Gadget

Perbedaan Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6, HP Gaming Terbaru

Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6, apa bedanya?

Agung Pratnyawan

Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6. (HiTekno.com)
Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Perbedaan Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6 cukup menarik perhatian para gamer mobile. Pasalnya keduanya mengusung nama yang mirip namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6 yang signifikan terlihat dari harga kedua HP gaming terbaru ini.

Asus ROG Phone 6 Pro dibanderol Rp 13 juta sementara POCO F4 GT Asus ROG Phone 6 Pro sebagai flagship gaming mencapai Rp 17 juta. Keduanya pun juga menyasar segmen yang sama, yaitu penikmat game dan smartphone performa tinggi. Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro untuk sementara ini baru di pasar Eropa dan India.

Belum diketahui apakah Asus juga akan merilis duo HP gaming ini di Indonesia atau tidak. Dari segi desain, Asus ROG Phone 6 Pro dan Asus ROG Phone 6 memiliki desain yang mirip. Smartphone terbaru Asus ini telah mengantongi sertifikat IPX4. Artinya, body smartphone tahan terhadap cipratan air normal dari berbagai arah.

Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan daya tahan Asus ROG Phone 6 Pro dan Asus ROG Phone 6 terhadap cipratan air hujan. ROG Phone 6 ditawarkan dalam pilihan warna Phantom Black dan Storm White, sementara ROG Phone 6 Pro ditawarkan dalam pilihan warna Storm White.

Lantas perbedaan apalagi yang terlihat dari kedua smartphone ini? Berikut Perbedaan Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6 yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6

Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6. (HiTekno.com)
Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6. (HiTekno.com)

Secara dimensi, kedua smartphone Asus ini memiliki dimensi 73 x 77 x 10.3 mm dengan bobot 239 gram dan memiliki tombol air trigger di sisi kanan khas HP gaming.

Untuk tampilan fisiknya, ASUS ROG Phone 6 dan 6 Pro mengusung layar AMOLED 6,78 inci, refresh rate 165 Hz, touch sampling rate 720 Hz, resolusi 1.080 x 2.448 piksel, gamut warna DCI-P3 111 persen, HDR10+, dan sudah berlapis Corning Gorilla Glass Victus.

Tak ketinggalan, Asus menyertakan sistem pendingin yang diklaim dapat menurunkan suhu ponsel hingga 10 derajat celcius. ROG Phone 6 Pro dan ROG Phone 6 ditenagai oleh chipset Snapdragon 8+ Gen 1. Namun konfigurasi RAM pada kedua ponsel dibuat berbeda. ROG Phone 6, RAM dan penyimpanannya adalah 12 GB + 256 GB.

Sementara Asus ROG Phone 6 Pro memiliki konfigurasi RAM dan penyimpanan 18GB + 512 GB (UFS 3.1). Baik Asus ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro tidak mendukung perluasan penyimpanan melalui kartu microSD.

Di sektor daya, keduanya dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh yang dapat diisi ulang melalui port USB type-C yang tersedia di bawah dan samping. Untuk pengisian ulangnya, smartphone ini juga didukung fast charging 65 watt.

Kamera dan Fitur Lain Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6

Asus ROG Phone 6 Series. (Asus)
Asus ROG Phone 6 Series. (Asus)

Dari sektor kamera, keduanya dibekali tiga kamera belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 50 MP (sensor Sony IMX 766), ultra-wide 13 MP dan kamera makro 5 MP. Untuk aktivitas selfie atau panggilan video, kedua smartphone ini menawarkan kamera depan 12 MP, didukung sensor Sony IMX 663.

Di aspek software, keduanya menjalankan sistem operasi Android 12. Fitur lain yang dibawa keduanya meliputi koneksi Wifi 6, NFC, dua port USB-C, IPX4 untuk tahan percikan air, dan jack audio 3,5 mm.

Sebagai HP gaming, keduanya kompak disertai dengan tombol Air Trigger pada sisi kanan dan belakang smartphone untuk membantu pengguna menavigasi game.

Fitur lainnya yang turut melengkapi duo ROG Phone 6 yaitu speaker ganda, tiga mikrofon, audio spasial Dirac Virtuo dan colokan audio 3,5 mm. Itulah perbedaan Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6.

Itulah Perbedaan Asus ROG Phone 6 Pro vs Asus ROG Phone 6, masing-masing HP gaming ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.  

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait