Gadget

Tutorial Cara Cek RAM HP Realme dengan Mudah dan Praktis

Mudah dan praktis, ini cara cek RAM HP Realme.

Agung Pratnyawan

Realme 9 Pro Plus. (Instagram/ realmeindonesia)
Realme 9 Pro Plus. (Instagram/ realmeindonesia)

Hitekno.com - Bagi kamu pengguna HP Realme, apakah sudah tahu cara cek RAM HP Realme? Kalua belum itu artinya kamu harus menyimak ulasan di bawah ini ya. Tim HiTekno.com telah merangkum tutorial HP Android bagaima melihat kapasitas RAM.

Realme merupakan perusahaan elektronik konsumen dan komunikasi seluler yang menyajikan produk dengan kinerja yang kuat dan desain yang stylish dengan menawarkan harga yang cukup terjangkau, oleh karena itu tidak heran apabila HP dengan brand Realme ini populer di berbagai kalangan.

HP Realme memang masuk kedalam golongan HP yang memiliki harga murah, namun soal spesifikasi maupun fiturnya HP Realme tidak kalah apabila dibandingkan dengan brand lainnya.

Seperti misalnya pada bagian RAMnya, RAM pada HP Realme rata-rata memiliki kapasitas 2 GB, 4 GB, 6 GB, 8 GB bahkan hingga 12 GB.

Jadi dengan ukuran RAM yang semakin besar maka akan semakin besar juga ruang yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi untuk proses multitasking.

Realme 9 Pro. (Instagram/ realmeindonesia)
Realme 9 Pro. (Instagram/ realmeindonesia)

Lalu bagaimana cara cek RAM HP Realme? Caranya mudah kok, kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah tutorial HP Android berikut ini :

1. Cek RAM HP Realme melalui Recent App

  • Buka menu Pengaturan pada HP Realme kamu
  • Kemudian cari dan pilih menu Pengaturan Tambahan
  • Lalu scroll kebawah untuk mencari opsi menu Tampilkan informasi RAM/Memori untuk tugas terbaru
  • Kemudian Aktifkan opsi menu Tampilkan informasi RAM/Memori untuk tugas terbaru tersebut dengan cara menggulirkan tombolnya kesamping hingga berwarna hijau
  • Tutup menu pengaturan tersebut dan buka Recent App, setelah itu sisa RAM yang tersedia beserta kapasitas RAM yang dimiliki oleh HP Realme tersebut akan terlihat di bagian bawah layar atau di menu aplikasi yang berjalan di latar belakang

2. Cek RAM HP Realme melalui menu Setting

  • Buka menu Setting pada HP Realme kamu
  • Scroll ke bawah untuk mencari menu about phone atau tentang telepon
  • Setelah itu buka menu about phone atau tentang telepon tersebut, maka pada halaman tersebut kamu bisa melihat RAM yang dimiliki oleh HP Realme kamu pada kolom bagian RAM

3. Cek RAM HP Realme melalui aplikasi CPU-Z

  • Download dan install aplikasi cpu-z pada hp realme kamu
  • Apabila proses instalasi telah selesai, buka aplikasi cpu-z dan tunggu proses analisis selesai
  • Setelah itu klik pada tab menu device maka seluruh detail informasi dan spesifikasi tentang hp realme kamu akan ditampilkan di sana, termasuk juga kapasitas ram

Itulah beberapa pilihan cara cek RAM HP Realme yang bisa kamu gunakan dengan mudah dan praktis.

Jadi apakah kamu sudah mengecek berapa kapasitas RAM yang dimiliki HP Realme kamu? Kalua belum pilih saja salah satu cara cek RAM HP Realme di atas untuk melihatnya. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait