4 Trik Mengatasi Internet Lemot dan Menjaga HP Tetap Ngebut

Maksimalkan Samsung Galaxy A03 Series, ini cara mengatasi internet lemot dan menjaga HP tetap ngebut.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 24 Juni 2022 | 16:51 WIB
Samsung Galaxy A03 Series. (Samsung Indonesia)

Samsung Galaxy A03 Series. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Sering mengalami gangguan internet lemot yang berdampak pada HP? Berikut ini tips cara mengatasi internet lemot yang dibagikan Samsung melalui rilis resminya.

Lagi googling, tapi hasil pencariannya lama keluar. Lagi seru-serunya nonton, tapi buffering. Lagi video call, tapi putus-putus. Internet lemot memang bikin jengkel dan hambat aktivitas sehari-hari.

Nggak mau kan hal ini menimpa kamu? Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kecepatan internet, bahkan bikin smartphone kamu terasa seperti baru.

Baca Juga: Battle Samsung Galaxy A03 vs Samsung Galaxy A03 Core, Pilih Mana?

Menariknya lagi, trik jitu ini bisa diterapkan di smartphone harga sejutaan sekalipun, seperti Samsung Galaxy A03 Series. Dengan layar, memori, dan baterai yang besar serta jaringan 4G, sensasimu berselancar di internet pakai smartphone terjangkau jadi lebih lancar.

Simak cara memaksimalkan kecepatan internet dan performa smartphone di Samsung Galaxy A03 Series berikut:

Lakukan restart secara berkala

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A03, HP Murah 1 Jutaan dengan Chipset Unisoc

Tiap harinya, kita bisa menggunakan smartphone berjam-jam. Ada kalanya smartphone yang dipakai terus menerus jadi overheat, yang bikin smartphone jadi lemot dan koneksi internetnya pun jadi lemah.

Maka dari itu, me-restart smartphone secara berkala jadi penting dilakukan supaya kinerja smartphone terjaga dalam jangka panjang.

Koneksi internet di smartphone bisa melambat disebabkan juga oleh hal-hal yang tidak kamu ketahui. Di saat-saat seperti itu, restart smartphone juga dapat menjadi solusi karena sistem bisa kembali bekerja dalam kondisi “bersih” dan kembali pulih dengan fungsi yang normal seperti sediakala.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy A03, HP Rp 1 Jutaan dengan Kamera 48 MP

Selain restart saat terjadi kendala, kita juga bisa mematikan smartphone saat sedang dicas agar sistem benar-benar istirahat, sekaligus menghindari perangkat menjadi panas akibat dicas sambil digunakan.

Tutup, nonaktifkan, atau hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Semakin sering kita pakai smartphone untuk buka berbagai aplikasi, maka smartphone bisa mengalami hang dan bikin internetnya juga ikut lemot.

Baca Juga: Masuk ke Indonesia Rp 1 Jutaan, Ini Fitur Samsung Galaxy A03

Selain me-restart smartphone secara berkala untuk menjaga agar selalu responsif, kita juga bisa meningkatkan kenyamanan berinternet pakai smartphone dengan memerhatikan kebiasaan dalam menggunakan aplikasi.

Misalnya, sering kali kita hanya menekan tombol back atau home setelah menggunakan aplikasi. Hal tersebut ada baiknya dihindari karena aplikasi tersebut sejatinya tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan "secara diam-diam" sehingga tetap memakan RAM, bahkan ikut mengonsumsi kuota data yang bikin koneksi internet jadi lebih lambat.

Kebiasaan lain yang perlu dihindari adalah mengunduh dan menyimpan banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan yang pada akhirnya memakan terlalu banyak memori.

Kamu bisa menutup aplikasi secara utuh dengan mudah melalui langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tekan ikon ||| pada navigasi di bagian bawah
  2. Pilih opsi Tutup Semua. Kalau hanya ingin menutup aplikasi tertentu saja, swipe tampilan aplikasi yang tidak dibutuhkan ke arah atas
Samsung Galaxy A03 Series - Tutup Aplikasi. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A03 Series - Tutup Aplikasi. (Samsung Indonesia)

Untuk menonaktifkan atau menghapus aplikasi, kamu bisa mengikuti cara-cara di bawah ini:

Cara 1:

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang ingin diatur
  4. Pilih Nonaktifkan atau Hapus Instalan sesuai pilihan yang tersedia
Samsung Galaxy A03 Series - Hapus Aplikasi. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A03 Series - Hapus Aplikasi. (Samsung Indonesia)

Cara 2:

  1. Saat di tampilan utama atau home, swipe ke atas untuk masuk ke app drawer
  2. Tekan lama ikon aplikasi yang ingin kamu atur, lalu pilih Nonaktifkan atau Hapus Instalan sesuai pilihan yang tersedia
Samsung Galaxy A03 Series - Hapus Aplikasi. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A03 Series - Hapus Aplikasi. (Samsung Indonesia)

Dengan menutup aplikasi secara utuh dan menonaktifkan, atau bahkan menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan, hal tersebut bukan hanya mengoptimalkan konektivitas internet, tapi juga akan memaksimalkan kinerja smartphone.

Pasalnya, hal tersebut akan membuat RAM dan ruang penyimpanan menjadi lebih lega, sehingga smartphone punya lebih banyak memori untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lebih lancar.

Blokir iklan yang mengganggu untuk browsing yang lebih lancar

Browsing jadi salah satu hal yang paling sering dilakukan dengan smartphone. Namun, jika kita browsing terus menerus, apalagi saat membuka situs-situs dengan banyak banner iklan, hal ini bisa bikin smartphone jadi lemot dan memperlambat koneksi internet.

Untuk browsing yang lebih nyaman dan lancar, ada baiknya kamu menggunakan fungsi blokir iklan yang bisa ditemukan di aplikasi browser seperti Google Chrome dan Samsung Internet.

Cara mengaktifkan fungsi blokir iklan di Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome, lalu klik ikon titik tiga yang ada di bagian kanan atas
  2. Pilih Setelan
  3. Pilih Setelan Situs
  4. Pilih Iklan
  5. Matikan toggle yang ada (artinya kamu memblokir atau tidak izinkan iklan muncul)
Samsung Galaxy A03 Series - Blokir Iklan. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A03 Series - Blokir Iklan. (Samsung Indonesia)

Cara mengaktifkan fungsi blokir iklan di Samsung Internet:

  1. Buka Samsung Internet, lalu klik ikon garis tiga yang ada di bagian kanan bawah
  2. Pilih Pemblokir Iklan
  3. Download aplikasi AdBlock for Samsung Internet atau aplikasi lain yang disarankan
  4. Jika aplikasi sudah diunduh, aktifkan toggle yang ada untuk aktifkan fungsi blokir iklan
Samsung Galaxy A03 Series - Blokir Iklan. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy A03 Series - Blokir Iklan. (Samsung Indonesia)

Maksimalkan jaringan 4G

Layanan 4G merupakan jaringan mobile yang paling terjangkau saat ini. Apalagi, migrasi 3G ke 4G makin gencar dilakukan operator guna mendukung pengguna menikmati internet yang lebih cepat untuk browsing, chatting, video call, streaming, hingga download konten yang lebih lancar.

Untuk memaksimalkan jaringan 4G, kamu bisa memilih operator mana yang memiliki jaringan terbaik di wilayah kamu untuk mendapatkan internet yang lebih lancar.

"Galaxy A03 Series hadir sebagai smartphone yang terjangkau bagi banyak orang, yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memaksimalkan performa dan mengatasi internet yang lemot. Tips-tips praktis ini dapat menghadirkan pengalaman berinternet 4G yang lebih baik dengan smartphone sejutaan, sehingga gaya hidup digital pun tetap bisa dinikmati secara maksimal tanpa bikin kantong bolong. Dengan begitu, Galaxy A03 Series dapat menjadi jawaban untuk kamu yang mendambakan akses internet lancar dan performa Awesome pakai smartphone yang terjangkau untuk mendukung aktivitas sehari-hari," ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Mau internet ngebut tanpa kantong jebol? Samsung Galaxy A03 Series yang terdiri dari Samsung Galaxy A03, Samsung Galaxy A03s, dan Samsung Galaxy A03 Core siap menemani kamu menjalani kegiatan sehari-hari dengan lancar.

Berkat RAM hingga 4GB, kamu bisa lancar multitasking dan pakai banyak aplikasi sekaligus dengan konektivitas internet yang terjaga. Kamu pun akan mendapat storage yang besar hingga 128GB, jadi perangkat tidak cepat lemot meski simpan banyak aplikasi, foto, video, maupun dokumen.

Menariknya, seluruh lini Samsung Galaxy A03 Series dilengkapi slot microSD untuk memori eksternal hingga 1TB, jadi kamu tidak perlu khawatir ruang penyimpanan cepat habis.

Khusus untuk Samsung Galaxy A03 Core, sistem operasi Android 11 Go Edition-nya bisa memaksimalkan penggunaan RAM dan memori internal, jadi berbagai aplikasi seperti Google Go, YouTube Go, dan Maps Go bisa dijalankan secara optimal, terasa lincah dan hemat kuota data.

Dapatkan Samsung Galaxy A03 Series dengan harga terjangkau secara mudah

Samsung Galaxy A03 Series. (Samsung)
Samsung Galaxy A03 Series. (Samsung)

Samsung Galaxy A03 Series bisa kamu dapatkan langsung di toko daring dan toko retail untuk langsung menikmati pengalaman 4G yang Awesome. Berikut harga dan pilihan warna Samsung Galaxy A03 Series:

  • Samsung Galaxy A03 varian baru 4GB/128GB tersedia di harga Rp1.999.000 dengan warna Biru, Hitam, dan Merah. Tersedia juga varian 4GB/64GB di harga Rp1.799.000.
  • Samsung Galaxy A03s (3GB/32GB) tersedia di harga Rp1.599.000 dengan warna Biru dan Hitam.
  • Samsung Galaxy A03 Core (2GB/32GB) tersedia di harga Rp1.249.000 dengan warna Biru dan Hitam.

 

Samsung pun menawarkan berbagai promo Awesome untuk pembelian Samsung Galaxy A03 Series di seluruh channel. Nikmati harga spesial untuk paket data Telkomsel sebesar 96GB selama 6 bulan, cicilan 0% untuk uang muka dan bebas biaya admin untuk pembelian menggunakan Samsung Financing dan Home Credit, serta voucher Grab senilai Rp61.000. Promo berlaku selama periode 20 Mei s/d 31 Juli 2022.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak