Gadget

Google Siapkan Laptop Gaming, tapi Chromebook

Akankah laptop Chromebook gaming juga memakai keyboard RGB juga?

Agung Pratnyawan

HP Chromebook X360 11. (HP)
HP Chromebook X360 11. (HP)

Hitekno.com - Chromebook selama ini dikenal sebagai laptop murah dan ringan, namun bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari. Namun kabar terbaru, Google dilaporkan menyiapkan laptop gaming tapi memakai Chromebook.

Seperti apa laptop Chromebook gaming yang disiapkan Google ini memang belum banyak informasi mendetail. Meski begitu ada sejumlah bocoran soal Chromebook khusus gaming ini.

Namun dilaporkan Suara.com (31/1/2022), laptop gaming dengan Chromebook ini akan melibatkap produsen laptop ternama seperti HP hingga Lenovo.

Bocoran Chromebook baru ini dimulai dengan kehadiran fitur keyboard RGB ala laptop gaming lainnya. Dari kode yang dilaporkan 9to5Google, ada flag baru yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dukungan keyboard RGB.

Di sana, pengguna bisa mengubah insentias warna keyboard seperti merah, hijau, dan biru. Mereka juga bisa mengatur tingkat kecerahan backlight keyboard.

Lenovo Chromebook 300e. (Lenovo)
Lenovo Chromebook 300e. (Lenovo)

Laporan juga menyebut kalau dukungan keyboard RGB ini bakal hadir di perangkat baru. Artinya keyboard RGB langsung dipasangkan di laptop, bukan disambungkan dengan keyboard eksternal.

Mengutip ZDnet, Senin (31/1/2022), laptop Chromebook ini akan dirancang oleh Quanta (HP) dan LCFC (Lenovo). Kedua perusahaan disebut tengah menyiapkan Chromebook baru yang diperkuat chip Intel Alder Lake generasi 12.

Di sisi lain, bocoran juga diperkuat dengan kehadiran layanan streaming game seperti GeForce Now dari Nvidia dan Google Stadia. Kedua platform sudah menawarkan opsi untuk memainkan game AAA di perangkat enteng seperti Chromebook.

Kehadiran laptop Chromebook gaming ini diperkirakan bakal menarik minat konsumen yang ingin bermain game tanpa perlu mengeluarkan biaya 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 jutaan untuk membeli laptop khusus gaming.

Kita nantikan saja laptop gaming dengan Chromebook yang disiapkan Google ini. Apakah memakai keyboard RGB juga? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait