Gadget

Sempat Hilang, Akhirnya Aplikasi PeduliLindungi Kembali ke Apple App Store

Pengguna iOS sudah bisa mengunduh kembali Aplikasi PeduliLindungi di Apple App Store.

Agung Pratnyawan

Aplikasi PeduliLindungi. (PeduliLindungi)
Aplikasi PeduliLindungi. (PeduliLindungi)

Hitekno.com - Aplikasi PeduliLindungi akhirnya kembali bisa didapatkan di Apple App Store. Setelah sebelumnya sempat menghilang dari toko aplikasi untuk perangkat iOS tersebut.

Dengan kembalinya aplikasi ini ke Apple App Sotre, pengguna iPhone kini bisa mengunduh kembali PeduliLindungi ke perangkat mereka.

Berdasarkan laporan dari Suara.com di App Store, Rabu (23/2/2022), kata kunci PeduliLindungi sudah bisa dicari di kolom pencarian.

Aplikasi PeduliLindungi ini juga sudah langsung tampil dan bisa diunduh dari sana.

Sebelumnya aplikasi PeduliLindungi hilang dari App Store dan dikeluhkan beberapa pengguna di Twitter.

Hilangnya PeduliLindungi disebabkan karena perubahan status aplikasi di Apple App Store.

"Perlu kami informasikan bahwa sedang terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store sehingga PeduliLindungi tidak muncul melalui kolom pencarian," kata Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi, saat dikonfirmasi Suara.com beberapa waktu lalu.

Langkah pertama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi. (HiTekno.com)
Langkah pertama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi. (HiTekno.com)

Sekadar informasi, PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

"Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan," dikutip HiTekno.com dari situs resmi PeduliLindungi.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Buat pengguna pengguna iPhone, kini bisa mendapatkan Aplikasi PeduliLindungi langsung dari Apple App Store. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait