Gadget

Apple Ingin Hapus Slot Kartu SIM di iPhone 14, Apa Gantinya?

Apakah Apple hendak mendorong penggunaan eSIM dibandingkan kartu SIM pada iPhone baru mendatang.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi kartu SIM. (Pixabay)
Ilustrasi kartu SIM. (Pixabay)

Hitekno.com - Jelang peluncuran iPhone baru, Apple dilaporkan berniat untuk menghapus keberadaan slot kartu SIM pada iPhone 14 mendatang. Lalu apa yang menjadi pengganti slot tersebut?

Diwartakan Suara.com, Apple secara internal telah membahas gagasan untuk meluncurkan model iPhone baru tanpa slot kartu SIM.

Kabar ini digaungkan oleh Gurman dari Bloomberg dilansir laman Macrumors, Selasa (6/9/2022) yang menyebutkan kalau rencana tersebut akan digunakan pada iPhone 14.

Melalui buletin Power On terbarunya, Gurman mengatakan, langkah itu akan menjadi bagian dari dorongan Apple menuju penggunaan eSIM.

Gurman mengatakan, slot kartu SIM dapat dilepas pada beberapa model iPhone 14, yang diperkirakan akan diumumkan Apple hanya dalam hitungan hari dari sekarang, meskipun dia mengatakan ada kemungkinan perubahan itu tidak akan terjadi hingga iPhone 15 tahun depan.

Rencana penghapusan slot kartu SIM oleh Apple, sebelumnya telah dikabarkan beberapa kali.

"Apple akan memberikan eSIM dorongan yang lebih besar kali ini, dengan operator bersiap mengarahkan pengguna ke kartu SIM digital yang disematkan daripada yang fisik," tulis Gurman dalam buletinnya.

Ilustrasi Slot Kartu SIM. [Tomek/Pixabay]
Ilustrasi Slot Kartu SIM. [Tomek/Pixabay]

Faktanya, dia menambahkan, Apple telah mempertimbangkan untuk menghapus slot kartu SIM fisik mulai tahun ini atau tahun depan untuk beberapa model.

eSIM adalah SIM digital yang memungkinkan pengguna mengaktifkan paket seluler tanpa harus menggunakan kartu nano-SIM fisik.

Ketersediaan eSIM berkembang pesat, tetapi teknologinya masih belum tersedia di semua negara, sehingga beberapa model iPhone dengan slot kartu SIM mungkin tetap tersedia setidaknya selama beberapa tahun di tengah transisi.

Model iPhone 13 yang dijual di Apple Store dan di Apple.com sudah tidak memiliki kartu nano-SIM di dalam kotak, dengan pengguna biasanya dapat mengaktifkan paket seluler melalui eSIM dengan menyalakan iPhone, menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, dan mengikuti petunjuk di layar.

Penghapusan slot kartu SIM dapat membantu untuk lebih meningkatkan ketahanan air iPhone dan mungkin membebaskan sedikit ruang di dalam perangkat.

Apple diperkirakan akan mengumumkan jajaran iPhone 14 dalam acara khusus di Steve Jobs Theatre pada Rabu (7/9/2022) waktu setempat.

Produk lain yang diharapkan akan diumumkan termasuk model Apple Watch Series 8, Apple Watch SE baru, Apple Watch Pro, dan AirPods Pro baru.

Itulah laporan terkini yang menyebutkan rencana Apple untuk menghapus slot kartu SIM pada iPhone 14. Kita tunggu saja kebenarannya saat iPhone baru tersebut resmi dikenalkan. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait