Gadget

Tutorial Cara Membuat Kop Surat di Word dengan Cepat dan Praktis

Mudah dan cepat, ini cara membuat Kop Surat di Word yang mudah.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Cara Membuat Kop Surat di Word dapat kamu lakukan dengan mudah loh tanpa perlu pengaturan yang sulit. Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum tutorial Microsoft Word yang mudah untuk kamu.

Kop surat ini bisa kamu gunakan untuk membuat surat kamu lebih resmi. Karenanya penting mengetahui bagaimana cara membuat kop surat di Word.

Kop surat merupakan suatu identitas lembaga, organisasi, badan, atau instansi yang dicantumkan di bagian atas dari sebuah surat resmi.

Dikenal juga sebagai kepala surat, dikarenakan posisi atau letaknya berada di bagian atas surat dan memiliki fungsi sebagai informasi nama alamat dan data lain tentang lembaga asal yang mengirim surat.

Saat ini, kop surat dibuat dalam berbagai model mengikuti jaman sehingga terlihat lebih beraneka ragam, mulai dari yang simple hingga yang rumit. Kamu tidak perlu merasa bahwa membuat kop surat ini sulit, karena kamu dapat membuatnya dengan tata cara yang cukup mudah.

Kop Surat tidak dapat dibuat secara asal, karena kop surat adalah suatu identitas resmi. Karenanya penting adanya Kop Surat bagi kamu yang membuat dokumen resmi.

Kamu dapat membuat nya dengan mengikuti cara membuat kop surat di Word sesuai dengan langkah-langkah tutorial Microsoft Word di bawah ini.

Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)
Ilustrasi Microsoft Word. (Microsoft)

Langkah-langkah tutorial Microsoft Word membuat kop surat :

  1. Pertama-tama, buka Microsoft Word dengan mengklik logo W di desktop ataupun di start menu komputer kamu
  2. Setelah Word kamu terbuka, buat sebuah lembar kerja baru
  3. Setelah kamu berada di lembar kerja baru, pada bagian atas, klik tab Insert
  4. Lalu pilih Header di bagian kanan dan Pilih Blank header
  5. Kamu akan difokuskan pada lembar bagian atas dari lembar kerja Word kamu
  6. Kamu dapat memulai mendesain logo ataupun informasi tentang lembaga kamu untuk kop surat
  7. Untuk menambahkan logo, kamu dapat memilih menu Insert dan klik Picture, pilih This Device untuk memilih logo yang tersimpan di komputer kamu
  8. Untuk membuat garis pembatas di bawah kop, kamu dapat menambahkannya dengan klik Insert, Shapes, dan pilih Lines. Lalu tarik garis pembatas sesuaikan dengan panjang yang kamu inginkan
  9. Kamu dapat menebalkan garis pembatas kop surat tadi kamu dapat klik Shape Format, kemudian pilih Shape Outline dan Weight lalu pilih ketebalan yang kamu inginkan
  10. Tentukan margin yang tepat untuk kop surat ini, secara umum  margin untuk kop surat adalah margin top 4 cm, margin bottom 3 cm, margin right 3 cm, dan margin left 4 cm.
  11. Selesai

Nah, itulah cara membuat kop surat di Word yang dapat kamu lakukan untuk membuat surat lembaga kamu lebih resmi. Bagaimana? Mudah bukan tutorial Microsoft Word di atas?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait