Gadget

2 Cara Cek RAM HP Samsung, Detail dan Lengkap

Mudah dan praktis, ini cara cek RAM HP Samsung.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy A33 5G. (Samsung)
Samsung Galaxy A33 5G. (Samsung)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara cek RAM HP Samsung dengan mudah dan lengkap. Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial HP Android bagaiman untuk melihat berapa kapasitas memory.

Bagi kamu pengguna HP dengan merk Samsung, kamu harus mengetahui cara cek RAM HP Samsung agar kamu bisa menyimpan berbagai aplikasi untuk proses multitasking tanpa perlu repot-repot menutup aplikasi favorit kamu karena semakin besar RAM yang terpasang pada sebuah HP maka semakin cepat juga perangkat tersebut bekerja.

RAM atau Random Access Memory adalah komponen penting pada sebuah HP yang berfungsi untuk menyimpan data dari sistem atau aplikasi secara sementara.

Sebagai sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Korea Selatan, Samsung menjadi salah satu brand terpopuler di Indonesia karena menyajikan aplikasi bawaan yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau.

Selain itu brand yang satu ini juga menawarkan berbagai jenis HP dengan kapasitas RAM yang cukup variatif, sehingga kamu bisa memilih kapasitas RAM yang ingin kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Review Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)
Review Samsung Galaxy A03s. (HiTekno.com/ Rezza Dwi Rachmanta)

Jadi berapa RAM HP Samsung kamu? Kalau belum tahu, kamu bisa melihatnya dengan menggunakan cara cek RAM HP Samsung berikut ini ya :

1. Cek RAM HP Samsung melalui menu Pengaturan

  • Buka menu pengaturan atau settings pada hp samsung kamu
  • Kemudian pilih menu perawatan perangkat atau device care
  • Lalu klik pada opsi menu memory
  • Setelah itu pada halaman selanjutnya akan muncul berbagai informasi mengenai kapasitas RAM, sisa ruang memori, aplikasi yang sedang berjalan, dan berbagai informasi lainnya tentang hp samsung kamu
  • Selain itu kamu juga bisa mengatur pemakaian RAM, dengan cara menekan tab clean now

2. Cek RAM HP Samsung menggunakan aplikasi AIDA64

  • Download dan install aplikasi AIDA64 pada HP Samsung kamu
  • Apabila proses instalasi telah selesai, buka aplikasi tersebut dan tap pada bagian System
  • Maka akan muncul berbagai informasi tentang HP tersebut mulai dari kapasitas RAM, tipe HP, sistem Android yang sedang digunakan, CPU dan GPU yang dipakai, Battery Health, dan lain sebagainya

Itulah cara cek RAM HP Samsung yang bisa kamu gunakan dengan mudah baik tanpa aplikasi maupun dengan menginstall aplikasi tambahan pada HP kamu agar kamu tahu batas kemampuan dari HP Samsung yang kamu miliki.

Gunakan cara cek RAM HP Samsung tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial HP Android di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait