4 Kegunaan NFC di HP, Tak Sekedar Cek Saldo eMoney

Seberapa penting fitur NFC untuk kamu? Cek apa saja kegunaannya berikut ini.

Agung Pratnyawan
Senin, 21 Februari 2022 | 10:58 WIB
HP POCO dengan fitur NFC. (POCO Indonesia)

HP POCO dengan fitur NFC. (POCO Indonesia)

Hitekno.com - Apa saja kegunaan NFC di HP yang bisa memudahkan penggunanya? Ternyata manfaat fitur NFC ini bukan sekadar mengecek isi saldo pada eMoney saja lho.

POCO Indonesia melalui rilisnya membagikan apa saja kegunaan NFC di HP yang telah mereka luncurkan di pasaran. Termasuk POCO M3 Pro 5G yang telah memiliki fitur ini.

Baca Juga: - Pengguna Poco M3 Pro 5G, Ini Tips Memperpanjang Umur Baterai HP - Kolaborasi POCO dan USS Networks dalam Pro Gamers City - POCO M4 Pro 4G Muncul di Geekbench, Berapa Skor Performanya? - Tingkatkan Layanan After Sales, POCO Hadirkan Loan Unit

HP ini memang menjadi andalan POCO Indonesia untuk saat ini. Hal ini karena POCO M3 Pro 5G memadukan chipset dengan performa handal MediaTek Dimensity 700 5G dengan fitur penungjang lainnya. Terutama NFC yang sudah ditemukan di perangkat ini.

Selain hadir ke POCO M3 Pro 5G, fitur NFC juga ditemukan di beberapa smartphone rilisan POCO Indonesia. Antara lain POCO X3 NFC, POCO X3 Pro, POCO X3 GT dan POCO F3.

Jadi, hampir semua smartphone POCO memiliki fitur bernama NFC atau Near Field Communication. Bahkan banyak penggemar smartphone yang selalu menanyakan eksistensi fitur ini sebelum membeli smartphone.

POCO M3 Pro 5G. (POCO Indonesia)
POCO M3 Pro 5G. (POCO Indonesia)

Memangnya apa saja sih kegunaan NFC yang tersemat dalam sebuah smartphone?

Yang kebanyakan orang tahu, NFC digunakan untuk mengecek saldo uang elektronik yang digunakan untuk membayar tol atau MRT.

Padahal sebenarnya, fungsinya jauh lebih kaya dari itu. Pasalnya, NFC sendiri merupakan teknologi yang menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antar perangkat. Namun tidak seperti bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC biasanya hanya 10 cm.

Selain soal jarak, beda NFC dengan Bluetooth, biasanya memiliki proses transfer yang cepat, mengkonsumsi sedikit daya dan aman. Nah, setidaknya ada lima hal lainnya yang bisa kamu lakukan dengan NFC di HP selain mengecek saldo uang elektronik.

1. Berbagi data pakai Android Beam

Android Beam merupakan fitur yang selalu ada di setiap smartphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Fitur ini memungkinkan kita berbagi data, termasuk kontak yang ada di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data tersebut.

Ini merupakan teknologi berbagi data yang cukup menyenangkan karena hanya membutuhkan sedikit daya, bahkan tanpa daya sekalipun.

Caranya cukup mudah, tinggal pilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

2. Speaker Bluetooth

Menyalakan speaker berbasis bluetooth juga bisa dilakukan dengan NFC di smartphone. Bahkan hanya sekali sentuh. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth biasanya.

3. Transaksi pembayaran

Untuk bisa menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, kita memerlukan sebuah aplikasi pembayaran dari Google terlebih dahulu yang biasanya sudah jadi aplikasi bawaan di smartphone-smartphone Android yang beredar.

Dari sini, kita harus melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol Bayar.

4. Berbagi koneksi WiFi

Bisa juga berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian. Contoh lainnya, di hotel, kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter.

Nah di dini pengguna smartphone berbasis NFC bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi, cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

Itulah beberapa kegunaan NFC di HP selain untuk mengecek saldo eMoney saja.

Berita Terkait

TERKINI

Tampilan jadi rapi dan enak dibaca, cek cara mengatur jarak baris di Microsoft Word ini.
gadget | 20:22 WIB
Ingin nonton lagi atau belum sempat nonton? Gunakan Link Nonton Siaran Ulang Piala Dunia 2022 Jepang vs Kroasia ini.
gadget | 20:05 WIB
Belum diketahui secara rinci apa yang akan disematkan pada superapp tersebut.
gadget | 19:50 WIB
Snapdragon 8 Gen 2, LPDDR5X, dan UFS 4.0 jadi andalan iQOO 11.
gadget | 19:47 WIB
Sebagai bagian dari rangkaian kampanye Perfect Moments Together pada tanggal 8-14 Desember 2022 Huawei, pelanggan dapat membeli perangkat-perangkat Huawei dengan potongan harga spesial hingga 70%.
gadget | 19:37 WIB
Dilengkapi 4 kamera beresolusi 13 megapiksel dan 5 bracket HDR, The New Leica BLK360 menghadirkan hasil tangkapan gambar yang detil dan jelas.
gadget | 19:26 WIB
Apakah ini layak disebut sebagai the real Intel Inside?
gadget | 19:23 WIB
Berbeda dari seri sebelumnya, Xiaomi TV Stick 4K mendukung resolusi 4K.
gadget | 19:17 WIB
Satu lagi HP baru dibekali MediaTek Helio G99, Infinix Note 12 2023 siap untuk meluncur di Indonesia.
gadget | 19:09 WIB
Ramai isu iPhone 13 Pro Max milik Kuat Ma'ruf, ini yang perlu kamu tahu.
gadget | 18:16 WIB
Berikut adalah deretan trik yang perlu kamu ketahui untuk memusnahkan bloatware pada HP Xiaomi.
gadget | 18:05 WIB
Akhirnya diumumkan kehadiran Avatar ke WhatsApp, yang merupakan sebuah cara baru dan dipersonalisasi untuk mengekspresikan diri penguna.
gadget | 17:42 WIB
Resmi dan aman, gunakan Link Nonton Siaran Ulang Piala Dunia 2022 Maroko vs Spanyol ini.
gadget | 17:31 WIB
Cek apa saja fitur keren yang akan dihadirkan MIUI 14 untuk HP Xiaomi.
gadget | 17:11 WIB
Ingin nonton Piala Dunia 2022 via jalur gratisan? Mungkin trik ini perlu kamu ketahui.
gadget | 16:31 WIB
Netizen turut mengenang ketangguhan HP jadul.
gadget | 16:29 WIB
Samsung Galaxy M04 siap debut di bulan ini.
gadget | 16:15 WIB
Pria ini mengaku menemukan video tersebut secara misterius usai dirinya membeli HP baru, Redmi 9 di tahun 2020 lalu.
gadget | 14:46 WIB
Tampilkan lebih banyak