Gadget

Kegunaan dan Manfaat Aplikasi PLN Mobile, Seberapa Penting?

Cek apa saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi PLN Mobile ini.

Agung Pratnyawan

Aplikasi PLN Mobile. (PLN)
Aplikasi PLN Mobile. (PLN)

Hitekno.com - Perkembangan teknologi berubah sangat cepat di berbagai sektor, saat ini PLN juga telah mengeluarkan aplikasi PLN Mobile yang memberikan kemudahan untuk para masyarakat Indonesia untuk melayani dari pemasangan baru hingga pembayaran listrik tagihan maupun token listrik. Tak hanya itu, berikut manfaat dan kegunaan aplikasi PLN Mobile lainnya.

Manfaat yang akan kita dapatkan cukup beragam selain berhubungan dengan kelistrikan rupanya untuk saat ini PLN juga telah menghadirkan koneksi internet melalui dastang listrik yang kita gunakan. Bahkan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau dengan kecepatan internet yang sangat cepat.

Berikut kegunaan dan manfaat aplikasi PLN Mobile:

Pembayaran Listrik 

Bentuk yang pertama kalian bisa melakukan pembayaran listrik bulanan maupun untuk memberi token listrik atau listrik prabayar.

Yang paling unik dari aplikasi PLN mobile ini jika kalian melakukan pembayaran listrik kalian tidak akan dikenakan biaya administrasi, biasanya biaya administrasi yang harus dibayarkan sebesar Rp 2.500 ketika kita membayarkan di aplikasi lain maupun melalui mitra outlet PLN lainnya.

Notifikasi Tagihan Listrik

Jika kalian telah menggunakan aplikasi PLN ini dan mendaftarkan nomor dastang rumah kalian untuk jenis dastang pasca prabayar atau tagihan listrik kalian akan mendapatkan notifikasi tagihan di setiap bulannya maka dapat dipastikan kalian tidak akan lupa atau terlewat dari tanggal pembayaran listrik setiap bulannya. 

Pengaduan dan Keluhan Listrik

Bagi kalian yang rumahnya kerap mengalami kendala kelistrikan dibagian rumah maupun area rumah kalian itu hanya untuk saat ini dipermudahkan untuk melakukan pengaduan maupun keluhan listrik yang telah kalian alami melalui aplikasi PLN Mobile ini. 

Catatan Penggunaan Listrik

Di dalam aplikasi bawaan mobil ini juga terdapat fitur yang bisa mencatat penggunaan listrik bulanan kalian dengan detail.

Aplikasi PLN Mobile. (Google Play Store)
Aplikasi PLN Mobile. (Google Play Store)

Info Stimulus

Untuk masa pandemi seperti ini rupanya pemerintah pada tahun lalu menerapkan stimulus PLN atau diskon pembayaran listrik setiap bulannya sebesar 50%. Bahkan jika ada stimulus selanjutnya kalian bisa mengecek sendiri apakah dastang rumah kalian terdaftar dalam daftar Stimulus PLN.

Penyambungan Baru

Bagi kalian yang baru saja membangun rumah baru atau ingin membuat perusahaan sendiri kalian bisa melakukan pengajuan pemasangan dastang baru melalui aplikasi PLN Mobile ini.

Pengajuan Peningkatan Daya

Tidak menutup kemungkinan bahwa barang elektronik yang ada di rumah maupun industri kalian akan bertambah di setiap waktunya tentu konsumsi daya listrik akan semakin besar, kalian bisa mengajukan untuk melakukan peningkatan daya di dastang tersebut dengan cukup mudah dan cepat melalui aplikasi PLN Mobile.

Simulasi Biaya Dastang

Bagi kalian pasti masih cukup asing dengan dana yang harus dikeluarkan ketika kalian ingin memasang dastang, meningkatkan daya dastang maupun pasangan dastang sementara.

Kalian bisa menggunakan fitur ini untuk memperkirakan dana yang harus kalian keluarkan ketika ingin mengajukan memasang, meningkatkan daya maupun pemasangan sementara pada datang ke rumah atau perusahaan kalian.

Penyambungan Sementara

Mungkin kalian membutuhkan daya yang cukup besar namun hanya untuk beberapa waktu saja. Jika dibandingkan kalian harus meningkatkan daya listrik tentukan biaya yang harus dikeluarkan semakin besar. Kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengajukan penyambungan sementara pada daya tertentu sesuai dengan kebutuhan.

PLN Magazine

Selain itu kalian ingin membaca berita seputar perkembangan PLN di dalam aplikasi ini kalian juga mendapatkan berbagai artikel terkini terkait dengan perkembangan maupun masalah terkait PLN.

ICONNET PLN

Yang paling hebat untuk saat ini pihaknya juga telah menyediakan jaringan internet dengan kata lain ICONNET PLN merupakan produk terbaru layanan fixed broadband internet dari PLN melalui salah satu anak perusahaannya yakni PT Indonesia Comnets Plus.

Dengan menggunakan layanan ini kalian bisa mendapatkan koneksi internet yang sangat stabil dengan menggunakan fiber optik tercanggih.

Di dalam fitur ini kalian juga bisa mengecek apakah area kalian telah tercover layanan ICONNET PLN, untuk biaya setiap bulannya juga tergolong sangat pemurah sebagai contoh di daerah Jawa & Bali dengan membayar Rp 140.000 perbulan kalian sudah bisa mendapatkan kecepatan internet mencapai 10 Mbps.

Rewards

Aplikasi ini kalian juga bisa mendapatkan beberapa hadiah jika kalian bisa menyelesaikan misi tersebut.

Nah itulah beberapa kegunaan dan manfaat aplikasi PLN Mobile yang semakin memudahkan para masyarakat Indonesia untuk menikmati layanan dari PLN. Apakah kalian semakin tertarik untuk menggunakan berbagai fitur dari PLN?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait