Gadget

Jangan Asal, Ini Tips Membeli Smartphone Murah Berkualitas!

Jangan tergiur dengan harga murah, begini cara terbaik memilih smartphone berkualitas dengan harga miring.

Agung Pratnyawan

Redmi 9A. (HiTekno.com)
Redmi 9A. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Saat ini, hampir semua orang menggunakan smartphone dalam kesehariannya. Dengan sebuah ponsel pintar, Anda bisa mengerjakan banyak hal. Mulai dari bekerja, berkomunikasi, menonton film, hingga mengakses luasnya dunia digital. Namun, setiap smartphone ternyata memiliki kelasnya tersendiri berdasarkan harga dan spesifikasi.

Jenis smartphone terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu entry-level, mid-range, high-end, dan flagship. Setiap kelas tersebut diisi oleh berbagai jenama unggulan masing-masing.

Salah satunya adalah Xiaomi yang unggul di kelas entry level dan Apple dengan iPhone yang unggul di kelas flagship. Tentunya, berdasarkan kelas, maka harga dari smartphone pun dijual berbeda. Sebagai contoh, harga Redmi 9A produksi Xiaomi akan berbeda dengan iPhone 12 Pro keluaran Apple karena kelasnya yang berbeda.

Namun, Anda tak perlu khawatir, memboyong smartphone bukan berarti dilihat dari harga mahal. Nyatanya, ada banyak smartphone mumpuni dengan harga yang masih terjangkau. Yang terpenting adalah Anda harus bisa memilah berdasarkan kualitasnya.

Jangan tergiur dengan harga murah, begini cara terbaik memilih smartphone berkualitas dengan harga miring, simak penjelasannya satu per satu berikut ini!

Pilih Kelas Smartphone yang Sesuai

Cara pertama adalah dengan membeli berdasarkan kelas smartphone. Seperti penjelasan sebelumnya, smartphone dibagi menjadi empat kelas. Nah, smartphone berharga murah banyak terdapat di kelas entry level hingga mid-range.

Umumnya, smartphone yang ada di kedua kelas ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Bahkan, untuk kelas entry level, Anda bisa mendapatkannya mulai dari kisaran di bawah Rp 1 juta. Sementara itu, jika Anda mempunyai budget lebih, lebih baik memilih untuk membeli smartphone di kelas mid-range seharga Rp 2 - 3 jutaan.

Selain dengan merogoh sedikit kocek lebih dalam, kelas mid-range menawarkan Anda beragam pilihan smartphone yang lebih banyak.

HP Murah RAM 6 GB. (HiTekno.com)
HP Murah RAM 6 GB. (HiTekno.com)

Pastikan smartphone didukung dengan chipset mumpuni

Siapa bilang smartphone berharga murah tidak memiliki kualitas yang baik? Salah satu indikator yang menjadi kunci dari performa smartphone adalah dapur pacu atau chipset yang tertanam di dalamnya.

Saat ini, makin banyak smartphone dengan chipset berkualitas meski dibanderol dengan harga miring. Dua jenama terbaik yang bisa Anda pilih pada smartphone di kelas entry-level dan mid-range adalah Snapdragon dan MediaTek.

Anda bisa mendapatkan prosesor Snapdragon 710 atau Snapdragon 712 dengan budget tipis atau pas-pasan dan MediaTek Helio G95. Prosesor ini menjadi kunci penting bagaimana smartphone yang Anda pilih dapat beroperasi secara maksimal.

RAM yang Sesuai

Indikator lain dari pemilihan smartphone adalah RAM. Komponen satu ini berfungsi untuk menyokong kinerja prosesor dan bekerja bersamaan saat menggunakan smartphone. Biasanya, untuk smartphone di kelas entry level atau mid range, memiliki RAM mulai dari 2 GB hingga 3 GB, dan 4 GB.

Sebagai catatan, makin besar kapasitas RAM, maka akan semakin membuat harga smartphone menjadi lebih mahal. Namun, kini banyak produsen smartphone menyediakan RAM hingga 6 GB dengan banderol di kisaran Rp 3 - 4 juta.

Tampilan Eksterior yang Apik

Saat ini, sudah banyak produsen smartphone mengeluarkan produk dengan harga terjangkau dengan tampilan yang apik. Mulai dari layar, bodi, hingga komponen lainnya seperti warna, smartphone di kelas entry level dan mid-range juga makin beragam.

Maka dari itu, Anda perlu memilih tampilan smartphone yang terbaik menurut Anda. Tipsnya, Anda bisa memulainya dari layar. Untuk saat ini, Anda bisa mendapatkan ponsel berkualitas dengan spesifikasi layar yang tak kalah meski harga miring.

Dengan budget 3-4 juta Anda bisa mendapatkan ponsel dengan layar 6 inci berspesifikasi Full HD. Bahkan, Anda bisa memilih sampai dengan resolusi 1080p yang dapat memberikan pengalaman terbaik dengan harga yang terjangkau.

Tak cuma tampilan, saat memilih smartphone, Anda juga sebaiknya membeli produk dengan build quality yang baik. Mulai dari desain yang kekinian dengan material yang kuat, rasanya cukup menjadi poin penting untuk Anda dalam membeli smartphone.

Fitur Tambahan yang Lengkap

Tips terakhir, Anda bisa mempertimbangkan berbagai fitur yang ada di dalam smartphone pilihan Anda. Saat ini, dengan budget tipis, Anda tetap bisa mendapatkan fitur yang mumpuni.

Misalnya, kualitas kamera yang sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret secara konvensional dan punya fitur yang cukup lengkap, mulai dari kamera makro, kamera selfie, dan wide camera.

Fitur lainnya adalah fitur yang menyokong aktivitas hiburan Anda, seperti fitur gaming mode yang memudahkan Anda bermain gim tanpa gangguan atau fitur cloud services sebagai media penyimpan data agar memori internal tidak gampang penuh.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berburu smartphone dengan murah dengan kualitas terbaik. Salah satu tempat untuk membeli smartphone incaran Anda secara online adalah Blibli.

Blibli hadir sebagai mal online terbesar dengan menghadirkan berbagai produk berkualitas dari 100 ribu mitra usaha. Tak hanya smartphone dan produk elektronik lainnya, Blibli juga menyediakan berbagai kebutuhan Anda sehari-hari.

Dengan mengunjungi situs blibli.com atau aplikasi Blibli pada smartphone Anda, Anda bisa memilih dan check out produk incaran atau favorit Anda.

Didukung oleh armada BES dan 15 mitra logistik dengan 20 gudang dan 32 hub yang tersebar di Indonesia, barang yang Anda beli akan diantar sesuai dengan alamat Anda, dimanapun itu.

Blibli juga menawarkan kemudahan untuk Anda dengan menggunakan fasilitas Cicilan 0% untuk semua produk dari Blibli yang pastinya bikin belanja Anda makin untung.

Segera belanja produk favorit Anda di Blibli dan jadikan momen belanja online menjadi lebih menyenangkan hanya di Blibli, Belanja Online Aman, Nyaman, dan Terpercaya.

Berita Terkait