Gadget

Mengenal Teknologi SuperVOOC, Fast Charging Andalan Oppo

Kehadiran fast charging makin penting ketika perkembangan smartphone mengarah pada peningkatan kapasitas baterai yang kian besar.

Agung Pratnyawan

Fast charging SuperVOOC. (Oppo)
Fast charging SuperVOOC. (Oppo)

Hitekno.com - Fast charging atau pengisian daya baterai cepat menjadi kebutuhan smartphone kekinian. Oppo memiliki teknologi yang dinamakan SuperVOOC sebagai andalannya.

Kehadiran fast charging makin penting ketika perkembangan smartphone mengarah pada peningkatan kapasitas baterai yang kian besar.

Baterai berdaya besar memang menjadi daya pikat bagi konsumen smartphone masa kini karena intensitas penggunaan harian yang kian tinggi. Namun kapasitas baterai besar saja sebenarnya kurang mencukupi, harus juga ditunjang dengan teknologi pengisian daya cepat.

Masing-masing vendor smartphone mengembangkan teknologi pengisian daya cepat. Sebagai contoh, Oppo mengembangkan VOOC Charging sejak 2013.

VOOC singkatan dari Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging, yang merupakan ekosistem tertutup terdiri dari adapter khusus dengan micro controller, kabel khusus, dan IC VOOC di dalam ponsel.

Pengisian daya cepat yang digunakan produk flagship milik Oppo ini awal mulanya dapat mengisi daya 4x lebih cepat dari pengisi daya pada umumnya.

Teknologi VOOC ini terus mengalami evolusi, mulai dari versi VOOC 1.0 pada tahun 2014 hingga menjelma menjadi SuperVOOC bisa mengisi daya hingga 45 persen dalam waktu 5 menit saja untuk baterai berkapasitas 2.500 mAh.

Oppo A96. (Oppo Indonesia)
Oppo A96. (Oppo Indonesia)

Daya tersebut bisa terisi penuh dalam waktu 15 menit. Kini dengan teknologi baru 33W SuperVOOC di Reno7 bisa mengisi baterai 4500mAh dengan super cepat.   

Kamu pun tidak perlu khawatir kehabisan daya saat melakukan aktivitas dengan smartphone Oppo Reno7 karena adanya kombinasi teknologi SuperVOOC dan kapasitas baterai besar.

Nikmati pengalaman menonton video selama 100 menit dengan pengisian daya 5 menit, dan isi daya hingga 32% dalam 15 menit. Waktu pengisian daya sebenarnya dapat bervariasi karena perbedaan lingkungan atau perangkat individual (seperti variasi suhu dan usia baterai).

Teknologi yang sama juga diaplikasikan di seri Oppo A96. Bedanya, ponsel terbaru A Series ini mengemas baterai 5000mAh, pembulatan dari kapasitas sebenarnya 4880mAh.

Kapasitas baterainya yang lebih besar akan memberi kamu daya penuh untuk beraktivitas seharian. Lewat 33W SuperVOOC mampu mengisi daya 50% pada Oppo A96 hanya dalam 26 menit.

Oppo A96. (Oppo Indonesia)
Oppo A96. (Oppo Indonesia)

Pada 33W SuperVOOC, voltase yang digunakan bahkan ditingkatkan menjadi 11 Volt dan arus sebesar 3 Ampere. Berbeda dengan teknologi fast charging, pada 33W SuperVOOC menggunakan dua cell baterai.

SuperVOOC akan mengisi kedua baterai ini secara bersamaan sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan daya ponsel Oppo Reno7 dan Oppo A96. 

Dua smartphone ini sekiranya bisa menjadi pilihan buat kamu yang aktif dan menginginkan perangkat dengan kapasitas baterai besar dan pengisian daya cepat.  

Berita Terkait