Gadget

Intip Acer Aspire Vero, Laptop Performa Ramah Lingkungan Mudah Diupgrade

Acer Aspire Vero, si laptop hijau yang ramah lingkungan.

Agung Pratnyawan

Acer Aspire Vero. (Acer)
Acer Aspire Vero. (Acer)

Hitekno.com - Hidup di jaman modern dan serba digital membuat kita harus memiliki perangkat elektronik yang dapat mendukung kegiatan sehari-hari. Baik dari anak-anak hingga orang dewasa, tentunya sudah sangat akrab dengan gadget seperti laptop.

Namun, apakah kita pernah memikirkan dampak penggunaan gadget ini terhadap lingkungan?

Sebelum sampai di tangan pengguna, biasanya perangkat seperti laptop akan melewati banyak tahap. Untuk menghasilkan satu perangkat saja, akan melalui proses penambangan untuk logam penyusunnya seperti emas, tembaga, perak, nikel, platina, dan lain sebagainya.

Apalagi jika membicarakan proses produksi, perakitan, hingga pengemasan yang semuanya membutuhkan listrik, air, berbagai macam bahan kimia, hingga emisi karbon. Dengan proses ini, menurut data dari asosiasi pengelolaan sampah Swedia, Avfall Sverige bahwa memproduksi 3 kilogram laptop maka bisa menimbulkan 1,2 kilogram limbah!

Hal inilah yang membuat banyak perusahaan gadget khususnya laptop kini memproduksi perangkat ramah lingkungan. Tak terkecuali Acer Aspire Vero, si laptop hijau yang ramah lingkungan.

MENGGUNAKAN PLASTIK DAUR ULANG

Perangkat yang disebut sebagai laptop ramah lingkungan ini adalah wujud nyata bagi perusahaan Acer dalam membuat produk hasil dari bahan daur ulang. Ini merupakan langkah awal dalam menjaga lingkungan dan mengurangi emisi berbahaya yang disebutkan di atas.

Acer Aspire Vero adalah laptop dengan material plastik Post-Consumer Recycled (PCR) yang memiliki komposisi 30% sebagai bahan kerangka dan 50% digunakan sebagai bahan keyboard. Tentunya penggunaan material ini disebut dapat membantu menghemat 21% emisi CO2 dan penggunaan plastik virgin.

Walau dibuat dari plastik daur ulang, tapi Acer Aspire Vero memiliki warna yang unik dan cantik. Warna abu-abunya yang netral memiliki sentuhan bintik-bintik kuning. Perlu diketahui bahwa warna ini adalah warna asli dari material yang digunakan karena Acer tidak mengecat perangkat ini sesuai dengan konsep yang ditunjukkan, yaitu ramah lingkungan.

Selain terbuat dari material daur ulang, desain keyboardnya juga menyampaikan inspirasi dan menekankan nilai sustainability lingkungan. Warna kuning pada huruf R dan E yang didesain terbalik ini juga mengartikan REduce, REuse, dan REcycle.

TEKNOLOGI TERBARU DAN MUTAKHIR

Walau namanya laptop daur ulang, tapi spesifikasi perangkat yang satu ini tidak boleh dipandang kecil. Acer Aspire Vero didukung oleh prosesor Intel Core i5-1155G7 Generasi ke-11 dan Grafis Intel Iris Xe. Keduanya adalah pimpinan dari perangkat yang mampu menjamin semua performa pada laptop untuk kebutuhan Anda sehari-hari.

Selain itu, dukungan adanya sistem operasi (OS) dengan Windows 11 Home, Wi-FI6, port Type-C, dan port Type-A, akan membantu para pengguna dalam menikmati pengalaman dan kemudahan pemakaian.

Selain itu, adanya Acer TrueHarmony dan Acer PurifiedVoice akan melengkapi kebutuhan audio bagi Anda yang suka mendengarkan musik sehari-hari. Kualitas audio ini tidak hanya menghasilkan suara yang keluar dari perangkat secara jernih saja, namun laptop performa ini mampu mengurangi kebisingan yang ada di sekitar penggunanya. Tentunya ini sangat membantu Anda saat melakukan meeting secara online.

Selain teknologi dalamnya yang canggih, tampilan luar dari perangkat ini juga cantik. Acer Aspire Vero sangat menawan dengan layar panel IPS 15.6” yang menampilkan resolusi Full HD. Anda bisa menikmati tampilan layar yang jernih dan lebar.

Masih mendukung program ramah lingkungan, panel dari layar Aspire Vero ini bisa didaur ulang sehingga tidak akan menjadi limbah elektronik.

Adanya web camera dengan resolusi hingga 1280 x 720 HD dapat membuat Anda memiliki pengalaman video conferencing yang menyenangkan bersama kolega.

UPGRADE-ABLE

Tak hanya memberikan fitur yang menarik, perangkat ini juga mudah untuk di-upgrade. Ini karena adanya identitas eco-friendly yang ditemukan di semua bagian laptop, Acer Aspire Vero ini memiliki sekrup standar Philips yang mudah dibongkar. Dengan begini, Anda akan mudah melakukan proses upgrade.

Tentunya, setelah di-upgrade, laptop terbaik ini akan awet digunakan hingga beberapa tahun dengan spesifikasi yang tetap up to date. Bahkan RAM dalam laptop ini dapat di-upgrade hingga 24 GB!

RAMAH LINGKUNGAN KARENA HEMAT ENERGI

Program ramah lingkungan yang dibentuk Acer pada Aspire Vero ini juga membawa fitur Acer VeroSense yaitu software yang dapat membantu penggunanya dalam memilih mode penggunaan agar dapat membantu memperpanjang daya tahan baterai.

Dalam Acer VeroSense, ada empat pilihan mode yaitu Performance, Balanced, Eco, dan Eco+.

Namun, walau menggunakan material yang terbuat dari plastik daur ulang, namun Acer berani menjamin kalau produk yang diluncurkannya ini sama dengan produk laptop lainnya yang telah diproduksi.

Acer telah melakukan proses pengujian tingkat durabilitas yang juga sama dengan laptop Acer lainnya yang sudah pernah dirilis. Acer memang selalu memberikan kualitas dan performa terbaik untuk para penggunanya. Dengan adanya Aspire Vero ini, Acer dapat membantu pengguna untuk meningkatkan kesadaran akan masalah lingkungan hidup.

Dengan keunikan desain dan seluruh perangkat di dalamnya, Acer Aspire Vero dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp10.999.000 yang sudah termasuk di dalamnya yaitu pre-installed Windows 11 Home, Microsoft Home & Student 2021 hingga Zero Waste Kit yang diberikan secara gratis.

Berita Terkait