Perjalanan Panjang ColorOS di HP OPPO

Diluncurkan sejak 2013, ColorOS telah berkembang banyak untuk HP Oppo.

Agung Pratnyawan
Senin, 04 Juli 2022 | 17:22 WIB
ColorOS 12.1. (Oppo Indonesia)

ColorOS 12.1. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Tahukah kamu tentang ColorOS? ColorOS adalah sistem operasi yang diluncurkan oleh Oppo yang dibuat berdasarkan Android. Menurut Oppo Indonesia, ColorOS telah mencakup 74 bahasa, mendukung 140+ negara dan wilayah, dan memiliki lebih dari 370 juta user aktif bulanan di seluruh dunia.

ColorOS merupakan salah satu sistem operasi smartphone paling populer di dunia yang diperuntukkan hanya untuk pengguna setia smartphone Oppo. Versi pertama ColorOS diluncurkan pada September 2013.

Oppo Indonesia telah merilis banyak smartphone Android sebelumnya, tetapi perangkat lunak pada perangkat tersebut tidak memiliki judul yang tepat. Itu bukan stok Android, tetapi Oppo tidak memberi label sebagai ColorOS.

Baca Juga: Keamanan Jadi Faktor Penting, ColorOS 11 Tak Lupakan HP Entry-Level

Pada tahap awal tersebut, versi ColorOS 1.0 didasarkan pada Android 4 Jellybean.

Selama bertahun-tahun, Oppo meluncurkan versi baru skin ColorOS bersama dengan versi resmi baru dari sistem operasi Android. Pada November 2019, Oppo membuat hal-hal yang cukup membingungkan dengan mengumumkan bahwa ColorOS 6.7 akan melompat ke ColorOS 8.

ColorOS. (Oppo Indonesia)
ColorOS. (Oppo Indonesia)

Bahkan, Oppo meluncurkan versi yang dapat diinstal dari perangkat lunak ini. Namun akhirnya, perusahaan membatalkan rencana ini dan beralih ke roadmap ColorOS 7.

Baca Juga: Untuk Para Gamer, Ini Fitur ColorOS 11 yang Bisa Diandalkan

Untuk membuat segalanya tidak membingungkan, pada tahun 2020 Oppo mengungkapkan bahwa mereka akan mengadopsi skema penomoran yang sama dengan versi Android yang dikeluarkan oleh Google. Dengan demikian, ColorOS melonjak dari v7 ke v11 dengan peluncuran Android 11.

Pada tahun 2021, kami melihat ColorOS 12 diluncurkan ke pasar berdasarkan Android 12, dan Color OS 13 akan diluncurkan setelah Android 13 yang keluar pada tahun 2022.

Fitur unik terbaik dari ColorOS

Baca Juga: 4 Berita Terkini: Update ColorOS 11, LG Wing Hingga Vivo V-Series

Tampilan ColorOS 7. (Oppo)
Tampilan ColorOS 7. (Oppo)

Setiap skin Android yang diciptakan oleh perusahaan pembuat smartphone memberikan capnya sendiri pada perangkat lunak. Berikut adalah empat hal yang dapat dilakukan ColorOS yang tidak dapat dilakukan oleh kebanyakan skin lainnya:

Terjemahan tiga jari

Sangat mudah menggunakan Google Terjemahan atau Google Lens di HP Oppo kamu untuk mengonversi teks asing ke bahasa Indonesia.

Baca Juga: ColorOS 11 Resmi Rilis, Ini Daftar HP Oppo yang Mendapatkan Update

Namun, untuk melakukannya agak memerlukan proses seperti kamu perlu menghentikan apa yang sedang kamu lakukan, membuka aplikasi tersebut, menavigasi ke apa yang ingin kamu terjemahkan, dan mewujudkannya.

Namun dengan Color OS, kamu cukup menggesek layar dengan tiga jari, di mana pun kamu berada yang akan menangkap tangkapan layar.

Setelah itu terjadi, kamu cukup mengetuk tombol terjemahkan yang muncul, dan teks akan diterjemahkan menggunakan kekuatan Google Lens sehingga hemat waktu.

Transisi layar beranda

Dengan sebagian besar smartphone, animasi yang terjadi saat kamu menggeser layar beranda cukup standar. Dengan ColorOS, kamu dapat menyesuaikannya dengan sangat mudah.

"Gulung" membuatnya tampak seperti kamu sedang memutar gulungan saat berpindah ke layar berikutnya. "Kubus" membuatnya tampak seperti layar berandamu adalah panel dari kotak besar dan kamu bergerak dari satu sisi ke sisi lain.

Ada juga pilihan lain, seperti "Balik", "Kartu", dan "Miringkan". Kamu harus mencoba semuanya untuk mencari tahu mana yang paling cocok dan nyaman buatmu.

Kustomisasi

Color OS menawarkan banyak pilihan penyesuaian. Kamu dapat melakukan hal-hal dasar seperti mengubah font seluruh sistem, warna, suara, dan lainnya.

Namun, kamu juga dapat membuat elemen sistem sendiri, misalnya kamu dapat membuat nada dering sendiri menggunakan sentuhan dan gesekan pada pengontrol warna-warni (tidak perlu pengalaman musik).

Bahkan kamu dapat menggunakan sistem serupa untuk membuat wallpaper sendiri dan desain always-on display (AOD).

O Relax

Salah satu aplikasi yang sudah dipasang sebelumnya di banyak HP Oppo adalah O Relax. Aplikasi relaksasi ini menampilkan suara white noise dari berbagai sumber yang dapat kamu pilih untuk diputar selama jangka waktu tertentu.

Gelombang laut, kebisingan sekitar dari berbagai kota di seluruh dunia, hujan badai, dan bahkan kreasi sintetis seperti "perjalanan ruang angkasa" semuanya tersedia. Meski banyak aplikasi sejenis, kamu bisa langsung menggunakan O Relax yang telah terpasang langsung di perangkat Oppo.

Terdapat fitur avatar yang bernama Omoji di ColorOS 12. Fitur ini dapat membangun model 3D secara presisi melalui algoritma Face Capture, sehingga dapat menangkap lebih dari 20 ribu ciri khas wajah pengguna. Sebagai informasi, ColorOS berbasis Android 12 ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2021.

Untuk melihat versi ColorOs di perangkat smartphone milikmu, silakan cek dari menu [Settings] > [About device]. Kamu akan ditunjukkan ColorOS version yang digunakan oleh HP Oppo kamu.

Oppo Indonesia juga menyediakan panduan mengenai ColorOS dengan mencarinya di https://support.Oppo.com/en/user-guide.

Lewat laman web tersebut, kamu bisa mencari panduan dalam format PDF mulai dari ColorOS 3.0 hingga ColorOS 11.1 untuk berbagai model seperti Oppo F3, Oppo F9, Oppo F11, Oppo F5, Oppo A5, Oppo A37, Oppo A71, Oppo Reno 10x Zoom, Oppo Reno2 Z, Oppo R15 Pro, dan lainnya.

Panduan ColorOS akan membantumu untuk menemukan langkah mudah, pintasan, dan fitur untuk menikmati HP Oppo baru.

Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak