Gadget

Bemper Mobil Penyok? Jangan Asal Memperbaiki Bisa Fatal!

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok. Mayoritas orang akan mengatasi bemper mobil mereka yang penyok dengan membawanya ke bengkel body repair.

Agung Pratnyawan

Bemper Mobil Penyok. (Pixabay)
Bemper Mobil Penyok. (Pixabay)

Hitekno.com - Memiliki mobil merupakan salah satu keuntungan tersendiri untuk kita, namun tak dipungkiri terkadang kita pasti mengalami hal yang diluar dugaan seperti bemper mobil penyok. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat memanfaatkan aplikasi bengkel mobil untuk mencari bengkel mobil recommended terdekat. Kita memang harus siap dengan berbagai risiko yang membuat bemper mobil menjadi penyok.

Bemper mobil sendiri merupakan komponen mobil yang paling luar yang terletak pada bagian depan dan belakang. Tak heran apabila komponen ini rentan rusak ketika terjadi peristiwa tabrakan berat bahkan ringan. Bemper mobil memiliki bentuk yang bervariasi tergantung jenis mobilnya.

Dahulu, bemper mobil bukan merupakan komponen yang wajib pada mobil, namun kini bemper mobil sangat penting sebagai komponen paling luar mobil. Ketika bemper mobil kita penyok, tentu kita harus segera memperbaikinya sebelum kerusakan tersebut menjadi lebih parah.

Cara untuk Mengatasi Bumper Mobil Penyok

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki bumper mobil yang penyok. Mayoritas orang akan mengatasi bemper mobil mereka yang penyok dengan membawanya ke bengkel body repair. Namun, banyak pula yang mengatasi bemper mobil penyok dengan cara alternatif mereka sendiri.

Beberapa orang mengatasi bemper mobil mereka yang penyok dengan menggunakan air panas. Hal ini dapat dilakukan tetapi hal tersebut tidak dapat mengembalikan kondisi bemper seperti kondisi semula. Cara seperti ini juga dapat menimbulkan kerusakan pada cat mobil Anda. Selain menggunakan air panas, banyak orang juga memperbaiki penyok pada mobil dengan menggunakan hair dryer. 

Anda dapat memanaskan bemper mobil menggunakan hair dryer terlebih dahulu, kemudian ketika sudah sedikit meleleh Anda dapat mendorongnya dengan tangan. Selain dua cara tersebut, beberapa orang juga sering menggunakan palu karet. Namun, cara-cara tersebut tentu menimbulkan risiko kerusakan lain.

Cara yang lebih tepat untuk memperbaiki bumper mobil penyok yaitu dengan heater gun. Agar tidak menambah parah penyok pada bemper mobil, sebaiknya Anda memperbaiki bemper mobil di bengkel. Salah-salah memperbaiki bemper sendiri dikhawatirkan justru akan merusak bagian lain.

Biaya Perbaikan Bemper Mobil yang Penyok

Mengalami kerusakan pada bemper mobil memang peristiwa yang tidak mengenakkan. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat tampilan mobil kita menjadi tidak menarik lagi. Selain itu, kita juga harus meluangkan waktu ekstra untuk memperbaikinya. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan juga tidak murah. Tentu menyita banyak waktu, tenaga, uang, dan perhatian kita hanya untuk sekedar memperbaiki bumper mobil.

Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan pada bagian lain, membawa mobil ke bengkel adalah pilihan yang aman dan tepat. Memperbaiki bumper mobil penyok ini dapat Anda lakukan di bengkel resmi, bengkel umum, maupun bengkel ketok magic. Bengkel-bengkel tersebut dapat memperbaiki bumper mobil dengan harga yang berbeda-beda.

Sebelum terburu-buru memperbaiki, sebaiknya Anda mengecek kondisi bemper mobil Anda terlebih dahulu. Apakah kerusakannya parah atau tidak? Semakin parah penyok bemper makan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Bengkel biasanya mematok harga perbaikan bemper penyok dengan hitungan panjang dan per panel. 

Bumper yang penyok sepanjang 10 sampai 20 cm biasanya dipatok harga 100 hingga 200 ribu tergantung keparahan penyok. Apabila kerusakan hingga mengakibatkan bemper robek, maka biaya yang harus Anda keluarkan pasti lebih tinggi. Biaya ini belum termasuk dengan biaya pengecatan ulang bemper mobil Anda.

Tempat Servis Berkualitas

Untuk mengurangi biaya yang Anda keluarkan, sebaiknya Anda memperbaiki mobil Anda di bengkel umum. Bengkel umum akan memperbaiki bumper mobil penyok Anda dengan rapi dan biaya yang terjangkau dibandingkan dengan bengkel resmi. Anda juga dapat mengkonsultasikan kerusakan dan perawatan mobil pada mekanik dengan lebih mudah dan leluasa. Selain itu, bengkel umum juga memiliki fasilitas yang lengkap tidak kalah dengan bengkel resmi. Tak kalah profesional dengan bengkel resmi.

Untuk mencari bengkel umum profesional dan recommended, Anda dapat mencarinya di aplikasi Otoklix. Otoklix memiliki lebih dari 2000 mitra bengkel umum pilihan di wilayah Jabodetabek. Kita dapat melakukan booking kapanpun dan dimanapun hanya dengan sekali klik. Kita juga dapat mengetahui biaya perawatan dan perbaikan di awal booking. Tentunya tak perlu khawatir akan biaya tambahan yang tiba-tiba disodorkan karena harga transparan.

Menariknya lagi, kita dapat menghemat biaya hingga 50% dari harga di bengkel resmi. Tak hanya itu, ada pula garansi 30 hari setelah pengerjaan. Pembayaran pun juga fleksibel dapat dilakukan di bengkel mitra. Platform yang sangat memudahkan kita untuk mencari bengkel yang recommended bukan?

Nah demikian tadi beberapa informasi yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki bumper mobil penyok. Konsultasikan dengan benar ke bengkel mitra kondisi kerusakan bemper mobil Anda untuk menghindari biaya yang tak terduga. Hal yang paling penting adalah berhati-hati ketika berkendara.

Berita Terkait