Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Duel Tablet Murah

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite, pilih mana?

Agung Pratnyawan
Senin, 29 Agustus 2022 | 15:43 WIB
Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (HiTekno.com)

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Ada beberapa tablet dengan harga terjangkau yang sudah meluncur di Tanah Air. Termasuk ada Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite, dua tablet murah yang memiliki spesifikasi lebih.

Realme Pad Mini WIFI dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite hadir meramaikan pasar gadget di Indonesia di segmen tablet. Keduanya menyasar segmen pasar entry level.

Realme Pad Mini WIFI merupakan produk tablet pertama dari Realme. Sedangkan Samsung sudah lebih dulu mengisi pasar tablet dengan berbagai seri, termasuk Galaxy Tab A series.

Baca Juga: Battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20, Duel Tablet Murah

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite jika dilihat dari segi harga, Samsung Galaxy Tab A7 Lite menawarkan harga lebih terjangkau. Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang menyasar pada kalangan muda. Dengan mengusung desain stylish dan nyaman digenggam.

Secara desain, Realme Pad Mini WIFI tampak cukup sederhana. Realme Pad Mini WIFI masih memiliki dengan bezel tebal.  Kamera depannya pun diletakkan di bagian bezel, bukan lubang layar. Punggungnya dihias dengan modul kamera berbentuk persegi yang menampung kamera tunggal.

Realme Pad Mini WIFI, tersedia dalam warna biru dan abu-abu. Sementara Galaxy Tab A7 Lite sebagai tablet murah yang tampil sederhana dan stylish. Bodinya terbuat dari bahan aluminum metal sehingga lebih kokoh.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tablet Advan Murah Mulai Rp 1 Jutaan

Pemilihan desain seperti ini membuatnya bisa digunakan berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, siswa sekolah, mahasiswa, atau bahkan para karyawan kantor.

Galaxy Tab A7 Lite hadir dengan varian warna Gray dan Silver. Lantas bagaimana detail spesifikasi dari Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini?

Berikut perbandingan spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tablet Murah Mulai Rp 1 Jutaan

Spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (HiTekno.com)
Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (HiTekno.com)

Secara dimensi, Realme Pad Mini WIFI memiliki ketebalan 7,66 mm. Adapun dimensinya yaitu 211,84 x 124,48 x 7,66 mm dan bobot 327 gram. Realme Pad Mini hadir dengan layar LCD 8,7 inci, resolusi 1340 x 800 piksel dan screen-to-body 84,59 persen.

Untuk layar sendiri memiliki tingkat brightness maksimal yang hanya mencapai 360 nit sehingga kurang nyaman untuk melihat layar di bawah terik matahari langsung.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tablet Murah Advan, Harga Mulai Rp 1 Jutaan

Tersedia mode Eye Comfort yang dapat mengurangi intensitas cahaya biru agar tidak membuat mata lelah. Di saat sedang membaca artikel atau buku digital, tablet juga sediakan Reading Mode untuk membuat tampilannya menjadi grayscale. Kamu juga bisa menggunakan Dark Mode agar teks menjadi warna putih pada latar hitam.

Sedangkan Samsung Galaxy Tab A7 Lite memiliki dimensi 212,5 x 124,7 x 8,0 mm dan bobot hanya 371g. Layarnya sendiri berukuran 8,7 inci berjenis TFT dengan resolusi 1340×800 piksel (WXGA+). Bezel di sekeliling layar dibuat lebih tipis sehingga pengalaman menikmati konten dan fitur terasa lega.

Dengan layar besar dan resolusi yang cukup tinggi, Galaxy Tab A7 Lite mampu memanjakan mata pada setiap situasi. Dari segi chipset, Realme Pad Mini WIFI ditenagai oleh chipset Unisoc T616 dengan fabrikasi 12 nm. Chip ini memiliki CPU dengan clock speed hingga 2 GHz dan GPU Mali G57.

Unisoc T616 pada Realme Pad Mini dipasangkan dengan RAM dua opsi RAM dan penyimpanan yaitu 3/32 GB dan 4/64 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanannya menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB. Sementara Samsung Galaxy Tab A7 Lite membawa chipset Mediatek Helio P22T Octa-Core (4×2.3GHz + 4×1.8GHz).

Prosesor tersebut disokong dengan RAM berkapasitas 3GB dan penyimpanan internal 32GB. Jika kurang besar, pengguna masih bisa menambahkan kartu microSD dengan kapasitas ekstra besar, 1TB.

Kamera dan Fitur Lain Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Harga Realme Pad Mini dibanderol Rp 2 jutaan. (Realme Indonesia)
Harga Realme Pad Mini dibanderol Rp 2 jutaan. (Realme Indonesia)

Dari sektor kamera, Realme Pad Mini WIFI memiliki kamera belakang tersebut memiliki resolusi 8 MP. Fitur pendukung fotografi yang disematkan Realme untuk tablet murah ini yaitu HDR, Panoramic view, Expert, Portrait Mode, Burst, Filter, Bokeh Effect Control hingga Beauty Mode. Adapun kamera depannya memiliki resolusi 5 MP (F/2.2).

Realme juga menyematkan sejumlah fitur termasuk Portrait Mode, Beauty Mode, Face-Recognition, Filter, hingga Bokeh Effect Control. Sedangkan Samsung Galaxy Tab A7 Lite menanamkan satu kamera belakang beresolusi 8MP dan kamera depan 2MP. Kamera belakang memiliki mode photo, potret, panorama, food, pro, wide, dan normal.

Untuk kamera depan tersedia mode photo, potret, panorama, food, pro, dan wide. Baik kamera depan maupun belakang terdapat mode video dan hyperlapse.

Hasil kamera belakang Samsung Galaxy Tab A7 Lite dalam kondisi indoor dan outdoor cukup baik, warna dapat ditampilkan dengan natural dan minim noise. Untuk kamera depan, resolusi 2MP menghasilkan kualitas foto yang baik dengan kondisi cahaya yang cukup.

Selain itu, Realme Pad Mini WIFI dan Samsung Galaxy Tab A7 Lite juga menyematkan fitur-fitur yang menarik dalam tablet terbarunya ini. Dari segi kapasitas baterai, Realme Pad Mini WIFI memiliki kapasitas baterai 6.400 mAh diklaim bisa digunakan untuk menonton video YouTube secara online dalam durasi 12 jam non stop.

Tersedia fitur pengisian cepat 18W Quick Charge untuk mengisi ulang dengan cepat. Disamping itu, realme Pad mini juga dilengkapi fitur Reverse Charging untuk mengisi daya smartphone atau perangkat lainnya.

Fitur lainnya yang turut melengkapi Realme Pad Mini yaitu port USB type-C, colokan audio 3,5 mm, Bluetooth 5.0, speaker ganda stereo dengan sertifikasi Dirac sehingga audio yang dihasilkan diklaim lebih jernih.

Tablet ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan antarmuka Realme UI for Pad. Sementara Samsung Galaxy Tab A7 Lite dibekali baterai 5.100 mAh dengan dukungan adaptive fast charging 15W.

Namun, charger dalam kemasannya tidak mendukung fast charging sehingga pengguna harus membeli pengisi daya secara terpisah apabila ingin menggunakan fitur tersebut.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite turut dibekali colokan audio jack 3,5 mm, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5, Samsung Knox, Face Recognition, port USB tipe C, serta dual stereo speakers berteknologi Dolby Atmos.

Dari segi software, Samsung Galaxy Tab A7 Lite sudah menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka One UI 3.1.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A7 Lite. (Samsung)

Harga

  • Realme Pad Mini WiFi 3GB + 32 GB : Rp 2,4 juta
  • Realme Pad Mini WiFi 4GB + 64 GB : Rp 2,8 juta
  • Samsung Galaxy Tab A7 Lite : Rp 2,5 juta

Itulah battle Realme Pad Mini WIFI vs Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Jadi untuk pilihan tergantung pada kebutuhan dan budget kamu ya.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak