Gadget

Adobe Photoshop Versi Web Bakal Digratiskan?

Adobe Photoshop Versi Web kini tengah menjalani uji coba.

Agung Pratnyawan

Adobe Photoshop. (Adobe)
Adobe Photoshop. (Adobe)

Hitekno.com - Adobe dilaporkan tengah melakukan pengujian pada Photoshop versi web. Laporan terbaru bahkan menyebutkan kalau Adobe Photoshop versi web akan digratiskan.

Diwartakan Suara.com, Adobe Photoshop versi web nantinya menjadi platform gratis agar bisa diakses lebih banyak orang. Juga ditujukan agar lebih banyak orang memakai aplikasi ini.

Saat ini uji coba Adobe Photoshop versi web tengah dilakukan di Kanada. Para pengguna bisa mengaksesnya melalui akun Adobe.

Adobe menggambarkan kalau Photoshop versi web itu adalah layanan premium.

Nantinya, beberapa fitur eksklusif bakal ditutup dan bisa digunakan kembali apabila pengguna mau berlangganan.

"Kami ingin membuat Photoshop lebih mudah diakses dan lebih mudah bagi banyak orang untuk mencoba dan merasakan produk ini," kata VP of Digital Imaging Adobe, Maria Yap, dikutip dari The Verge, Rabu (16/6/2022).

Adobe Photoshop versi web nantinya akan diluncurkan pada Oktober 2021 lalu.

Adobe Photoshop. (Adobe)
Adobe Photoshop. (Adobe)

Aplikasi Adobe Photoshop Versi Web tampil lebih sederhana yang dapat dipakai untuk menangani kebutuhan edit.

Berbeda dengan versi aplikasi untuk desktop, Photoshop versi browser tidak memiliki fitur yang lengkap.

Namun, Adobe memberikan sebuah tools yang bisa dipakai kreator untuk berkolaborasi dengan orang lain terkait editan gambar.

Tujuan Adobe melakukan ini adalah membuat Photoshop lebih mudah diakses dan berpotensi menarik pengguna agar berlangganan ke versi aplikasi reguler, untuk mengakses fitur lebih lengkap.

Cara ini juga dilakukan Adobe untuk beberapa aplikasi mobile seperti Fresco dan Express.

Photoshop versi web dinilai sangat penting karena platform bisa dimanfaatkan oleh pengguna Chromebook, yang mana mereka kebanyakan berasal dari kalangan pelajar.

Itulah laporan terkini Adobe Photoshop versi web yang nantinya akan diluncurkan sebagai platform gratis. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait