Gadget

Tutorial Cara Cek Tagihan Listrik PLN lewat HP, Mudah dan Cepat

Memudahkan, ini cara cek tagihan listrik PLN lewat HP.

Agung Pratnyawan

Aplikasi PLN Mobile. (PLN)
Aplikasi PLN Mobile. (PLN)

Hitekno.com - Kamu sudah tahu belum cara cek tagihan listrik PLN lewat HP? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial bagaimana mengetahui  tagihan listrik PLN melalui smartphone.

Tagihan listrik merupakan jumlah pemakaian listrik dan biaya yang harus dibayarkan oleh setiap rumah yang menggunakan jasa PLN.

Oleh karena itu PLN memberikan kemudahan kepada kamu untuk membayar tagihan listrik tanpa perlu repot-repot datang langsung ke kantor PLN dan salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan listrik PLN kamu lewat HP adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

PLN Mobile merupakan aplikasi resmi dari PT PLN yang bisa kamu gunakan untuk mengecek tagihan listrik, mengecek riwayat pemakaian KWH listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran, hingga sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Aplikasi PLN Mobile ini bisa kamu install melalui App Store ataupun Google Play Store.

Jadi jangan lupa untuk selalu membayar tagihan listrik PLN kamu tepat waktu ya!

Aplikasi PLN Mobile. (PLN)
Aplikasi PLN Mobile. (PLN)

Nah berikut ini tutorial dan cara cek tagihan listrik PLN lewat HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile:

  1. Unduh dan install aplikasi PLN Mobile pada HP kamu melalui App Store ataupun Google Playstore
  2. Apabila aplikasi PLN Mobile telah terinstall maka kamu tinggal buka aplikasi PLN Mobile tersebut
  3. Kemudian pada tab menu pilih menu Informasi
  4. Lalu pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
  5. Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran listrik kamu
  6. Klik Cari dan aplikasi PLN Mobile akan menampilkan status nominal tagihan listrik kamu

Selain melalui aplikasi PLN Mobile, kamu juga bisa mengecek tagihan listrik dengan menghubungi customer service PLN yang siap melayani selama 24 Jam di nomor 123 kemudian ikuti petunjuk dari operator untuk menanyakan tagihan listrik kamu.

Atau kamu juga bisa berlangganan agar mendapatkan SMS pemberitahuan mengenai informasi tagihan listrik kamu dengan cara mengirim format SMS : PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan kamu atau nomor meteran listrik kamu, lalu kirim SMS tersebut ke 8123.

Itulah cara cek tagihan listrik PLN lewat HP yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan dengan mengecek tagihan listrik melalui situs resmi PLN maka proses pembayaran yang kamu lakukan dijamin akan lebih aman.

Jadi dari beberapa cara cek tagihan listrik PLN lewat HP di atas, tutorial mana yang sering kamu gunakan? 

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait