Gadget

Tutorial Praktis, Ini Cara Membuat Gambar di Excel menjadi Transparan

Mudah dan praktis, ikuti cara membuat gambar di Excel menjadi transparan berikut ini.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat gambar di Excel menjadi transparan dengan mudah dan praktis. Ikuti tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengolah sebuah data yang berisi berbagai macam rumus, perhitungan dasar, tabel, grafik hingga manajemen data, gambar transparan pada dokumen Microsoft Excel.

Hal ini biasanya digunakan sebagai background agar dokumen yang sudah susah payah kita buat tidak bisa dicopy oleh orang lain tanpa izin dari kita terlebih dahulu.

Nah untuk cara membuat gambar di Excel menjadi transparan sendiri bisa kamu lakukan dengan mudah loh! Ikuti tutorial dari HiTekno.com berikut ini.

Karena pada program Microsoft Excel tentu sudah disediakan tools bawaan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat gambar menjadi transparan.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Jadi kamu hanya perlu menyiapkan gambar yang ingin kamu gunakan pada dokumen Microsoft Excel kamu lalu atur transparansinya sesuai dengan kebutuhan kamu. Gimana? Terdengar cukup mudah bukan?

Lalu untuk cara membuat gambar di Excel menjadi transparan selengkapnya bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini :

  • Buka dokumen Microsoft Excel yang ingin kamu buat gambar nya menjadi transparan
  • Kemudian pilih menu Insert dan klik pada opsi menu Shape
  • Maka akan muncul beberapa pilihan shape atau bentuk dari gambar yang bisa kamu gunakan, lalu pilih shape sesuai dengan keinginan kamu
  • Apabila kamu sudah memilih shape untuk gambar yang ingin kamu gunakan maka shape tersebut akan secara otomatis muncul pada dokumen Excel kamu, dan kamu bisa klik kanan pada shape tersebut
  • Lalu pilih menu Format Shape
  • Pada menu Fill, pilih opsi menu Picture or texture dan klik tombol File untuk menambahkan gambar yang ingin kamu jadikan transparan
  • Selanjutnya kamu bisa mengatur tingkat transparan gambar tersebut melalui opsi menu Transparency dengan cara menggeser slider transparansi pada panel tersebut ( angka 0% pada kotak di samping slider transparansi akan membuat gambar sepenuhnya buram, sedangkan angka 100% pada kotak di samping slider transparansi akan membuat gambar sepenuhnya transparan )
  • Setelah itu klik tombol Close apabila kamu telah selesai melakukan pengaturan

Itulah cara membuat gambar di Excel menjadi transparan yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk melindungi dokumen-dokumen penting yang telah kamu buat. Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait