Gadget

Tutorial Microsoft Excel, Cara Menampilkan Angka Nol di Awal

Mudah dan praktis, ini cara menampilkan angka nol di awal pada Microsoft Excel.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara menampilkan angka nol di awal pada Microsoft Excel dengan mudah. Ikuti tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Kamu pasti pernah kan mencoba memasukkan sederetan angka yang diawali dengan angka Nol pada program Microsoft Excel tapi angka Nol tersebut tiba-tiba menghilang?

Hal seperti itu terjadi karena program Microsoft Excel mengenali angka Nol tersebut sebagai angka untuk penghitungan sehingga angka Nol di awal akan secara otomatis dihilangkan.

Jadi apabila kamu ingin menampilkan angka Nol tersebut di awal maka kamu harus membuat angka Nol tersebut dianggap sebagai teks oleh program Microsoft Excel.

Nah cara menampilkan angka Nol di awal pada Microsoft Excel bisa kamu lakukan dengan berbagai pilihan langkah-langkah mudah, mulai dari dengan menambahkan tanda petik diatas pada awal angka Nol, mengubah format sel menjadi teks atau dengan custom format.

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang paling diandalkan untuk menyelesaikan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan angka.

Oleh karena itu tidak heran apabila pada program Microsoft Excel sudah dibekali dengan berbagai macam fitur pemformatan yang lengkap untuk memudahkan kamu dalam mengolah data.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Nah untuk cara menampilkan angka Nol di awal pada Microsoft Excel sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah hanya tinggal mengikuti tutorial di bawah ini saja:

1. Menambahkan tanda petik di atas (')

Cara yang satu ini tidak memerlukan rumus ataupun langkah-langkah yang sulit, kamu hanya tinggal mengetik di kolom yang kamu inginkan diawali dengan tanda petik diatas (') lalu diikuti dengan angka Nol dan angka-angka berikutnya lalu tekan Enter.

Misalnya : '012345, maka secara otomatis Tanda petik diatas (') tersebut akan mengkonversikan angka yang kamu ketik sebagai teks.

2. Mengubah format sel menjadi teks

  • Buka program Microsoft Excel pada perangkat kamu dan blok semua cell tempat kamu ingin menampilkan angka Nol di awal
  • Kemudian klik kanan
  • Maka akan muncul beberapa pilihan opsi menu, klik pada opsi menu Format Cells
  • Pada dialog box yang muncul, klik pada Tab Number lalu pada daftar menu Category klik opsi Text
  • Setelah itu klik OK dan selesai! Sekarang semua cell yang sudah kamu blok sebelumnya telah diformat menjadi teks sehingga apabila kamu memasukkan angka Nol akan secara otomatis diubah menjadi format teks dan angka Nol akan langsung muncul pada cell tersebut

3. Membuat custom format ( Format cell sendiri )

  • Blok cell berisi angka Nol di awal yang ingin ditampilkan
  • Kemudian klik kanan dan pilih Format Cells
  • Lalu pada tab category Format Cells pilih opsi menu Custom
  • Pada kolom box Type masukkan "0"#
  • Setelah itu klik OK dan selesai! Maka angka Nol di awal pada cell tersebut akan secara otomatis ditampilkan

Itulah beberapa cara menampilkan angka Nol di awal pada Microsoft Excel yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu. Jadi dari beberapa cara diatas, mana yang menurut kamu paling mudah? Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait