditelusuri, HP yang digunakan oleh Tara Basro tidak lain adalah Oppo Find X3 Pro.
gadget | 15:53 WIB
Seperti apa fitur barunya? Simak di sini!
gadget | 14:59 WIB
Vivo Y35 5G mempunyai spesifikasi chipset dan kamera yang berbeda dari versi 4G.
gadget | 12:35 WIB
Manfaatkan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Australia vs Denmark untuk menyaksikan laga panas tersebut.
gadget | 12:15 WIB
Manfaatkan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Tunisia vs Prancis legal ini.
gadget | 12:01 WIB
Apa yang akan terjadi pada MIUI 13 setelah MIUI 14 resmi rilis?
gadget | 10:34 WIB
Maintenance Mode dapat mengurangi kecemasan pengguna yang timbul ketika memberikan perangkat pribadi kepada orang lain untuk perbaikan.
gadget | 21:58 WIB
Oppo Find X6 Pro bakal mengusung chipset kelas atas Qualcomm.
gadget | 21:18 WIB
Samsung Galaxy A14 5G diharapkan bakal dibanderol terjangkau.
gadget | 18:12 WIB
Berikut adalah dua link pertandingan penyisihan grup B di Kamis (30/11/2022) dini hari pukul 02.00 WIB.
gadget | 17:25 WIB
Tampilkan lebih banyak