Gadget

Tutorial Cara Mematikan Update Windows 10 secara Permanen

Mudah dan praktis, ini cara mematikan Update Windows 10 secara permanen.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)
Ilustrasi Windows 10. (Pixabay)

Hitekno.com - Cara Mematikan Update Windows 10 secara Permanen dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Ikuti tutorial Windows 10 yang telah dirangkum tim HiTekno.com.

Dengan mematikan update Windows 10 ini kamu dapat dengan tenang menggunakan PC ataupun laptop kamu tanpa adanya gangguan pop-up ataupun informasi restart untuk memulai Update Windows.

Windows Update adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows guna memutakhirkan sistem Windows itu sendiri.

Dengan kata lain, Windows Update dari Microsoft ini akan meningkatkan kinerja sistem operasi Windows dengan meng-update, menambahkan, maupun memperbaiki bugs yang terjadi selama kamu menggunakannya.

Tidak seperti Windows lainnya, Windows 10 tidak memberikan pilihan opsi settingan untuk menggunakan ataupun mematikan fungsi Update Windows. Dengan begitu kamu akan sedikit kesulitan mencari cara mematikan update windows 10 secara permanen.

Microsoft Windows 10. (Amazon)
Microsoft Windows 10. (Amazon)

Namun, kamu tidak perlu gusar ataupun susah karena dengan mengikuti langkah dibawah ini kamu dapat mematikan Update Windows 10 kamu dengan cukup mudah.

Cara Mematikan Update Windows 10 secara Permanen :

  1. Pertama matikan terlebih dahulu koneksi internet di PC / Laptop kamu, bisa dengan men-disconnectkan wifi ataupun mencabut kabel LAN / modem
  2. Masuk ke local service dengan memilih menu Run yang bisa kamu akses dengan menekan tombol Windows+R lalu tulis services.msc dan tekan Enter
  3. Pada halaman services, cari Windows Update, lalu klik dua kali pada services tersebut
  4. Setelah kamu masuk ke halaman detail service dari Windows Update, klik tombol Stop sehingga Windows Update Service berubah status menjadi Stopped
  5. Lalu pada bagian Startup type ubah menjadi Disabled
  6. Setelah itu klik Apply lalu pilih OK. dengan begini Windows Update akan berhenti sementara waktu

Untuk mematikan Windows Update secara permanen setelah langkah diatas kamu perlu mengedit Registry Editor atau disebut juga Regedit untuk merubah nilai dari Services Windows Update menjadi benar-benar mati secara permanen.

  1. Buka Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows+R, ketikkan regedit dan tekan Enter
  2. Selanjutnya masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> CurrentControlSet -> Services -> wuauserv.
  3. Double klik pada bagian ImagePath dan ubah Value data nya dengan cara menambahkan angka 0 di belakang svchost. Sehingga menjadi: %systemroot%\system32\ svchost0.exe -k netsvcs -p
  4. Klik OK
  5. Kemudian ubah juga value dari DependOnServices dari rpcss menjadi rpcss0.
  6. Setelah itu restart PC ataupun laptop kamu untuk menyimpan pengaturan ini.

Nah, itulah cara mematikan update windows 10 secara permanen yang dapat kamu lakukan agar tidak lagi di susahkan oleh pop-up Windows Update yang sering kali mengganggu kamu saat bekerja.

Bagaimana mudah bukan cara mematikan update Windows 10 secara permanen di atas. Semoga tutorial Windows 10 tersebut berguna.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait