Gadget

Bocoran Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus, Perilisannya Ditunda?

Masalah pandemi dan distribusi diprediksi menjadi kendala perilisan chipset.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo Qualcomm. (Qualcomm)
Logo Qualcomm. (Qualcomm)

Hitekno.com - Kabar mengenai keberadaan Snapdragon 8 Gen 1 Plus sudah beredar sejak kuartal pertama 2022. Bocoran terbaru mengklaim bahwa perilisan chipset generasi anyar milik Qualcomm bakal ditunda.

Leaker populer, Digital Chat Station membocorkan bahwa penerus Snapdragon 8 Gen 1 akan tiba pada semester kedua tahun ini.

Sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 1 Plus diperkirakan bakal debut lebih awal karena masalah produksi yang dihadapi oleh pemasoknya, Samsung.

Namun, perilisan chipset justru ditunda lebih lama karena virus Corona yang mewabah di China, klaim leaker. Kabar teranyar mengungkap bahwa terdapat lonjakan kasus di China sehingga pemerintah setempat memberlakukan pembatasan perjalanan di berbagai kota.

Beberapa kota ini juga merupakan pusat manufaktur di mana sejumlah pabrik produksi didirikan. Pembatasan tidak akan dilonggarkan dalam waktu dekat sehingga turut mempengaruhi distribusi dan produksi chipset.

Bocoran poster Snapdragon 8 Gen 1 Plus. (Weibo via Gizmochina)
Bocoran poster Snapdragon 8 Gen 1 Plus. (Weibo via Gizmochina)

Dikutip dari Gizmochina, Qualcomm diprediksi bakal memulai debut Snapdragon 8 Gen 1 Plus dengan Motorola Edge 30 Ultra.

Digital Chat Station mengungkap bahwa munculnya chipset generasi anyar Qualcomm pada HP flagship Motorola karena Lenovo memiliki "hubungan baik" dengan produsen chipset tersebut.

Menurut laporan Xiaomiui sebelumnya, HP premium Xiaomi 12 Ultra diharapkan juga dapat hadir pada Q2 atau Q3 2022 dengan mengusung chipset generasi anyar dari Qualcomm.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. (Qualcomm)
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. (Qualcomm)

Sebagai informasi, Snapdragon 8 Gen 1 dibangun pada sistem fabrikasi 4 nm Samsung. Chip ini hadir sebagai dapur pacu Xiaomi 12, 12X , dan 12 Pro.

TSMC yang berbasis di Taiwan dikabarkan memproduksi Snapdragon 8 Gen 1 Plus (model SM8475) dengan proses 4 nm-nya. Beberapa merek seperti Motorola, Lenovo, Xiaomi, dan Samsung diyakini bakal membuat ponsel dengan chip SD8G1+.

Xiaomi 12S memiliki nama kode "Diting", nomor model 2206123SC, dan nomor model singkat L3S. Di sisi lain, Xiaomi 12S Pro memiliki nama kode "Unicom", nomor model 2206122SC, dan nomor model singkat L2S.

Xiaomi 12S, Xiaomi 12S Pro dan Xiaomi 12 Ultra diprediksi bakal hadir bersama chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Berita Terkait