Bersama Octopus, Xiaomi Indonesia Hadirkan Inisiatif Kelola Daur Ulang Sampah Elektronik

Inisiasi tersebut ditandai dengan donasi sampah elektronik secara simbolis oleh Xiaomi Fans dan karyawan Xiaomi Indonesia yang berpartisipasi dalam Octopus Takes Over Jakarta

Agung Pratnyawan
Kamis, 30 Juni 2022 | 14:11 WIB
Penyerahan Simbolis Xiaomi x Octopus. (Xiaomi Indonesia)

Penyerahan Simbolis Xiaomi x Octopus. (Xiaomi Indonesia)

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia menghadirkan inisiasi pengelolaan daur ulang sampah elektronik sebagai bagian dari komitmen Xiaomi untuk memberikan dampak lebih luas dalam ekonomi sirkular dan inovasi rantai pasok di Indonesia.

Dalam menghadirkan inisiasi ini, Xiaomi Indonesia menggandeng Octopus yang dikenal sebagai platform ekonomi sirkular yang berperan sebagai pengelola sampah elektronik sekaligus memberdayakan komunitas pelestari yang dibina mereka.

Inisiasi tersebut ditandai dengan donasi sampah elektronik secara simbolis oleh Xiaomi Fans dan karyawan Xiaomi Indonesia yang berpartisipasi dalam Octopus Takes Over Jakarta yang digelar di Hutan Kota GBK pada Minggu (26/6).

Baca Juga: Tutorial Praktis, Ini Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Xiaomi

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah sebagai kampanye dalam memperingati HUT Jakarta ke-495 yang digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam rangka menyambut Jakarta Hajatan 2022.

Langkah simbolis tersebut menjadi permulaan dari kerja sama Xiaomi Indonesia dengan Octopus untuk pengelolaan dan daur ulang sampah elektronik melalui drop-off point yang nantinya akan tersedia di Xiaomi Store terpilih di Jakarta.

Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao mengatakan, "Sebagai perusahaan yang masih tergolong muda, Xiaomi berkomitmen untuk turut andil dalam mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. Kami sadar tentang kewajiban untuk lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, inisiatif ini menjadi sebuah gerakan kesadaran bersama Xiaomi Fans dan konsumen kami untuk menghadirkan manfaat bagi lebih banyak orang melalui inovasi dan kolaborasi".

Baca Juga: Daftar Harga HP Xiaomi Juni 2022 Terbaru di Indonesia, Lengkap dan Resmi

Sementara itu CEO Octopus, Moehammad Ichsan, menyambut baik kemitraan dengan Xiaomi Indonesia, "Kami sangat mengapresiasi keterlibatan brand teknologi seperti Xiaomi untuk bergabung dalam konsep ekonomi sirkular dalam mengurangi dampak bisnis terhadap lingkungan. Keterlibatan berbagai pihak tentunya menjadi kunci bagi kami untuk mempromosikan ekonomi sirkular yang bertujuan menciptakan lingkungan lestari dan berkelanjutan."

Foto Sampah Elektronik. (Xiaomi Indonesia)
Foto Sampah Elektronik. (Xiaomi Indonesia)

Tidak hanya bagi konsumen Xiaomi, rencananya mulai bulan Juli mendatang masyarakat umum dapat berpartisipasi mendaur ulang sampah elektronik berukuran kecil dengan mendatangi Xiaomi Store terpilih di Jakarta dan mengunduh aplikasi Octopus.

Setelah melakukan drop-off sampah elektronik, nantinya konsumen akan mendapatkan poin di aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati berbagai promo menarik.

Baca Juga: Bantu Pemenuhan Kebutuhan Gizi Lintas Generasi, Xiaomi Indonesia Salurkan Donasi Ramadan 2022

Sepuluh lokasi Xiaomi Store yang menjadi drop-off point Octopus di Jakarta tersebut adalah Aeon Jakarta Garden City (Jakarta Timur), Mall Kelapa Gading, Mall Artha Gading, Mall Emporium Pluit (Jakarta Utara) Lippo Mall St. Moritz, Central Park (Jakarta Barat), ITC Roxy Mas (Jakarta Pusat), Kota Kasablanka, Gandaria City dan Mall Pondok Indah (Jakarta Selatan).

Sampah elektronik tersebut secara berkala akan diambil oleh pelestari Octopus untuk kemudian diserahkan kepada pengusaha pengolah sampah dan diproses serta dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir.

Octopus Indonesia sendiri merupakan platform ekonomi sirkular yang didirikan oleh anak bangsa pada tahun 2018. Sebagai platform penggerak industri daur ulang, Octopus berkomitmen agar sampah plastik tidak berakhir ke tempat pembuangan sampah ataupun mencemari lingkungan.

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra, Pakai Chipset Baru dari Qualcomm

Hal ini sekaligus akan mendorong para pelaku usaha untuk aktif menanggulangi masalah sampah di Indonesia dengan meningkatkan aktivitas ekonomi sirkular.

Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak