Gadget

Jual 8 Juta Unit, Xiaomi Jadi Merek Smart TV Nomor 1 di India

Xiaomi berhasil menjual 8 juta unit smart TV di India dalam kurun waktu empat tahun.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Xiaomi Smart TV 5A. (Xiaomi India)
Ilustrasi Xiaomi Smart TV 5A. (Xiaomi India)

Hitekno.com - Xiaomi baru saja mengumumkan serta mengklaim bahwa mereka berhasil menjadi merek smart TV nomor satu di India. Perusahaan mengungkap bahwa mereka telah menjual 8 juta unit smart TV di India selama empat tahun.

Perlu diketahui, raksasa teknologi asal China itu meluncurkan Mi TV pertama di India pada Februari 2018. Xiaomi menawarkan smart TV di bawah mereknya sendiri serta Redmi.

Perusahaan menjual smart TV dalam berbagai segmen termasuk entry-level, midrange, hingga premium. Baik Xiaomi maupun Redmi TV ditenagai oleh PatchWall UI yang dirancang khusus untuk konsumen.

Klaim 8 juta unit dari Xiaomi ini bersumber dari data IDC's Worldwide Quarterly Smart Home Device Tracker, Mei 2022.

Berdasarkan firma riset IDC, Xiaomi berhasil mengklaim gelar sebagai merek smart TV nomor satu di India pada kuartal pertama 2022.

Xiaomi jadi merek smart TV nomor satu di India. (Xiaomi)
Xiaomi jadi merek smart TV nomor satu di India. (Xiaomi)

Chief Business Officer Xiaomi India, Raghu Reddy, mengungkap bahwa mereka bangga karena telah berperan dalam mendorong adopsi smart TV di negara tersebut. Ia turut memberikan pernyataan khusus dalam merayakan tonggak sejarah penjualan 8 juta unit smart TV di India.

"Kategori smart TV telah berkembang selama empat tahun terakhir, dan kami bangga telah memainkan peran penting dalam mendorong adopsi smart TV di India. Kami telah mengembangkan hubungan yang mendalam dengan konsumen selama bertahun-tahun. Itu membantu dalam mendorong batas inovasi kami dan memperkuat komitmen dengan memenuhi kebutuhan mereka," kata Chief Business Officer Xiaomi India, Raghu Reddy, dikutip dari Gizmochina.

Pada laporan terpisah, Xiaomi juga telah meluncurkan smart TV di Indonesia pada kuartal kedua 2022. Xiaomi TV Q1E 55 menjadi TV pertama Xiaomi Indonesia yang mendukung siaran digital DVB T-2.

Xiaomi jadi merek smart TV nomor satu di India. (Xiaomi)
Xiaomi jadi merek smart TV nomor satu di India. (Xiaomi)

Perangkat memiliki layar 4K Quantum Dot-based LED (QLED) dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai 97%, serta spektrum warna NTSC min 100% yang menghasilkan pengalaman premium.

Dibanderol Rp 8.499.000, Xiaomi TV Q1E 55 inci menawarkan beberapa fitur termasuk Dolby Vision, HDR10+, dukungan Chromecast, Android TV 10, dan teknologi MEMC hingga 60Hz. Perusahaan sebelumnya juga telah memasarkan smart TV di segmen entry level yaitu Mi TV 4 32 inci dengan banderol harga mulai dari Rp 2.199.000.

Berita Terkait