Gadget

Mudah dan Praktis, Ini Cara Cek Ejaan Tulisan di Microsoft Word

Memudahkan, gunakan cara cek ejaan tulisan di Microsoft Word ini.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Apakah kamu sudah tahu cara cek ejaan tulisan di Microsoft Word? Kalau belum itu artinya kamu harus menyimak ulasan berikut ini ya. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial Microsoft Word untuk mengecek ejaan.

Sebagai program pengolahan kata andalan dari microsoft, pada program Microsoft Word sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa digunakan untuk mengecek ejaan tulisan secara otomatis.

Fitur tersebut bernama fitur spelling and grammar yang bisa kamu temukan dalam kategori proofing pada program Microsoft Word.

Kesalahan ejaan tulisan pada sebuah dokumen bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan orang yang membaca tulisan kamu menjadi salah paham atau bahkan tidak mengerti dengan maksud tulisan kamu.

Nah dengan adanya fitur tersebut maka kamu tidak perlu khawatir lagi akan adanya kata-kata yang salah dalam pengetikan dokumen yang kamu buat sehingga proses menulis kamu bisa jadi lebih mudah.

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Penasaran kan bagaimana cara cek ejaan tulisan di Microsoft Word? Langkah-langkah untuk mengecek ejaan tulisan di Microsoft Word yaitu :

  • Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu dan klik pada tab file
  • Lalu klik pada menu options dan pilih opsi menu proofing
  • Setelah itu beri tanda centang pada kolom bertuliskan check spelling as you type dan juga kolom bertuliskan mark grammar errors as you type
  • Selanjutnya klik ok dan selesai!

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, kamu juga bisa mengaktifkan fitur autocorrect di Microsoft Word untuk memperbaiki kesalahaan ejaan pada saat melakukan pengetikan. Kamu tinggal ikuti saja cara berikut ini untuk mengaktifkan fitur autocorrect :

  • Buka program Microsoft Word pada perangkat kamu dan klik pada tab file, lalu klik pada menu options
  • Kemudian klik pada opsi customize quick access toolbar dan pilih menu more commands
  • Lalu pilih menu proofing untuk mengaktifkan fitur autocorrect
  • Setelah itu pilih autocorrect option, maka akan muncul jendela baru
  • Beri tanda ceklis pada opsi bertuliskan replace text as you type
  • Lalu klik ok dan selesai!

Itulah cara cek ejaan tulisan di Microsoft Word yang harus kamu ketahui untuk mempermudah kamu pada saat melakukan pengecekan dokumen agar tidak ada kesalahan. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait