Gadget

Sudah Bisa Diunduh di iPhone, iOS 16 Bawa Deretan Fitur Baru Ini

Simak dulu ulasan mengenai deretan fitur baru iOS 16 yang dirangkum tim HiTekno.

Amelia Prisilia

iOS 16. (Apple)
iOS 16. (Apple)

Hitekno.com - Setelah secara resmi diperkenalkan di awal September 2022 lalu, akhirnya iOS 16 rilis di iPhone. Bisa diunduh di software update perangkat masing-masing, iOS 16 dilaporkan membawa sejumlah fitur baru yang memanjakan pengguna.

Menggantikan iOS 15 yang dikenalkan di tahun 2021 lalu, iOS 16 dijanjikan membawa berbagai peningkatan jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya.

iOS 16 kini sudah bisa diunduh secara gratis di iPhone 8 Series, iPhone X Series, iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone 13 Series hingga iPhone SE.

Sebelum melakukan proses unduh untuk iOS 16, pengguna iPhone diminta untuk melakukan proses install untuk iOS 15.7. Usai proses ini selesai, pengguna bisa langsung mengunduh iOS 16 yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menawarkan kinerja yang lebih baik dari iOS 15 yang rilis sebelumnya, simak dulu ulasan mengenai deretan fitur baru iOS 16 yang dirangkum tim HiTekno.

1. Lock Screen

Fitur baru pada Lock Screen di iOS 16. (Apple)
Fitur baru pada Lock Screen di iOS 16. (Apple)

Yang paling berubah di iOS 16 adalah tampilan lock screen. Ala Android, kini pengguna iPhone bisa mengubah font dan warna lock screen sesuai dengan keinginan. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menambahkan widget pada lock screen perangkat.

2. Bar Notifikasi

Perubahan lainnya disematkan oleh Apple pada bar notifikasi. Tidak lagi menumpuk layaknya iOS 15 dan sebelumnya, kini notifikasi di iPhone dibuat berada di bagian bawah layar sehingga memberi kesan yang lebih luas.

3. Fitur baru di iMessage

Ilustrasi iOS 16. (Apple)
Ilustrasi iOS 16. (Apple)

Kini pengguna iPhone juga bisa melakukan edit atu unsend untuk pesan-pesan yang dikirimkan di iMessage. Pengirim dan penerima pesan nantinya akan menerima notifikasi terkait pesan yang diedit atau di-unsend.

4. Perubahan besar di Maps

Lebih memudahkan penggunanya, kini Apple juga menghadirkan sejumlah fitur baru di Maps yang bisa memberi informasi mengenai kendaraan yang digunakan.

5. Kehadiran Safety Check

Tidak hanya itu, Apple juga menyematkan fitur Safety Check di iOS 16. Fitur ini dapat digunakan saat pengguna mengalami tindakan kekerasan yang berbahaya.

Selain 5 fitur baru yang meluncur bersamaan dengan iOS 16 di atas, sistem operasi anyar dari Apple yang hadir di perangkat iPhone ini juga membawa sejumlah keunggulan lainnya.

Berita Terkait