Gadget

Prediksi Asus: Tahun Ini Pasar PC Bakal Terus Menurun

Asus memprediksi kalau tren penurunan pasar PC itu terus berlanjut dalam beberapa bulan ke depan.

Agung Pratnyawan

Komponen PC Asus. (Asus Indonesia)
Komponen PC Asus. (Asus Indonesia)

Hitekno.com - Dilaporkan kalau Asus memperkirakan bakal terjadi penurunan permintaan di pasar PC tahun ini. Bahkan disebutkan kalau pasokan bakal lebih banyak dari permintaan pada 2022 ini.

Padahal sebelumnya pada 2020 dan 2021 terjadi peningkatan permintaan pasar PC karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda secara global.

Produsen laptop dari Taiwan, Asus, mengklaim kalau pasar PC akan memiliki banyak pasokan ketimbang permintaan konsumen di tahun 2022 ini.

Untuk itulah, mereka menyiapkan strategi untuk memastikan bisnis PC Asus tetap stabil.

Chief Marketing Officer Asus Global APAC, Rex Lee memperingatkan bahwa pasar PC di Eropa, China, dan Amerika Utara saat ini tengah menurun.

Rex Lee juga memprediksi kalau tren penurunan pasar PC itu terus berlanjut dalam beberapa bulan ke depan.

Untuk menghindari kelebihan pasokan PC, Asus akan mengalihkan strategi bisnis PC ke lini laptop premium hingga menengah seperti jajaran Asus Zenbook dan Vivobook 2022.

Asus ZenBook 13 UX325EA. (Asus)
Asus ZenBook 13 UX325EA. (Asus)

Lini Asus Zenbook 2022 baru ini ditujukan untuk pasar laptop mid-range premium yang ditujukan untuk para profesional kreatif.

Laptop ini membawa fitur unggulan seperti layar OLED hingga kinerja tinggi, tapi dengan harga terjangkau.

Salah satu contohnya adalah Asus Zenbook 14 OLED 2022. Laptop ini membawa spesifikasi kunci seperti layar OLED 14 inci, resolusi 2.8K, refresh rate 90Hz, kecerahan 550 nits, hingga gamut warna DCI-P3 100 persen.

Fitur lainnya adalah prosesor Intel Core i5-1240P atau Intel Core i7-1260P generasi ke-12, kartu grafis Intel Iris Xe, 16GB RAM LPDDR5, dan 512GB PCIe Gen 4.0 SSD.

Lee menambahkan, Asus juga akan mengalihkan fokus penjualannya ke India selama 2022.

Alasannya, negara itu adalah salah satu pasar PC yang masih terus berkembang selama tahun ini, sebagaimana dilaporkan Gizmochina, Senin (16/5/2022).

Pasar PC global memang menurun di beberapa negara. Faktornya beragam, mulai dari perang Rusia-Ukraina, lockdown China, hingga inflasi di Amerika Utara.

Itulah prediksi Asus yang memperkirakan kalau pasar PC bakal menurun pada tahun 2022 ini. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait