Gadget

Sony FE PZ 16-35mm F4 G, Lensa Fullframe Berperforma Tinggi

Cek berapa harga lensa SonyFE PZ 16-35mm F4 G ini.

Agung Pratnyawan

Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)
Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)

Hitekno.com - Sony kembali menghadirkan lensa fullframe E-Mount melengkapi jajaran sebelumnya. Yakni Sony FE PZ 16-35mm F4 G (model SELP1635G) yang resmi dikenalkan untuk pasar Indonesia.

Lensa Sony FE PZ 16-35mm F4 G power zoom lebar dengan kualitas gambar yang semakin baik, autofokus berperforma tinggi dan pengoperasian superior yang didesain untuk memenuhi kebutuhan kreator.

Lensa fullframe ini dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang kreativitas para fotografer dan videografer enthusiast serta para semi profesional dari berbagai genre, terutama untuk genre landscape, human interest & travel, serta videografi komersil.

Lensa Sony terbaru ini diklaim sebagai lensa power-zoom wide-angle fullframe teringan di dunia dengan bukaan F4 yang konstan, memberikan performa dan kontrol yang luar biasa.

Sony FE PZ 16-35mm F4 G  menawarkan kualitas gambar, kapabilitas ekspresif dan kontrol yang disempurnakan, menarik bagi kebutuhan para kreator saat ini.

Lensa ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk foto berkat rendering Lensa G yang indah, performa AF menakjubkan, dan power zoom yang mudah digunakan dalam lensa yang sangat ringkas, membuatnya sempurna untuk bodi kamera yang ringkas.

Panjang barel secara keseluruhan tetap konstan saat pemfokusan dan pembesaran, membuat lensa Sony FE PZ 16-35mm F4 G nyaman untuk segala hal mulai dari vlogging dan produksi film hingga pengambilan gambar jarak jauh serta fotografi lanskap.

Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, "Ada peningkatan kebutuhan akan produk ‘hybrid’ yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video karena permintaan untuk pembuatan konten berkualitas terus bertambah, terutama secara online. FE PZ 16-35mm F4 G dirancang dengan sempurna untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang menuntut serta menghilangkan hambatan kreativitas mereka sebagai power zoom wide-angle F4 konstan teringan di dunia."

Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)
Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)

Kualitas Gambar yang Semakin Baik

Sony FE PZ 16-35mm F4 G menawarkan perpaduan luar biasa antara resolusi menakjubkan dan bokeh indah dalam lensa yang ringkas. Jalur optik mencakup dua elemen AA (advanced aspherical), elemen aspherical standar, satu Super ED (Extra-low Dispersion) dan satu elemen kaca ED, serta satu elemen aspherical ED.

Aberasi kromatik dan aspherical dikontrol secara bersamaan untuk memberikan performa optik yang sangat baik di seluruh area gambar dan rentang zoom 16-35 mm.

Penggunaan elemen AA dalam desain optik canggih juga memastikan performa close-up yang sangat baik di seluruh rentang zoom - jarak pemfokusan minimum adalah 0,28 meter pada 16 mm dan 0,24 meter pada 35 mm, dengan perbesaran maksimum 0,23x.

Lebih lagi, lapisan yang dioptimalkan dapat secara efektif menekan flare dan ghosting untuk gambar yang jelas serta terdefinisi dengan baik.

Circular aperture dan aberasi spherical yang dirancang dengan cermat, bekerja sama untuk menghasilkan bokeh fullframe yang halus dan dalam, sehingga dapat menambah atmosfer dan dampak visual maksimum.

AF Performa Tinggi

Untuk pertama kalinya dalam lensa Alpha, Sony FE PZ 16-35mm F4 G  menggunakan enam XD (extreme dynamic) Linear Motors asli Sony untuk fokus dan zoom drive. Respons yang cepat serta pengoperasian yang halus dan senyap dari sistem ini memberikan kebebasan berkreasi yang baru kepada para pengguna.

Dalam pengambilan gambar slow motion, film 4K atau 8K, fokus menjadi hal yang sangat penting. Lensa Sony FE PZ 16-35mm F4 G bekerja dengan bodi seri α untuk memperoleh fokus dengan andal serta melacak subjek yang bergerak cepat dengan mulus dan senyap.

XD Linear Motors dengan gaya dorong tinggi, optik yang dioptimalkan, dan kontrol responsif menambah performa AF yang sangat presisi tanpa mengorbankan dimensi lensa yang ringkas.

Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)
Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)

Pencitraan, power zoom dan pengoperasian yang disempurnakan untuk aplikasi film

Berdasarkan masukan dari para kreator terkemuka, Sony secara khusus merancang FE PZ 16-35mm F4 G untuk menghadirkan hasil gambar dan kontrol sempurna yang dibutuhkan oleh mereka.

Untuk memastikan pengambilan gambar berkualitas terbaik dengan mudah, lensa terbaru ini dilengkapi teknologi lensa terbaru yang dapat mengurangi focus breathing serta focus dan axial shift saat melakukan zoom.

Pengoperasian fokus, zoom dan aperture juga sangat senyap dan reduksi yang signifikan pada noise serta getaran yang dapat mengganggu perekaman film.

Sony FE PZ 16-35mm F4 G memberikan kontrol canggih dengan respon dan kecepatan seperti zoom manual tanpa daya dengan sistem power zoom elektronik terbaru yang digerakkan oleh XD linear motor.

Zoom lever dengan kecepatan zoom dengan variabel memudahkan untuk mengeksekusi kecepatan konstan yang sangat lambat. Power zoom meminimalisir guncangan kamera yang dapat terjadi saat mengoperasikan zoom ring dan saat digunakan dengan bodi kamera yang kompatibel, pengguna dapat menyesuaikan arah zoom ring agar sesuai dengan kondisi pengambilan gambar.

Fitur lainnya adalah kemampuan untuk menggunakan tombol dan kontrol pada bodi atau aksesori yang kompatibel untuk mengontrol zoom dari jarak jauh.

Selain itu, Linear Response MF memastikan bahwa focus ring merespons secara langsung dan linier terhadap kontrol yang halus saat pemfokusan manual. Aperture ring membuat kontrol aperture manual menjadi cepat, langsung dan mudah.

Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)
Sony FE PZ 16-35mm F4 G . (Sony)

Mobilitas, Kontrol dan Keandalan Superior

Desain dan teknologi kelas dunia digabungkan untuk menghadirkan lensa ringkas dan ringan yang juga menawarkan power zoom untuk fokus, zoom dan aperture ring yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga memberikan mobilitas dan penggunaan yang ideal pada lensa terbaru ini.

Sebagai lensa power zoom wide-angle F4 teringan di dunia,  Sony FE PZ 16-35mm F4 G memiliki berat hanya 353 gram, sekitar 30% lebih ringan dari SEL1635Z dan hanya berukuran 80,5 mm x 88,1mm dengan diameter filter φ72mm.

Panjang keseluruhan lensa tetap konstan saat melakukan fokus dan zoom untuk keseimbangan dan penggunaan yang ideal. keseimbangan yang konsisten menjadikan lensa ini pilihan ideal untuk pembuatan film menggunakan gimbal.

Focus ring dapat dengan mudah dikontrol menggunakan jari saat merekam film, serta focus ring dan zoom ring yang berdekatan dipisahkan, sehingga mudah dibedakan dan dioperasikan dengan merasakan saat melihat monitor.

Fitur mengesankan lainnya pada FE PZ 16-35mm F4 G termasuk Iris Lock Switch yang dapat diaktifkan untuk mencegah aperture ring berpindah secara tidak sengaja antara pengaturan [A] dan F4 - F22, serta tombol tahan fokus yang dapat disesuaikan untuk kontrol yang nyaman.

Terakhir, lensa ini memiliki desain yang tahan terhadap debu dan kelembapan, serta lapisan elemen depan fluorine agar tetap bersih dan andal untuk penggunaan di luar ruangan.

Harga dan Ketersediaan

Lensa terbaru Sony FE PZ 16-35mm F4 G  akan segera tersedia di Indonesia di berbagai Sony Authorised Dealer dengan harga Rp19.999.000. Para konsumen dapat melakukan pembelian secara pre-order mulai tanggal 14 April 2022 hingga 8 Mei 2022 dan akan mendapatkan special gift berupa wrapping cloth selama pembelian dalam masa pre-order. 

Berita Terkait