Gadget

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Mudah, gunakan cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)
Ilustrasi logo Microsoft Word. (teaching.cambriancolledge.ca)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word dengan mudah. Ikuti tutoria Microsoft Word yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Membuat nomor halaman berbeda pada dokumen Microsoft Word identik dengan pekerjaan yang ribet karena sebagian orang akan membuat nomor halaman tersebut secara manual dengan mengetik satu per satu nomor halaman pada dokumen tersebut.

Padahal program Microsoft Word sendiri telah menyediakan cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word yang bisa memudahkan kamu dalam proses pembuatan nomor halaman berbeda secara otomatis.

Nomor halaman biasanya terletak pada bagian header, footer, atau margin samping sebuah dokumen. Tujuan dibuatnya nomor halaman adalah untuk membedakan antar bagian halaman pada sebuah dokumen yang dibuat.

Nah untuk cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah melalui langkah-langkah tutorial Microsoft Word berikut ini :

  1. Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu
  2. Lalu letakkan kursor pada halaman pertama tempat ingin diletakkannya nomor halaman
  3. Klik menu insert dan klik menu page number
  4. Kemudian pilih opsi menu format page numbers, maka akan muncul popup menu untuk memilih format penomoran halaman yang ingin digunakan
  5. Apabila kamu telah memilih format penomoran halaman yang akan digunakan, masukkan angka awal yang ingin digunakan sebagai nomor halaman pada kolom start at:
  6. Setelah itu klik ok, maka pada dokumen tersebut akan muncul nomor halaman sesuai dengan format penomoran halaman yang telah kamu pilih sebelumnya
  7. Selanjutnya letakkan kursor pada halaman lain yang ingin dibedakan nomor halamannya
  8. Klik page layout dan pilih menu breaks
  9. Klik pada opsi menu next page
  10. Kemudian klik dua kali pada nomor halaman yang ingin diubah, dan ubah format penomoran halaman tersebut dengan cara klik insert
  11. Lalu klik page number dan pilih menu format page numbers
  12. Pada popup menu yang muncul, pilih format penomoran halaman yang berbeda dengan halaman sebelumnya dan klik ok
  13. Selesai! Sekarang kamu telah berhasil membuat setiap halaman pada dokumen word kamu dengan nomor yang berbeda dan kamu bisa mengulang langkah-langkah diatas pada setiap halaman yang ingin kamu beri nomor berbeda

Itulah cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word yang harus kamu ketahui agar kamu tidak perlu lagi membuat nomor halaman secara manual. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait