Gadget

Samsung Display Bakal Hentikan Prodiksi Layar LCD, Kenapa?

Rencana awalnya Samsung Display menghentikan produksi layar LCD pada akhir 2022, namun dipercepat pada Juni ini.

Agung Pratnyawan

Gedung Samsung Campus. (Samsung)
Gedung Samsung Campus. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung Display dilaporkan bakal menghentikan bisnis produksi layar LCD mereka pada akhir Juni 2022. Langkah ini lebih cepat dari rencana awal yang telah diumumkan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Diwartakan sebelumnya, Samsung Display berencana untuk berhenti produksi layar LCD pada akhir 2022.

DIkutip dari GSM Arena, Selasa (31/5/2022), jadwal lebih cepat ini muncul karena terlalu ketatnya persaingan.

Oleh karenanya Samsung bakal meminimalisir kerugian dari bisnis produksi layar LCD tersebut.

Nantinya Samsung Display akan fokus pada produksi panel QLED dan QD (quantum-dot). Sementara karyawan di bisnis LCD akan dipindah ke bisnis QD.

Logo Samsung. (Samsung Newsroom)
Logo Samsung. (Samsung Newsroom)

Saat ini laporan dari Display Supply Chain Consultants mengungkapkan bahwa harga LCD turun 36,6 persen dari harga sebelumnya pada Januari 2014, yang merupakan periode puncak produksi komponen LCD.

Kondisi diperparah dengan kemunculan produsen LCD lain seperti BOE dari China dan AU Optronics dari Taiwan. Kedua perusahaan ini ikut bersaing dan menawarkan harga lebih murah ke konsumennya.

Samsung awalnya berencana menghentikan bisnis LCD pada tahun 2020. Dengan kemunculan Covid-19 dan meningkatnya kebutuhan untuk smartphone dan tablet murah, Samsung kemudian menunda penutupan bisnis tersebut.

Itulah langkah Samsung Display mempercepat penghentian produksi layar LCD untuk meminimalisir kerugian yang makin banyak. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait