Gadget

Tutorial Cara Menambahkan Kolom dan Baris di Excel, Mudah dan Praktis

Cepat dan praktis, ini cara menambahkan kolom dan baris di Excel.

Agung Pratnyawan

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara menambahkan kolom dan baris di Excel dengan cepat dan praktis? Ikuti tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Sebagai sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik atau angka, dalam program Microsoft Excel sudah pasti dilengkapi dengan fitur untuk menambahkan kolom dan baris agar kamu bisa lebih mudah pada saat melakukan perhitungan data.

Nah untuk cara menambahkan kolom dan baris di Excel bisa kamu lakukan dengan mudah melalui berbagai macam cara mulai dari melalui tab Home maupun dengan cara klik kanan pada mouse kamu.

Kolom dan baris yang terdapat pada program Microsoft Excel biasanya digunakan untuk menginput data, kolom tersebut merupakan bagian dari worksheet yang melintang dalam bentuk vertikal atau dari atas ke bawah dan ditandai dengan huruf A,B,C, dan seterusnya.

Sedangkan baris sendiri merupakan susunan spreadsheet dalam bentuk horizontal atau dari kanan ke kiri yang diwakili dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya.

Microsoft Excel. (Microsoft)
Microsoft Excel. (Microsoft)

Cara menambahkan kolom dan baris di Excel melalui Tab Home bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorial Microsoft Excel berikut ini :

  • Arahkan kursor mouse kamu pada kolom data ataupun baris data sesuai dengan keinginan kamu
  • Lalu klik tab Home
  • Klik tab insert dan pilih menu Insert Sheet Column untuk menambahkan kolom baru, sedangkan apabila kamu ingin menambahkan baris baru pada tab insert maka kamu tinggal pilih menu Insert Sheet Rows saja
  • Selesai! Setelah itu kolom dan baris akan secara otomatis ditambahkan pada dokumen Excel kamu

Selain cara diatas, kamu juga bisa menambahkan kolom dan baris di Excel menggunakan shortcut Klik kanan melalui mouse kamu dengan mengikuti langkah-langkah tutorial Microsoft Excel di bawah ini :

  • Klik kanan pada kolom ataupun baris yang ingin kamu tambahkan
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu, pilih menu Insert
  • Setelah itu kolom ataupun baris baru akan ditambahkan secara otomatis di dokumen Excel kamu, nah apabila kamu ingin menambahkan lebih dari satu kolom ataupun baris maka kamu bisa mengulangi langkah tersebut berkali-kali

Itulah cara menambahkan kolom dan baris di Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk memperbanyak jumlah kolom maupun baris sesuai dengan kebutuhan kamu. Selamat mencoba tutorial Mirosoft Excel di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait