Gadget

Tutorial Praktis, Cara Membuat Background Transparan di Microsoft Word

Mudah dan praktis, ikuti cara membuat background transparan di Microsoft Word ini.

Agung Pratnyawan

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara membuat background transparan di Microsoft Word dengan mudah. Ikuti tutorial Microsoft Word yang sudah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Pasti kamu pernah kan melihat sebuah dokumen Word dengan background transparan baik berupa gambar maupun logo sebagai latar belakang dokumennya?

Background transparan tersebut biasanya dengan mudah kamu temukan pada sertifikat, piagam, kartu identitas maupun dokumen-dokumen penting lainnya. Nah cara membuat background transparan di Microsoft Word tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah loh!

Sebagai program pengolah kata andalan dari Microsoft yang populer digunakan dalam pembuatan dokumen, laporan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pengelolaan teks, dokumen Microsoft Word tentu menjadi sangat rentan untuk di copy oleh orang lain tanpa izin terlebih dahulu.

Oleh karena itu untuk meminimalisir kegiatan plagiat tersebut maka kamu bisa menambahkan background transparan pada dokumen Word yang kamu buat untuk menilai keaslian dokumen tersebut.

Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)
Ilustrasi microsoft word. (Unsplash/Christina)

Cara membuat background transparan di Microsoft Word bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini :

  1. Buka  dokumen Microsoft Word yang ingin kamu buat background transparannya
  2. Lalu klik pada tab menu Design dan pada opsi menu Page Background klik opsi Watermark
  3. Secara default program Microsoft Word telah menyediakan teks yang bisa kamu gunakan sebagai background transparan dengan posisi teks watermark akan berada di belakang teks dokumen kamu sehingga teks dokumen kamu tidak akan tertutupi, jadi kamu tinggal memilih salah satu dari teks tersebut sesuai dengan keinginan kamu
  4. Namun apabila kamu ingin menggunakan background yang lainnya maka kamu bisa klik pada menu Costume Watermark dan pilih opsi menu Picture Watermark
  5. Kemudian masukkan logo gambar yang ingin kamu gunakan dalam dokumen Word kamu, dan tekan Insert
  6. Klik Apply untuk menerapkan gambar sebagai background transparan
  7. Pada kolom scale pilih opsi Auto untuk menyesuaikan background tersebut dengan dokumen yang kamu buat secara otomatis
  8. Apabila kamu telah selesai melakukan pengaturan, maka kamu bisa klik OK dan Selesai!

Itulah cara membuat background transparan di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar dokumen yang sudah susah-susah kamu buat tidak di copy oleh sembarang orang.

Selain itu juga dengan menambahkan background transparan pada dokumen yang kamu buat maka bisa membuat dokumen tersebut tidak membosankan untuk dilihat.

Manfaatkan cara membuat background transparan di Microsoft Word tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial Microsoft Word di atas!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait