Gadget

4 Cara Menghemat Kuota Zoom, Mudah Banget

Gunakan empat cara menghemat kuota zoom berikut ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Zoom)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Zoom)

Hitekno.com - Cara menghemat kuota Zoom dapat membantu kamu yang memiliki paket internet terbatas. Ikuti tutorial Zoom yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Di masa pandemi, Zoom menjadi media komunikasi yang sering digunakan untuk pembelajaran maupun kerja. Meskipun hal ini cukup efektif, tapi mengoperasikan aplikasi video conference ini kerap kali memakan kuota yang cukup besar.

Apalagi jika kamu ingin layanan lebih optimal, misal dengan audio atau video HD (High Definition). Dilansir dari Makeuseof, kamu perlu 540MB hingga 1,62GB data untuk melakukan panggilan video konferensi Zoom setiap jam. Artinya, layanan ini menghabiskan antara 9MB hingga 27 MB per menit untuk panggilan video.

Tak perlu khawatir, kamu bisa menghemat kuota Zoom dengan beberapa cara di bawah ini. Berikut cara menghemat kuota Zoom yang HiTekno.com rangkum.

Cara Menghemat Kuota Zoom

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Chris Montgomery)

1. Menggunakan Kamera Secukupnya

Kamu bisa mematikan kamera jika tidak dibutuhkan. Karena saat kamu mengaktifkan kamera secara terus menerus, maka kuota yang akan diambil juga semakin besar, apalagi jika kamu tidak menggunakan jaringan WiFi.

2. Matikan kualitas HD Video

Kamu bisa coba mematikan kualitas HD pada video conference atau video call yang kamu lakukan. Kualitas HD memang akan membuat gambar menjadi lebih jernih, tapi hal tersebut juga akan dibayar dengan jumlah kuota yang sangat besar.

Untuk mematikan HD kamu bisa klik Setting dan pilih opsi video. Nantinya kamu tinggal hilangkan centang pada kotak “Enable HD”.

3. Matikan Suara Mikrofon

Mematikan mikrofon juga bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet. Fitur ini akan memakan kuota yang cukup besar, apalagi jika saat pembelajaran daring atau rapat online kamu hanya perlu mendengarkan.

Mungkin mematikan mikrofon bisa menjadi solusi karena tidak terlalu dibutuhkan.

4. Gunakan Perekaman Cloud

Kamu bisa memanfaatkan ruang penyimpanan di cloud agar video bisa langsung tersimpan.

Itulah cara menghemat kuota Zoom yang bisa kamu coba. Sekarang kamu tidak perlu takut kuota tiba-tiba habis. Selamat mencoba tutorial Zoom di atas.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait