Gadget

Berbasis Android 13, Oppo Siapkan ColorOS 13 Closed Beta di HP Flagship

Perusahaan menyiapkan pengujian antarmuka berbasis Android 13 pada Oppo Find X5 series.

Rezza Dwi Rachmanta

HP flagship Oppo Find X5 Pro 5G. (Oppo Indonesia)
HP flagship Oppo Find X5 Pro 5G. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Oppo diketahui sedang menyiapkan ColorOS 13 Closed Beta untuk beberapa HP flagship-nya. Kabar ini beredar setelah perusahaan mulai merekrut para beta tester atau penguji beta untuk ColorOS 13 teranyar.

Mengingat ini adalah ColorOS 13 Closed Beta, pengujian dilakukan secara tertutup dan dilakukan oleh beta tester terpilih.

Perusahaan merekrut penguji ColorOS 13 Closed Beta untuk HP Oppo Find X5, Oppo Find X5 Pro, dan OnePlus 10 Pro (OxygenOS 13 Closed Beta) di China.

Pelamar yang terpilih bakal disuguhi dengan perangkat lunak beta berbasis Android 13 dalam beberapa hari ke depan.

Menurut pengumuman resmi di laman Oppo Community dan OnePlus Community, perekrutan baru untuk perangkat ini adalah untuk versi 'nolog'.

Google rilis Android 13 Beta 3. (Google)
Google rilis Android 13 Beta 3. (Google)

Dikutip dari Gizmochina, Oppo mengatakan bahwa ColorOS 13 Beta berbasis Android 13 menawarkan kinerja dan daya tahan baterai yang lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Di lain sisi, perusahaan turut menekankan konsekuensi bagi para beta tester. Versi build ColorOS 13 Closed Beta dikatakan memiliki banyak bug.

Perusahaan bahkan memperingatkan bahwa aplikasi perbankan tertentu tidak kompatibel sampai sekarang. Mereka juga berbicara tentang kemungkinan masalah dengan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Oppo Find X5 Pro. (Oppo)
Oppo Find X5 Pro. (Oppo)

Pengguna di China bisa mendaftar menjadi beta tester pada 19 Juli siang hingga 21 Juli pukul 07.00 pagi waktu setempat. Perusahaan hanya mengalokasikan 1.500 akun penguji beta pada masing-masing pemilik HP Oppo premium.

Belum diketahui apakah pengujian nantinya akan diperluas di luar China atau tidak. Dilihat dari laman resmi, Android 13 akan menyediakan tampilan visual lebih baik terkait ketajaman warna emoji.

Android 13 menambahkan dukungan untuk standar MIDI 2.0 baru, termasuk kemampuan untuk menghubungkan perangkat keras MIDI 2.0 melalui USB. Standar yang diperbarui ini menawarkan fitur seperti peningkatan resolusi untuk kontroler dan kinerja lebih baik.

Berita Terkait