Gadget

Tutorial Praktis, Ini Cara Clear Cache Android

Mudah dan praktis, ini Cara clear cache Android.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Hitekno.com - Bagi kamu pengguna HP Android, apakah kamu sudah tahu cara clear cache Android? Kalau belum itu artinya kamu harus menyimak ulasan berikut ini ya karena proses clear cache pada perangkat Android sangat penting untuk kamu lakukan secara berkala. Ikuti tutorial HP Android yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Banyak pengguna HP Android yang takut melakukan proses clear cache karena khawatir semua data-data penting yang tersimpan ikut terhapus, padahal proses clear cache tersebut hanyalah menghapus file sampah atau temporary file atau bisa juga disebut file-file tidak penting yang masih tersimpan.

Jadi walaupun kamu melakukan proses clear cache secara terus menerus, kamu tidak akan pernah kehilangan data apa pun.

Pada dasarnya berbagai aplikasi dan browser yang kamu kunjungi pada perangkat Android akan secara otomatis menghapus cache dalam jangka waktu tertentu, tetapi apabila kamu menemukan masalah pada perangkat Android kamu maka kamu bisa melakukan cara clear cache Android secara manual dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini :

  • Buka menu settings pada perangkat Android kamu
  • Kemudian cari dan buka opsi menu additional settings
  • Apabila opsi menu additional settings tersebut sudah terbuka, klik pada opsi storage
  • Pada halaman storage, pilih opsi clean storage
  • Lalu pilih opsi safe to clean maka akan muncul opsi untuk menghapus cache dan kamu tinggal klik pada tab clear yang ada di bagian bawah layar
  • Selesai! Proses clear cache telah berhasil
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)
Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Selain menggunakan cara di atas, kamu juga bisa melakukan clear cache dengan menginstall aplikasi tambahan pada perangkat Android kamu. Dan salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk melakukan proses clear cache yaitu aplikasi clean master, penggunaan aplikasi ini pun cukup mudah kamu hanya tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Download dan install aplikasi clean master melalui google play store pada perangkat Android kamu
  • Kemudian buka aplikasi clean master tersebut dan pilih berkas sampah untuk menganalisis semua file sampah yang ada pada perangkat Android
  • Apabila proses analisis telah selesai, bersihkan semua cache tersebut dengan cara klik pada tab bersihkan sampah
  • Setelah itu tunggu hingga proses pembersihan selesai dan proses clear cache pada perangkat Android kamu telah berhasil

Itulah cara clear cache Android yang harus kamu lakukan secara rutin agar kamu bisa mengecek apakah ada data-data yang tidak penting yang tersimpan pada perangkat Android kamu. Jadi dari kedua cara diatas, mana yang menurut kamu paling mudah? Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait