Battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20, Duel Tablet Murah

Lantas bagaimana detail dari Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 ini? Berikut ini perbandingan keduanya.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 26 Agustus 2022 | 16:57 WIB
Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. (HiTekno.com)

Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Realme Pad Mini WIFI dan Nokia T20 hadir meramaikan pasar gadget di Indonesia di segmen tablet murah. Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 menarik untuk dilihat perbandingan keduanya.

Dua taglet murah ini menyasar segmen pasar entry level. Nokia T20 merupakan tablet kedua bermerek Nokia setelah kurang lebih tujuh tahun hiatus di pasar tablet. Sedangkan Realme Pad Mini WIFI merupakan produk tablet pertama dari Realme.

Battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 jika dilihat dari segi harga, Realme Pad Mini WIFI menawarkan harga lebih terjangkau. Dari segi desain, keduanya memiliki tampilan yang menyasar pada kalangan muda.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tablet Advan Murah Mulai Rp 1 Jutaan

Secara desain, Realme Pad Mini WIFI tampak cukup sederhana. Realme Pad Mini WIFI masih memiliki dengan bezel tebal.  Kamera depannya pun diletakkan di bagian bezel, bukan lubang layar. Punggungnya dihias dengan modul kamera berbentuk persegi yang menampung kamera tunggal.

Realme Pad Mini WIFI, tersedia dalam warna biru dan abu-abu. Sementara Nokia T20 mengadopsi desain minimalis khas Skandinavia. Struktur bodinya terbuat dari bahan aluminium. Perangkat diklaim tahan debu dan tetesan air dengan sertifikasi IP52. Nokia T20 hadir dengan varian warna Ocean Blue

Lantas bagaimana detail dari Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 ini? Berikut battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20 yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: "Sok Akrab" Nawar Tablet di Akun Resmi Samsung, Cuitan Cowok Ini Bikin Netizen Ngakak

Spesifikasi Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20

Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. (HiTekno.com)
Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. (HiTekno.com)

Secara dimensi, Realme Pad Mini WIFI memiliki ketebalan 7,66 mm. Adapun dimensinya yaitu 211,84 x 124,48 x 7,66 mm dan bobot 327 gram. Realme Pad Mini hadir dengan layar LCD 8,7 inci, resolusi 1340 x 800 piksel dan screen-to-body 84,59 persen. Untuk layar sendiri memiliki tingkat brightness maksimal yang hanya mencapai 360 nit sehingga kurang nyaman untuk melihat layar di bawah terik matahari langsung.

Tersedia mode Eye Comfort yang dapat mengurangi intensitas cahaya biru agar tidak membuat mata lelah. Di saat sedang membaca artikel atau buku digital, tablet juga sediakan Reading Mode untuk membuat tampilannya menjadi grayscale. Anda juga bisa menggunakan Dark Mode agar teks menjadi warna putih pada latar hitam.

Baca Juga: Spesifikasi Realme Pad Mini, Tablet Anyar yang Siap Masuk ke Indonesia Sebentar Lagi

Sedangkan Nokia T20 memiliki dimensi 157.5 mm x 247.6 mm x 7.8 mm dengan bobot 465 gram. Nokia T20 mengusung panel IPS LCD berdiagonal 10,4 inci dengan resolusi 1.200 x 2.000 piksel dan rasio layar 5:3. Layar ini juga mendukung fitur playback video hingga resolusi 2K dan memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Di mana, setiap tampilan detail layar tampak jelas dan memukau. Belum lagi layar tabletnya yang memiliki sertifikat cahaya biru rendah sehingga aman untuk mata setiap pengguna. Dari segi chipset, Realme Pad Mini WIFI ditenagai oleh chipset Unisoc T616 dengan fabrikasi 12 nm. Chip ini memiliki CPU dengan clock speed hingga 2 GHz dan GPU Mali G57.

Unisoc T616 pada Realme Pad Mini dipasangkan dengan RAM dua opsi RAM dan penyimpanan yaitu 3/32 GB dan 4/64 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanannya menggunakan kartu microSD hingga kapasitas 1 TB. Sementara Nokia T20 ditenagai dengan chipset Unisoc T610 berkecepatan 1,8 GHz.

Baca Juga: Huawei MatePad Pro, Tablet Flagship 11 Inci dengan HarmonyOS 3.0

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan dengan kapasitas 64 GB yang bisa diperluas hingga 512 GB dengan kartu microSD. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika sedang mendorong kinerja ponsel secara maksimal karena kekuatan chipset ini cukup bertenaga.

Kamera dan Fitur Lain Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20

Realme Pad Mini. Harga Realme Pad Mini dibanderol Rp 2 jutaan. (Lazada Filipina)
Realme Pad Mini. Harga Realme Pad Mini dibanderol Rp 2 jutaan. (Lazada Filipina)

Dari sektor kamera, Realme Pad Mini WIFI memiliki kamera belakang tersebut memiliki resolusi 8 MP. Fitur pendukung fotografi yang disematkan Realme untuk tablet ini yaitu HDR, Panoramic view, Expert, Portrait Mode, Burst, Filter, Bokeh Effect Control hingga Beauty Mode. Adapun kamera depannya memiliki resolusi 5 MP (F/2.2).

Realme juga menyematkan sejumlah fitur termasuk Portrait Mode, Beauty Mode, Face-Recognition, Filter, hingga Bokeh Effect Control. Sedangkan Nokia T20 mempunyai kamera depan beresolusi 5MP yang terletak di sisi yang lebih panjang, sehingga tampak seperti sebuah webcam di laptop.

Untuk kamera belakang, Nokia T20 dibekali dengan lensa 8 MP yang berada di pojok kiri atas yang disertai dengan LED Flash. Selain itu, Realme Pad Mini WIFI dan Nokia T20 juga menyematkan fitur-fitur yang menarik dalam tablet terbarunya ini. Dari segi kapasitas baterai, Realme Pad Mini WIFI memiliki kapasitas baterai 6.400 mAh diklaim bisa digunakan untuk menonton video YouTube secara online dalam durasi 12 jam non stop.

Tersedia fitur pengisian cepat 18W Quick Charge untuk mengisi ulang dengan cepat. Disamping itu, realme Pad mini juga dilengkapi fitur Reverse Charging untuk mengisi daya smartphone atau perangkat lainnya. Fitur lainnya yang turut melengkapi Realme Pad Mini yaitu port USB type-C, colokan audio 3,5 mm, Bluetooth 5.0, speaker ganda stereo dengan sertifikasi Dirac sehingga audio yang dihasilkan diklaim lebih jernih.

Tablet ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dan antarmuka Realme UI for Pad. Sementara Nokia T20 memiliki baterai 8.200mAh yang mampu bertahan selama 7 jam untuk meeting online, 10 jam menonton video, atau 15 jam untuk berselancar di internet. Terdapat juga fitur 15W Fast Charging yang memungkinkan pengisian daya cepat.

Fitur pendukung lainnya di tablet ini mencakup fitur biometrik face unlock, Google Kids Space untuk mode pemakaian tablet khusus anak-anak, hingga sertifikat tahan debu dan percikan air dengan rating IP52. Ada pula dukungan output suara dengan teknologi Ozo Audio, dual stereo speaker, dual microphone, serta dukungan konektor USB tipe-C dan audio jack 3,5 mm.

Nokia T20 sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 yang bakal mendapatkan tiga tahun jaminan pembaruan keamanan dari Google, serta dua tahun pembaruan Android.

Tablet Nokia T20. (Nokia)
Tablet Nokia T20. (Nokia)

Harga

  • Realme Pad Mini WiFi 3GB + 32 GB : Rp 2,4 juta
  • Realme Pad Mini WiFi 4GB + 64 GB : Rp 2,8 juta
  • Nokia T20 : Rp 2,7 juta

Itulah battle Realme Pad Mini WIFI vs Nokia T20. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Jadi untuk pilihan tergantung pada kebutuhan dan budget kamu ya.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak