Gadget

Cara Menghapus Cache di HP Oppo dengan Mudah

Aman dan lancar, ini cara menghapus cache di HP Oppo.

Agung Pratnyawan

Oppo Reno8 Lite 5G. (Oppo)
Oppo Reno8 Lite 5G. (Oppo)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara menghapus cache di HP Oppo agar perangkat berjalan lancar dan ringan. Ikuti tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab memori internal pada HP Oppo kamu penuh atau cepat habis yaitu adanya penumpukan cache atau file sampah yang tidak pernah dibersihkan.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara menghapus cache di HP Oppo agar kamu bisa meringankan beban kinerja HP Oppo kamu.

Pengertian dari cache sendiri merupakan data yang disimpan sementara pada memori hp ketika kamu menggunakan aplikasi yang terinstall di hp kamu, namun walaupun bersifat disimpan sementara dan data tersebut akan hilang ketika aplikasi dihapus.

Tetapi apabila dibiarkan terus menerus maka semakin lama bisa semakin menumpuk sehingga akan memberatkan kinerja dan memenuhi kapasitas penyimpanan ada hp kamu.

Nah sebagai produsen ponsel cerdas yang terkenal karena menghadirkan fitur-fitur yang cukup keren, HP Oppo tentu tidak lupa dibekali dengan fitur bawaan yang bernama manager telepon.

Fitur tersebut bisa digunakan untuk menghapus cache yang ada di HP Oppo kamu.

Oppo Reno8 Lite 5G. (Oppo)
Oppo Reno8 Lite 5G. (Oppo)

Cara menghapus cache di HP Oppo bisa kamu lakukan dengan mudah melalui langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi manager telepon pada HP Oppo kamu
  • Kemudian pilih menu bersihkan memori
  • Lalu klik pada opsi menu semua data cache aplikasi
  • Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang ada di HP Oppo kamu, kamu tinggal memilih saja aplikasi mana yang menyimpan data cache yang cukup besar. Namun untuk memudahkan kamu pada saat menghapus data cache, maka kamu bisa langsung beri tanda ceklis pada semua aplikasi untuk menghapus semua cache yang ada di semua daftar aplikasi tersebut
  • Jika sudah, klik pada opsi hapus yang berada di bagian bawah layar HP Oppo kamu untuk mulai menghapus data cache
  • Tunggu beberapa saat maka secara otomatis, data cache dari aplikasi yang kamu pilih sebelumnya akan dihapus

Itulah cara menghapus cache di HP Oppo yang bisa kamu lakukan dengan mudah, sehingga akan membuat sistem atau aplikasi pada HP Oppo kamu bisa berjalan dengan lebih ringan. Jadi jangan lupa ya untuk selalu membersihkan cache pada HP Oppo kamu secara berkala. Tetapi perlu diingat juga kalau proses penghapusan data cache tersebut tidak bisa dibatalkan.

Manfaatkan bagaimana cara menghapus cache di HP Oppo tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait