Gadget

Memudahkan, Gunakan Cara Cek Typo di Word Ini

Ini cara cek typo di Word yang memudahkan pekerjaan kamu.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana Cara Cek Typo di Word dengan mudah? Ikuti tutorial Microsoft Word yang dirangkum oleh HiTekno.com berikut ini.

Sebagai sebuah perangkat lunak yang diandalkan dalam proses pengolah kata, pada program Microsoft Word sudah dibekali dengan berbagai fitur-fitur canggih yang bisa membantu kamu untuk membuat dokumen dengan cepat.

Dan salah satu fitur canggih yang disematkan oleh program Word yaitu fitur yang berguna untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penulisan dokumen yang kamu buat atau istilah lainnya yaitu typo, cara cek typo di Word bisa kamu lakukan dengan mudah melalui fitur proofing.

Fitur proofing tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan pada dokumen dalam hal ejaan dan tata bahasa. Typographical error atau biasa kita sebut dengan typo sendiri merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebutkan kesalahan yang dibuat pada saat proses mengetik.

Namun sayangnya pengecekan typo secara default hanya bisa mendeteksi spelling & grammar dalam bahasa inggris saja, jadi apabila kamu ingin melakukan pengecekan typo dalam bahasa indonesia maka kamu harus terlebih dahulu mengubah opsi dan menginstall add-in.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Nah untuk cara cek typo di Word selengkapnya bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu dan klik pada tab file
  • Lalu pilih menu options dan klik pada opsi menu language
  • Pada kolom office authoring languages and proofing, tambahkan bahasa indonesia dengan cara klik tombol add a language
  • Pada kotak dialog yang muncul, scroll ke bawah dan cari indonesian lalu klik add
  • Setelah itu bahasa indonesia akan ditambahkan dalam kolom office authoring languages and proofing, klik tombol proofing not installed yang ada di samping tulisan indonesian tersebut
  • Maka kamu akan diarahkan menuju situs untuk mendownload kamus bahasa indonesia resmi dari microsoft office
  • Klik tombol download dan tunggu hingga proses download selesai
  • Apabila proses download telah selesai, buka file tersebut dan lakukan proses instalasi hingga selesai
  • Setelah proses instalasi selesai, pada program Word buka tab file lalu pilih menu options dan pilih language
  • Pada bagian language, pilih bahasa indonesia dan klik tombol set as preferred
  • Selanjutnya buka opsi proofing, dan beri tanda centang pada semua opsi kecuali show readability statistics pada bagian when correcting spelling and grammar in Word lalu klik tombol ok
  • Setelah melakukan semua pengaturan tersebut, buka dokumen Word yang ingin kamu cek maka pada dokumen Word tersebut akan muncul tanda garis merah pada bagian bawah kata yang typo
  • Kamu bisa memperbaiki kata-kata yang typo secara otomatis dengan cara klik kanan pada kata yang typo lalu pilih kata yang muncul pada menu tersebut dan selesai!

Itulah cara cek typo di Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus mengecek setiap kata-kata yang kamu ketik secara satu per satu. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait