Gadget

Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh, Tanpa Berlangganan

Mudah tanpa perlu nambah berlangganan, ini cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Stephen Phillips)
Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Stephen Phillips)

Hitekno.com - Cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh penting untuk kamu ketahui. Ikuti tutorial Gmail untuk mengatasi penuhnya ruang penyimpanan yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Gmail merupakan platform surat elektronik dari Google. Gmail menjadi layanan email paling populer saat ini. Dibandingkan dengan layanan email lainnya, Gmail banyak menawarkan fitur yang menarik.

Gmail menyediakan kapasitas sebesar 15 GB pada setiap akun Google. Kapasitas tersebut mencakupi Gmail, Google Drive dan Google Photos. Pada dasarnya, ukuran file email terbilang kecil dan tidak banyak memakan kapasitas penyimpanan.

Namun, biasanya Gmail penuh akibat kapasitas penyimpanannya habis oleh Google Drive atau Photos. Hal ini sering terjadi, saat pengguna membackup data di smartphone ke akun Gmail. Cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh sangatlah mudah.

Berikut cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh yang HiTekno.com rangkun untuk kamu.

Ilustrasi Gmail. (Pixabay)
Ilustrasi Gmail. (Pixabay)

1. Hapus Email Promosi

Email promosi biasanya dikirim karena kamu memiliki akun atau aplikasi tertentu. Terkadang email promosi dibutuhkan untuk mendapatkan informasi baru tetapi karena jumlahnya cukup banyak jadi membuat Gmail penuh.

2. Hapus File di Google Photos

Aplikasi Google Photos berpengaruh terhadap kapasitas Gmail. Hal ini karena kedua aplikasi tersebut memiliki ruang penyimpanan yang sama. Untuk itu coba hapus file di Google Photos.

  • Buka photos.google.com terlebih dahulu lalu pilih Foto.
  • Selanjutnya pilih centang foto yang berada di bagian kiri atas dan klik ikon “Hapus” di bagian kanan atas dan pindahkan ke menu “Tempat Sampah”.
  • Terakhir silahkan ke menu “Tempat Sampah” dan hapus file secara permanen.

3. Bersihkan ‘Sampah’ di Gmail

Email akan berada di folder sampah dan baru akan dihapus secara otomatis dalam kurun waktu 30 hari setelah dihapus. Supaya Gmail tidak penuh, kamu dapat menghapus atau mengosongkan folder sampah di Gmail.

Mengosongkan folder Sampah akan membuat email yang ada di dalamnya terhapus permanen dan ruang penyimpanan lebih lega.

Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Kon Karampelas)
Ilustrasi Gmail. (Unsplash/Kon Karampelas)

4. Hapus Email Lama

Email biasanya berisi mengenai tugas pekerjaan atau tugas sekolah dan kuliah. Setelah semua tugas telah diselesaikan maka email tidak lagi berguna dan akan memenuhi ruang penyimpanan. Terdapat tips mudah untuk mencari email lama supaya dapat dihapus dengan cepat.

Caranya adalah dengan mengetik “older_than:5y” untuk mencari email lawas yang berusia lebih dari 5 tahun atau “older_than:2y” untuk email berusia lebih dari 2 tahun di kolom pencarian Gmail.

Itulah cara mengatasi penyimpanan Gmail penuh yang bisa kamu coba. Jika tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk berlangganan agar ruang penyimpanan lebih lega. Selamat mencoba tutorial Gmail di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait