Gadget

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold4, Pakai Sensor Kamera HP Flagship Ini

Samsung Galaxy Z Fold4 membawa peningkatan di sektor dapur pacu dan kamera.

Rezza Dwi Rachmanta

Samsung Galaxy Z Fold3 5G, generasi sebelum Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Fold3 5G, generasi sebelum Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung dikabarkan sedang mengerjakan HP lipat terbaru mereka untuk meluncur tahun ini. Leaker membocorkan beberapa fitur yang bakal tersemat pada Samsung Galaxy Z Fold4.

Sebagai informasi, Samsung Galaxy Z Fold3 debut pertama kali pada Agustus 2021. Jika memperhatikan siklus tahunan, HP lipat generasi penerus diharapkan datang pada Agustus 2022.

Leaker bernama Dohyun Kim telah mengungkap bahwa Galaxy Z Fold4 akan datang dengan kamera utama 108 megapiksel. Ia mengklaim bahwa sensor kameranya sama seperti sensor kamera 1/1,33 inci yang ada pada HP flagship Galaxy S22 Ultra.

Leaker lain berinisial @Chunvn888 telah menambahkan bahwa pengaturan kamera belakang pada Galaxy Z Fold4 mendatang akan sama dengan Galaxy S22 Ultra, tanpa sensor periskop.

Sebagai gantinya, perangkat ini diharapkan menggunakan kamera telefoto 10 megapiksel dengan 3x optical zoom yang disediakan Samsung pada Galaxy S22 versi standar.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Samsung)
Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Samsung)

Berdasarkan laporan tersebut, Samsung Galaxy Z Fold4 diprediksi mengusung kamera utama 108 megapiksel, kamera ultrawide 12 megapiksel, dan kamera telefoto 10 megapiksel dengan zoom optik 3x.

Dikutip dari Gizmochina, perusahaan dirumorkan sedang mengerjakan "Super UTG" untuk Galaxy Z Fold4. Perangkat menawarkan permukaan yang lebih kuat dalam mendukung penggunaan S Pen.

Fitur lain yang disediakan kemungkinan termasuk slot S-Pen khusus, engsel yang ditingkatkan, dan penyertaan chipset Snapdragon 8 Gen 1 plus.

Samsung Galaxy Z Fold3 5G ditenagai chipset Snapdragon 888 yang dipasangkan dengan RAM 12 GB. Terdapat dua memori yang disediakan yaitu 256 GB dan 512 GB.

Render Samsung Galaxy Z Fold4. (Twitter/ BenGeskin)
Render Samsung Galaxy Z Fold4. (Twitter/ BenGeskin)

Perangkat memiliki layar Foldable Dynamic AMOLED 2X beresolusi 1768 x 2208 piksel dengan dukungan fitur refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan kecerahan puncak hingga 1.200 nits.

HP lipat ini mengusung layar cover Dynamic AMOLED 2X 6,2 inci dengan refresh rate 120 Hz. Perangkat mengusung tiga kamera belakang berkonfigurasi 12 MP (wide) + 12 MP (telephoto) + 12 MP (ultrawide).

Tak hanya itu, perangkat dibekali kamera cover 10 MP dan kamera selfie 4 MP yang diletakkan di bagian bawah layar. Samsung Galaxy Z Fold4 tentu diharapkan membawa spesifikasi yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold3 5G.

Berita Terkait