Gadget

Lagi Ramai Isu Naiknya BBM, Google Maps akan Sediakan Fitur Pencarian Rute Hemat Bensin

Walau bensin mahal, setidaknya orang-orang bakal bisa mencari rute perjalanan hemat BBM.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Mika Baumeister)
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ Mika Baumeister)

Hitekno.com - Google memperluas mode pencarian rute ramah lingkungan di aplikasi Maps, meluncurkan fitur ini di lusinan negara Eropa dan membuatnya lebih kuat dengan memungkinkan Anda memilih jenis bahan bakar yang digunakan mobil Anda.

Dilansir dari The Verge, fitur ini, yang awalnya diluncurkan di AS dan Kanada tahun lalu, akan menyoroti rute yang menggunakan lebih hemat BBM atau listrik jika mereka memiliki ETA (estimasi waktu sampai di lokasi) yang mirip dengan rute alternatif lainnya.

Google mengatakan bahwa mulai hari ini, diluncurkan untuk pengguna di hampir 40 negara-negara Eropa, termasuk Prancis, Irlandia, Polandia, Spanyol, dan Inggris.

Sebagai informasi, fitur ini sudah diperkenalkan di Jerman bulan lalu.

Google juga menambahkan kemampuan untuk memberi tahu Maps jika mobil Anda memiliki powertrain diesel, gas, hybrid, atau listrik, sehingga dapat menemukan rute paling efisien untuk jenis kendaraan spesifik yang dipakai dan memberikan perkiraan yang lebih akurat tentang seberapa jauh lebih efisien rute ramah lingkungan itu.

Google Maps/Unsplash
Google Maps/Unsplash

Sistem ini dibangun berdasarkan informasi yang diambil dari National Renewable Energy Laboratory (NREL) Departemen Energi AS dan Badan Lingkungan Eropa, dikombinasikan dengan google maps yang mendorong tren untuk melatih model pembelajaran mesin berdasarkan mesin paling populer di wilayah tertentu.

Fitur ini memungkinkan orang-orang dengan kendaraan bertenaga diesel akan diarahkan di sepanjang jalan bebas hambatan berkecepatan tinggi, di mana mesin mereka akan paling efisien, sedangkan seseorang dengan kendaraan hibrida atau listrik mungkin mendapatkan saran termasuk jalan permukaan di mana mereka dapat mengambil keuntungan yang lebih baik dari pengereman regeneratif.

Berita Terkait