Gadget

Keamanan Jadi Faktor Penting, ColorOS 11 Tak Lupakan HP Entry-Level

Baik ColorOS 11 maupun ColorOS 7, tetap mendapatkan fitur keamanan.

Agung Pratnyawan

ColorOS 11. (Oppo)
ColorOS 11. (Oppo)

Hitekno.com - ColorOS, sistem antarmuka yang dikembangkan oleh Oppo ini menjadikan keamanan dan privasi pengguna smartphone sebagai faktor penting yang tak bisa diabaikan.

Tak hanya untuk perangkat kelas atas, namun HP Oppo di kelas entry-level juga tetap mendapatkan perhatian tim pengembang ColorOS.

Baik ColorOS 11 maupun ColorOS 7, telah disematkan sejumlah fitur keamanan. Seperti App Lock Shortcut, Permission Management, dan Payment Protection.

Meski begitu, tim ColorOS juga mengakui kalau tidak semua fitur keamanan bisa diimplementasikan pada perangkat entry-level. Salah satunya Private System.

Menurut tim pengembang sistem antarmuka HP Oppo ini, Private System membutuhkan memori dan chipset yang lebih tinggi untuk memastikan kinerja sistem yang mungkin tidak bisa dipenuhi perangkat entry-level.

Tampilan ColorOS 7. (Oppo)
Tampilan ColorOS 7. (Oppo)

 

Tim pengembang mencari keseimbangan antara privasi dan keamanan dengan tetap menjaga keringanan sistem, yang terkadang harus kompromi untuk smartphone entry-level.

"Kami harus mengakui terkadang beberapa fitur khusus memerlukan alokasi sumber daya backend yang lebih berat, tetapi menurut kami penting untuk menjaga keseimbangan antara melindungi privasi dan keamanan dengan tetap menjaga keringanan sistem. Dengan ColorOS 11, kami yakin telah mencapai keseimbangan tersebut." ungkap tim ColorOS.

ColorOS 11 juga dianggap sebagai update terluas dalam sejarah HP Oppo. Karena mencakup lebih dari 30 model perangkat, termasuk smartphone entry-level seperti seri F dan A.

Selain itu, kebijakan pembaruan software ColorOS menjamin setidaknya dua versi Android terbaru untuk setiap perangkat, termasuk model dengan spesifikasi minimum.

Dengan kata lain, sebagian besar fitur keamanan terbaru akan tersedia di entry-level HP OPPO. Tidak terbatas pada perangkat kelas atas saja.

Fitur keamanan ColorOS 11. (ColorOS)
Fitur keamanan ColorOS 11. (ColorOS)

 

Tim pengembang ColorOS juga menyampaikan kalau sebagian besar fitur keamanan mereka ringan dan tidak membebani sistem. Sehingga tidak mempengaruhi kinerja perangkat secara signifikan.

Kecuali untuk fitur Private System yang memang memerlukan RAM besar dan chipset dengan spesifikasi tinggi. Karena itu satu fitur ini tidak bisa dibawakan HP Oppo di kelas entry-level.

Berita Terkait