Gadget

5 Aplikasi Edit Video untuk Mac Peling Recommended

Berbeda dengan PC, Mac punya aplikasi eksklusif dari Apple. Termasuk ada aplikasi edit video untuk Mac buatan Apple.

Agung Pratnyawan

Final Cut Pro. (Apple)
Final Cut Pro. (Apple)

Hitekno.com - Mac menjadi device yang banyak digunakan oleh editor video. Aplikasi edit video untuk Mac banyak dicari sering berkembangnya konten berbasis video.

Mac sendiri sudah mendukung banyak software, seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro dan After Effects, bahkan perangkat lunak 3D seperti Maya dan dan software koreksi warna seperti Da Vinci Resolve.

Sekarang ini semakin banyak anak muda yang tertarik untuk menjadi YouTuber, video creator dan video editor. Tren profesi ini, akhirnya membuat banyak orang membutuhkan software terbaik untuk editing. Mac sendiri memiliki keunggulan tidak lemot, jika ada crash di aplikasinya.

Layar retina display juga menjadi banyak pertimbangan para editor untuk melihat warna yang jelas dan detail. Apa kamu pengguna Mac baru?

Berikut rekomendasi aplikasi edit video untuk Mac yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Apple iMovie

Aplikasi Edit Video - iMovie. (Apple)
Aplikasi Edit Video - iMovie. (Apple)

Apple menyediakan iMovie secara cuma-cuma. iMovie sangatlah standar, sederhana namun berguna. Aplikasi edit video di Mac ini memiliki fitur green-screen, integrasi dengan platform audio dan media sosial lainnya, serta dapat merender video dengan tingkat kualitas gambar yang cukup tinggi.

Seharusnya sebagai pemula, kamu tidak terlalu bingung menggunakan aplikasi edit video untuk Mac ini.

2. Final Cut Pro

Aplikasi Edit Video - Final Cut. (Apple)
Aplikasi Edit Video - Final Cut Pro. (Apple)

Final Cut Pro mirip dan sepopuler dengan Adobe Premiere. Dengan user interface yang memiliki warna gelap, kamu bisa menggunakan Final Cut Pro  lebih fokus di tempat gelap, dengan banyak efek yang menyertainya pula.

Jika kamu tahu, beberapa film besar bahkan diproduksi lewat aplikasi edit video di laptop ini, seperti The Social Network, 500 Days of Summer dan banyak lagi.

3. Adobe After Effects

Adobe after effects adalah efek visual video editor, motion grafik dan aplikasi composing yang dikembangkan oleh Adobe. Adobe After Effects biasa digunakan oleh mayoritas pekerja kreatif video, content creator, dll.

Karena, hasil efek yang dihasilkan memang benar-benar berkualitas tinggi. Bahkan, app ini juga digunakan di industri film.

4. Adobe Premiere

Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Pro. (Adobe)
Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Pro. (Adobe)

Berbeda dengan AE yang fokusnya di efek visualnya yang keren dan dramatis. Adobe Premiere adalah software buatan Adobe yang fokus untuk mengedit video bukan membuat efek visual video.

Efek visual disini misal efek api, petir, dll. Untuk versi terbaru Mac kamu harus memiliki spesifikasi minimal: RAM 16GB, prosesor Intel generasi 6, macOS versi 10.13, VRAM GPU 4GB dan resolusi 1920×1080 px (retina display).

5. Adobe Premiere Elements 2020

Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Elements 2020. (Adobe)
Aplikasi Edit Video - Adobe Premiere Elements 2020. (Adobe)

Aplikasi edit video untuk Mac ini, interface-nya lebih mudah dipahami dan targetnya pun untuk para video editor sederhana saja. Meskipun terlihat sederhana, namun fitur yang ditawarkan cukup lengkap dan memadai.

Dengan aplikasi edit video di laptop ini, pengguna sudah bisa menikmati tools berupa smart trim, remix music, create dazzling visual, VFR support, hingga fitur smart option save times untuk membuat video terlihat lebih smooth secara otomatis. 

Ada juga fitur yang memungkinkan pengguna bisa menggabungkan beberapa video dalam satu frame.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi edit video untuk Mac yang bisa kamu jadikan referensi untuk melakukan aktivitas editing video. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait