Gadget

iPadOS 16 Debut di WWDC 2022, Unggulkan Fitur Multitasking yang Lebih Canggih

Sistem operasi baru pada iPad ini bekerja pada perangkat yang mendapat dukungan chipset M1 dari Apple.

Amelia Prisilia

iPadOS 16 debut di WWDC 2022. (Apple)
iPadOS 16 debut di WWDC 2022. (Apple)

Hitekno.com - Gelaran tahunan Apple yaitu WWDC 2022 akhirnya resmi digelar di bulan Juni 2022 ini. Sejumlah inovasi baru lalu dikenalkan oleh perusahaan tersebut, salah satunya adalah iPadOS 16 yang tentunya akan meluncur di akhir tahun 2022 mendatang.

iPadOS 16 menjadi sistem operasi untuk perangkat Apple yang diperkenalkan dalam event ini bersamaan dengan iOS 16 dan macOS Ventura yang juga akan dirilis di waktu yang bersamaan.

Dilansir dari GSM Arena, iPadOS 16 rupanya memiliki sejumlah kesamaan dengan iOS 16. Salah satu fitur menarik yang diperkenalkan oleh Apple pada iPadOS 16 adalah fitur multitasking yang menawarkan pengalaman berbeda dari sebelumnya.

Sistem operasi baru pada iPad ini bekerja pada perangkat yang mendapat dukungan chipset M1 dari Apple. Sistem ini memungkinkanmu untuk mengatur aplikasi dan jendela secara otomatis.

Dengan kemampuan ini, pengguna dapat mengatur jendela menjadi tumpang tindih satu sama lain sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemampuan multitasking pada iPadOS 16 ini tentu saja memudahkan pengguna yang membutuhkan metode kerja yang lebih cepat.

iPadOS 16 debut di WWDC 2022. (Apple)
iPadOS 16 debut di WWDC 2022. (Apple)

Nantinya, jendela yang sedang dipakai akan berada di tengah, sementara aplikasi lainnya akan berada di sebelah kiri sesuai dengan urutan aplikasi tersebut dibuka.

Selain membawa fitur multitasking yang memanjakan pengguna, Apple juga menghadirkan aplikasi FreeForm untuk meningkatkan pengalaman kolaborasi di iPadOS 16.

Menyusul sejumlah fitur unggulan lainnya, Apple juga menyematkan update pada Live Text dan Visual Look Up serta dukungan Metal 3 untuk pengguna yang gemar bermain game.

Tidak hanya deretan fitur menarik di atas, di iPadOS 16, Apple menyematkan sejumlah keunggulan yang sangat dinantikan untuk sistem operasi baru tersebut.

Berita Terkait