Gadget

4 Fitur Rahasia Gmail yang Wajib Kamu Ketahui, Berguna Banget!

Ada beberapa fitur rahasia Gmail yang memudahkan urusan kamu soal email.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Gmail. (Pixabay)
Ilustrasi Gmail. (Pixabay)

Hitekno.com - Apakah kamu mengetahui fitur rahasia Gmail yang bisa memudahkan kamu dalam urusan email? Ada beberapa fitur rahasia Gmail yang sebaiknya kamu ketahui, karena penting dan memudahkan.

Fitur rahasia Gmail belum banyak dimanfaatkan oleh para pengguna. Bahkan beberapa pengguna masih belum mengetahui fitur rahasia Gmail.

Fitur rahasia Gmail ini disertakan Google ke layanan Gmail agar dapat dioptimalkan oleh penggunanya. Juga memudahkan pengguna dalam berurusan dengan email.

Akan tetapi, tidak semua orang mengerti bagaimana caranya memakai fitur tersebut. Gmail merupakan layanan surat elektronik milik raksasa teknologi Google yang dirilis sejak 1 April 2004.

Penasaran fitur rahasia seperti apa yang ada di Gmail? Berikut fitur rahasia Gmail yang HiTekno.com kutip dari laman resmi Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Kamis (16/6/2022).

1. Schedule Send

Pengguna dapat menggunakan schedule send untuk menjadwalkan pengiriman email dengan waktu yang spesifik. Fitur ini bisa digunakan ketika kamu takut lupa untuk mengirim pesan email.

2. Undo Send

Fitur rahasia Gmail ini memungkinkan pengguna untuk membatalkan pesan email yang baru saja terkirim. Tentu fitur seperti ini bermanfaat jika kamu salah alamat surel atau ada lampiran yang kurang.

Akan tetapi, fitur undo juga menuntut batasan waktu. Hanya pesan terkirim dalam rentang waktu tertentu saja yang bisa dibatalkan. Rentang waktu yang bisa dipilih antara 5 hingga 30 detik saja.

3. Snooze Email

Fitur snooze email ini cocok diterapkan untuk kamu yang biasa menerima email numpuk. Dengan fitur rahasia Gmail ini kamu bisa mengatur email untuk dibaca nanti.

4. Gmail Offline Mode

Melalui fitur ini pengguna bisa mengakses email tanpa internet. Caranya cukup mudah. Kamu cukup membuat bookmark untuk kotak masuk yang ingin dibaca nanti. Kemudian jangan lupa mengaktifkan offline mode pada Gmail.

Itulah fitur rahasia Gmail yang wajib kamu tahu. Fitur rahasia Gmail di atas tentu bisa membantu kamu mengoptimalkan penggunaan Gmail. Semoga bermanfaat. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait