Gadget

Samsung Digugat oleh Pelanggan yang Kecewa, Ketahanan HP Jenis Ini Jadi Sorotan

Samsung digugat karena banyak pelanggan kecewa pada ketahanan salah satu produk HP, tipe apa?

Cesar Uji Tawakal

Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Flip. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung bisa berakhir sebagai terdakwa dalam gugatan yang sedang direnungkan di Polandia oleh beberapa konsumen di negara itu yang membeli ponsel dalam seri Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip.

Dilansir dari Phone Arena, sebanyak 1.100 dari pelanggan yang tidak senang ini telah memposting keluhan mereka di Facebook.

Pelanggan Galaxy Z Fold and Flip di Polandia telah mengeluh tentang kerusakan lapisan pelindung layar.

Salah satu masalah utama yang dialami pelanggan ini adalah kerusakan film pelindung di atas layar yang dapat dilipat.

Kerusakan pelindung ini dapat terjadi seiring waktu. Masalah kedua, yang sebagian besar terkait dengan yang pertama, adalah bahwa pusat perbaikan Samsung di negara itu tidak ingin memperbaiki masalah dengan film pelindung kecuali ditekan untuk melakukannya melalui posting media sosial.

Laporan tersebut mencatat bahwa di Belanda, masalah serupa telah terjadi dengan unit Galaxy Z Fold dan Flip.

Dan jika Anda dapat menemukan pusat perbaikan Samsung yang bersedia memperbaiki perangkat Anda, mungkin perlu waktu berhari-hari untuk perbaikan dilakukan.

Penampakan Samsung Galaxy Z Flip. (WinFuture)
Penampakan Samsung Galaxy Z Flip. (WinFuture)

Selain itu, Samsung tidak akan menawarkan perangkat pengganti pinjaman sehingga pengguna bakal kerepotan jika satu-satunya ponsel yang ia miliki sedang diperbaiki di negara itu.

Masih belum usai, laporan dari media tersebut juga menyebutkan bahwa Anda juga harus menghapus data dari  ponsel lipat ini sebelum diperbaiki oleh Samsung. Yang mana itu menjadi masalah tersendiri.

Samsung mengatakan bahwa di Polandia, jika film pelindung mulai terlepas dari layar yang dapat dilipat atau rusak, "kami meminta pelanggan untuk segera pergi ke salah satu pusat layanan resmi kami dan menggantinya secara gratis di bawah dan selama masa garansi."

Tapi ini tidak selalu terjadi karena beberapa pemilik Galaxy Z Fold dan Flip telah ditolak untuk perbaikan gratis.

Bagian dari masalahnya adalah bahwa pembeli HP Samsung Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip mengalami kerusakan gawai setelah garansi habis membuat mereka terpaksa meninggalkan ponsel mahal ini.

Masalah utama lainnya adalah daya tahan. Pemilik Galaxy Z Fold dan Flip yang tidak beruntung di Polandia, mereka harus memutuskan apakah akan melanjutkan dengan gugatan atau tidak.

Ini dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan dan seringkali jumlah ganti rugi yang dibayarkan kepada setiap penggugat hanya sedikit.

Berita Terkait